Sponsors Link

10 Gejala Awal Penyakit Stroke yang Masih Jarang di Ketahui

Sponsors Link

Banyak orang yang tidak memahami bahwa ternyata pertambahan usia membuat diri seseorang mengalami banyak serangan penyakit. Tidak terkecuali yaitu serangan penyakit stroke. Sebagian besar kurang memahami tanda dan gejala stroke, sehingga ketika mengalami serangan menjadi panik dan bingung. Karena itu penting untuk mengatahui gejala dan tanda penyakit stroke yang umum terjadi. Berikut ini beberapa gejala awal penyakit stroke yang dapat dengan mudah dideteksi sejak dini:

ads

1. Sering kesemutan

Tanpa disadari gejala kesemutan berulang bisa jadi merupakan gejala awal penyakit stroke. Hal tersebut umumnya terjadi akibat peredaran darah yang kurang lancar. Dimana disebabkan oleh sumbatan lemak dalam darah. Oleh sebab itu sebaiknya hindari makanan penyebab stroke dan ganti menu makanan dengan makanan yang bernutrisi seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

2. Sakit kepala

Gejala awal penyakit stroke juga bisa ditandai dengan seringnya sakit kepala di satu sisi atau lebih dikenal dengan sebutan migren. Hal ini dipicu oleh pembuluh darah otak yang tersumbat sehingga peredaran darah otak tidak lancar. Akibatnya rasa sakit timbul di area yang tersumbat tersebut. Karena itu mulailah berolahraga untuk menghindari penyumbatan dan memulai proses penyembuhan stroke.

3. Tekanan darah naik

Rasa pusing bisa jadi tanda bahwa tekanan darah sedang meningkat. Hal ini berbahaya karena umumnya tekanan darah tinggi memicu terjadinya serangan stroke. Karena itu pantau terus tekanan darah anda dan hindari terlalu banyak makanan asin.

4. Kadar kolesterol meningkat

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah sudah pasti pertanda berpotensi terkena serangan stroke. Karena itu ini merupakan gejala yang harus diperhatikan. Dengan rutin melihat jumlah kolesterol dalam darah, maka anda dapat mengontrolnya dengan baik dan dapat menghindari gejala stroke yang lebih parah.

5. Daya ingat menurun

Gejala lainnya yaitu berupa penurunan daya ingat. Karena pembuluh darah otak yang tidak maksimal memicu saraf otak untuk tidak bekerja maksimal pula. Sehingga fungsi otak terganggu dan daya ingat kita akan menurun tidak seperti semula.

6. Sering tersedak

Jika seringkali tersedak bisa jadi karena fungsi saraf yang mulai berkurang. Ini juga termasuk gejala terjadinya stroke dini. Oleh sebab itu hindari makanan berlemak. Tambahkan menu makanan pencegah stroke ringan untuk dikonsumsi sehari-hari. Sehingga kelemahan fungsi tubuh akibat stroke dapat dihindari.

7. Hilang keseimbangan

Salah satu gejala juga termasuk tiba-tiba hilang keseimbangan, seperti mudah tersandung dan mudah jatuh tanpa alasan yang jelas. Itu berarti fungsi keseimbangan otak sudah tidak maksimal lagi. Bisa jadi karena sumbatan pada pembuluh darah otak.

Sponsors Link

8. Menurunnya koordinasi tubuh

Hati-hati jika mendapati diri anda sudah tidak dapat mengontrol tubuh dengan baik. Termasuk saat koordinasi anggota badan anda menurun. Misalnya koordinasi tangan dan kaki yang kurang sinkron atau tidak sesuai pikiran. Bisa jadi itu merupakan serangan awal dari stroke.

9. Penglihatan menurun

Adakalanya gejala stroke yaitu menurunnya fungsi penglihatan. Saat dikira hanya mata minus biasa namun ternyata sebabnya berbeda. Karena itu ketahui penyebab stroke mata yang paling sering terjadi.

10. Tidak jelas berbicara

Jika anda mulai tidak jelas berbicara atau lidah sering kelu, maka itu tanda potensi penyakit stroke dalam tubuh. Segeralah konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih maksimal.

Demikian beberapa gejala awal penyakit stroke yang umum terlihat. Jika mendapati tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera rubah pola makan dan gaya hidup anda sebelum terlambat. Karena jika tidak maka dapat berakibat pada serangan stroke berat yang fatal dan dapat mengakibatkan kelumpuhan ataupun kematian.

, ,
Oleh :
Kategori : Stroke