Sponsors Link

13 Gejala Awal Parkinson Yang Harus Anda Kenali

Sponsors Link

Parkinson merupakan penyakit saraf yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel saraf di bagian otak dan berakibat pada sistem pergerakan tubuh seseorang. Pencegahan penyakit parkinson dapat dilakukan dengan beberapa cara. Kebanyakan yang menderita penyakit parkinson adalah manula, namun ada juga beberapa kasus dimana si penderita yang terkena parkinson masih tergolong muda. Sebenarnya faktor apa saja yang dapat menyebabkan seseorang terkena parkinson? Berikut jawabannya:

ads
  • Genetik

Adanya perubahan genetik atau mutasi diduga menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit parkinson pada seseorang. Dengan kata lain, orang tua yang memiliki riwayat penyakit parkinson diduga bisa mewariskan gen yang rusak pada anaknya sehingga sang anak pun juga memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit yang sama dengan orang tuanya. Walau bagaimanapun, ini masih sebatas dugaan dan masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

  • Lingkungan

Lingkungan juga menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya parkinson. Orang yang tinggal di lingkungan yang berpolusi dan tercemar memiliki peluang lebih besar untuk terkena parkinson. Namun, sama halnya dengan genetik, faktor ini juga masih dalam pertimbangan yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Usia

Umumnya, penderita parkinson berusia 50 hingga 70 tahun, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa usia juga merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit parkinson.

Nah, setelah mengetahui faktor penyebab seseorang dapat terkena parkinson, barangkali anda penasaran tentang bagaimana cara mengenali gejala awal parkinson. Berikut daftar serta penjelasannya:

1. Gemetar Pada Satu Tangan

Orang yang terkena penyakit parkinson kerap menunjukkan gejala seperti gemetar pada satu tangan saat tangan beristirahat atau tidak melakukan aktifitas apapun. Lambat laun, gerakan tersebut akan semakin cepat dan tidak terkendali. Gejala ini juga dikenal sebagai tremor. Tremor berarti gerakan tidak terkendali atau tidak terkontrol pada satu bagian tubuh, bisa tangan ataupun kaki. Ada beberapa cara mengurangi tremor dan cara mengatasi tremor pada tangan secara alami yang dapat dilakukan, salah satunya adalah berolahraga secara teratur.

2. Gerakan Melambat

Kurangnya dopamin yang berfungsi untuk mengatur sistem pergerakan tubuh akan membuat orang yang menderita parkinson bergerak lebih lambat dari orang normal. Gejala seperti dikenal sebagai bradikinesia. Bradikinesia merupakan istilah untuk penurunan reaksi dan gerakan seseorang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari mereka.

3. Otot Terasa Kaku

Penderita parkinson akan merasakan kekakuan pada otot-otot sehingga dia akan merasa sulit untuk menggerakkan bagian-bagian tertentu pada tubuhnya. Kekakuan otot ini juga dikenal dengan istilah rigiditas. Rigiditas terjadi karena adanya kontraksi pada otot-otot sehingga ketika otot digerakkan maka akan terlihat seperti gerakan yang terputus-putus atau patah-patah.

Sponsors Link

4. Sulit Menyeimbangkan Postur Tubuh

Penderita parkinson kerap merasa sulit untuk menyeimbangkan postur tubuhnya dan mudah jatuh atau hilang keseimbangan. Sehingga ketika dia berjalan, tanpa sadar tubuhnya akan goyah dan membungkuk.

5. Sulit Untuk Berjalan

Salah satu gejala parkinson adalah sulit berjalan. Hal ini disebabkan oleh adanya kekakuan pada otot serta hilangnya keseimbangan pada si penderita. Penderita parkinson biasanya akan berjalan dengan langkah kecil dan perlahan-lahan.

6. Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur terutama pada malam hari merupakan gejala psikologis yang biasa muncul pada penderita parkinson.

7. Sulit Berbicara

Penderita parkinson akan merasa kesulitan untuk berbicara karena otot-otot di sekitar wajah dan mulut biasanya akan menjadi kaku dan sulit digerakkan sehingga untuk berbicara pun juga akan terasa sulit.

8. Demensia

Penyebab demensia adalah parkinson. Gejala pikun merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penderita parkinson. Gejala ini memperlihatkan kondisi dimana si penderita akan mudah lupa dan merasa sulit untuk mengingat.

9. Depresi

Orang yang menderita parkinson biasanya mudah mengalami depresi. Adapun penyebab depresinya bisa karena beberapa faktor dan salah satunya adalah adanya rasa penolakan dari dalam dirinya yang merasa asing dan sulit beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada dirinya.

Sponsors Link

10. Perubahan Penulisan

Penderita parkinson juga terkadang menujukkan gejala yang berupa perubahan penulisan yang dimana tulisan tangannya akan menjadi kecil, lebih kecil dari biasanya.

11. Sering Merasa Pusing

Orang yang menderita parkinson kerap merasa pusing. Khususnya ketika dia berdiri dari kursi setelah duduk beberapa menit.

12. Sulit Berekspresi

Penderita parkinson akan merasa sulit mengekspresikan wajahnya sehingga biasanya penderita parkinson dijuluki sebagai muka bertopeng.

13. Hilang Penciuman

Gejala parkinson selanjutnya adalah hilangnya kemampuan penciuman. Penderita parkinson biasanya sulit mengenali bau-bau benda seperti makanan

Demikianlah 13 gejala awal parkinson yang bisa saya sampaikan kali ini. Ingat, jika anda mendapati salah satu gejala yang tertulis di atas, segera konsultasikan ke dokter agar pengobatan penyakit parkinson dapat segera dilakukan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

, , ,
Oleh :
Kategori : Parkinson