Sponsors Link

21 Gejala Awal Alzheimer yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Alzheimer merupak sebuah kondisi yang pada umumnya sering dialami oleh orang tua. Kondisi ini akan mengakibatkan mereka kehilangan kemampuan untuk menyimpan ingatan atau mengingat suatu hal. Penyakit ini disebabkan karena adanya penumpukan protein dalam otak yang membuat otak semakin menyusut, sehingga mengakibatkan sel syaraf dan jaringan otak lain rusak.

ads

Gejala Alzheimer

Berikut adalah beberapa gejala alzheimer yang perlu Anda ketahui:

1. Menghilangnya ingatan yang singkat

Gejala awal mendapatkan alzheimer adalah sangat mudah lupa ingatan. Pada tahap ini, mereka yang mengalami gejala awal akan tiba-tiba hilang ingatan untuk sementara waktu. Kondisi seperti ini, biasanya bisa terjadi dalam hal melupakan sebuah percakapan, tidak bisa ingat namanya, dan yang lainnya. Bahkan penderita juga kerap kali tidak bisa ingat apa yang ia lakukan sebelumnya.

2. Sulit mengambil keputusan

Gejala selanjutnya adalah mereka akan kesulitan saat akan memutuskan sesuatu. Biasanya pada kondisi seperti ini, sering dialami saat merekan akan mengenakan sebuah pakaian. Mereka bisa saja malah menggunakan pakaian yang terbalik atau kebingungan memilih pakaian.

3. Suasana hati yang tidak jelas

Gejala awal alzheimer juga bisa di tandai dengan sering berubah-ubahnya suasana hati. Hal ini bahkan akan sangat sering terjadi. Mereka biasanya akan mengalami perasaan cemas berlebihan, mudah merasa marah, kebingungan dan mudah merasa tersinggung. Mereka juga bisa menangis tiba-tiba tanpa adanya penyebab.

4. Mulai mengalami kesulitan mengenal angka

Selanjutnya adalah mereka akan mulai kesulitan untuk mengenal angka dan juga uang. Mereka biasanya akan memakai uangnya untuk hal yang tidak masuk akal, mereka juga bisa saja menahan uangnya saat harus memakai uangnya. Semua hal yang mempunyai hubungan dengan angka dan nilai akan sangat sulit sekali untuk dikenali.

5. Mereka mulai kesulitan melakukan kegiatan yang rutin

Selain itu, banyak juga dari mereka yang mengalami gejala alzheimere akan melupakan seluruh kegiatan yang biasanya rutin ia lakukan. Misalnya sesuatu hal yang rutin dilakukan setelah banging tirur. Ia akan mulai sangat kebingungan dan tidak tau apa yang harus dilakukannya.

6. Mulai lupa dimana meletekan barangnya

Selanjutnya mereka akan mudah lupa dimana meletakan barangnya terakhir kali, mereka juga bisa saja lupa untuk mengunci pintu. Mereka juga akan mulai lupa dimana biasanya meletakan benda-benda penting seperti kunci rumah, kucin mobil dan yang lainnya. Mereka tidak bisa mengingatnya, sampai-sampai mereka mulai mencurigai orang terdekat yang mengambil baranganya. Ini merupakan tahap yang cukup berat untuk keluarga disekitarnya.

Sponsors Link

7. Menjadi sangat sulit untuk berkonsentrasi

Untuk tahap awal, mereka juga biasanya akan mulai kesulitan untuk berkonsentrasi. Biasanya mereka akan mulai menunjukan gejala tersebut saat akan melakukan pekerjaan rutinnya. Mereka mulai membutuhkan waktu sangat lama untuk berkonsentrasi, bahkan mereka akan mulai frustasi karena tidak bisa berkonsentrasi.

8. Mereka mulai kesulitan berkomunikasi

Gejala lainnya yang cukup sering terjadi adalah kesulitan untuk melakukan komunikasi. Mereka selalu ingin mengeluarkan sebuah kata-kata, namun tiba-tiba saja mereka melupakan apa yang harus dikatakannya. Pada akhirnya mereka akan mulai sering salah menyebutkan nama sebuah benda.

9. Mereka mulai tidak mengenali waktu dan tempat

Mereka juga akan mulai melupakan tempat dimana ia tinggal, dan waktu saat itu seperti malam, siang dan pagi. Mereka akan mengira bahwa malam adalah siang, begitupun sebaliknya. Kemudian saat pergi kesuatu tempat, mereka mulai merasa tersesat dan tidak tau harus pergi kemana. Gejala waktu lainnya yang cukup sering terjadi adalah saat ia baru keluar selama 10 menit, mereka akan mengira itu sudah berjam-jam.

10. Mulai senang melakukan aktivitas berjalan

Selanjutnya adalah mereka mulai menyukai berjalan namun tanpa ada tujuan yang jelas. Mereka tiba-tibang ingin pergi ke tempat yang sangat jauh. Saat berjalan mereka sering tiba-tiba merasakan ada tekanan sampai mereka ketakutan tanpa sebab. Bahkan saat didalam ruma pun, mereka akan kebingungan ruangan yang harus dimasukinya.

11. Penglihatannya mulai mengalami gangguan

Indera penglihatan mereka juga akan mulai terserang gangguna. Mereka mulai tidak bisa mengenali jarak, warna bahkan mereka mulai tidak bisa membaca. Mereka bisa saja mengalami gangguan visual cukup parah yang tidak terjadi dengan langsung. Bahkan saat mereka sedang berhadapan dengan cermin, mereka akan mulai bingung dengan wajahnya yang ia lihat sendiri di cermin.

12. Mulai melakukan hal secara beulang-ulang

Saat melakukan suatu kegiatan mereka akan mulai melakukannya secara berulang kali. Mereka bisa mondar-mandi ketempat itu-itu saja, atau saat mereka sudah makan namun mereka mengulangnya pada baru berselang beberapa menit.

13. Mulai mengulang sebuah pembicara setiap waktu

Saat mereka sedang berbicara, ia akan terus mengulangi setiap waktu. Mereka akan bertanya suatu pertanyaan kemudian setelah dijawab mereka akan mulai bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama. Ini sebenarnya terjadi disebabkan ada perasaan cemas, kebingungan ataupun bosan dan mereka tidak nyaman dengan dirinya sendir.

ads

14. Mulai kehilangan minat

Mereka mulai bersikap apati atau tidak mempunyai minat pada berbagai hal. Mereka juga akan mulai menghindari dari lingkungan sosialnya dan mulai senang menyendiri. Hal ini disebabkan karena perasaan depresi mulai muncul dalam dirinya, dan mereka juga sangat sedih dengan kondisi tersebut. Mereka mulai kehilangan motivasi untuk mengurus dirinya sendir, sehingga penampilan mereka mulai terlihat berantakan dan sangat kotor.

15. Fungsi motoriknya sediki demi sedikit akan menghilang

Gannguan pada fungsi motoric juga akan mulai mereka rasakan. Mereka mulai tidak bisa melakukan pekerjaan yang ringan dan tidak sulit, contohnya seperti mengancingkan pakaiannya sendiri, mengikat tali sepatunya, mengambil minum dan yang lainnya. Mereka mulai meresakan tubuhnya gemetar, tidak bisa meraba sesuatu dan sangat mati rasa.

16. Mulai lupa untuk membersihkan dirinya sendiri

Mereka juga akan mulai tidak ingat kapan terakhir membersihkan dirinya sendiri. Mereka akan lupa untuk mandi, berganti pakaian dan juga sikat gigit. Mereka bahkan lupa bagaimana caranya harus membersihkan diri, sehingga hanya memilih diam saja tanpa melaukakan apapun.

17. Mulai lupa makan dan minum

Segala sesuatu yang rutin dilakukan mulai dilupakan, seperti makan dan minum yang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang seharusnya tidak dilupakan. Mereka tidak mempunyai dorongan untuk makan dan minum. Sehingga mereka akan lebih kurus. Namun jika mereka sudah makan sesuatu, mereka akan melupakan kalau mereka sudah makan. Ini adalah hal yang paling membingungkan untuk orang disekelilingnya.

18. Mulai berdelusi

Semakin parah gejalanya, penderita akan mulai mencurigai semua orang yang ada disekitarnya. Mereka mulai melakukan delusi dan mulai yakin bahwa orang lain telah berbuat jahat padanya. Orang yang tinggal serumah dengannya akan mulai merasa sangat terganggu dengan kondisi ini, sebab sering kali dituduh dengan hal yang tidak masuk akan.

19. Mulai merasa paranoid

Mereka juga akan semakin merasa paranoid atau meresakan ketakutan sangat berlebihan. Ini disebabkan karena mereka selalu merasa ada ancaman dari orang diseklilingnya. Mereka akan mulai paranoid dari banyak sudut mulai dari prasangkanya, pikirannya, penglihatannya dan juga penciumannya. Bahkan mereka juga sangat ketakutan dengan anggota keluarganya sendiri.

20. Mulai sulit untuk beristirahat

Penderita juga akan merasa sangat gelisah, kebingungan dan sangat depresi yang sanga berkepanjangan. Sehingga mereka akan kesulitan untuk beristirahatan dan lebih memilih untuk berjalan-jalan. Hal ini akan menyebabkan tubuhnya sangat lelah sehingga tidak bisa membedakan mana yang nyata dan hanya ilusinya saja.

21. Bertingkah Kekanakan

Penderita Alzheimer juga akan sering bertingkah kekanakan. Mereka sering merasa takut berlebihan, cemas dan merasa dicurigai orang lain. Karena itu mereka merasa selalu membutuhkan orang lain namun mereka juga bisa menjadi curiga dengan orang tersebut. Kondisi ini akan semakin parah bila mereka masih bisa mengenali malam hari.

Itulah gejala awal alzaimer yang perlu Anda ketahui. Jika ada orang disekitar Anda mengalami gejala tersebut, yang harus Anda lakukan adalah bersabar dan selalu mengarahkannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Alzheimer