Sponsors Link

9 Gejala Amnesia yang Masih Jarang di Ketahui

Sponsors Link

Amnesia adalah kondisi di mana seseorang mengalami suatu kehilangan pada ingatan pada memori nya, penderita akan mengalami hilang ingatan secara menyeluruh atau sebagian saja. Bahkan segala peristiwa yang baru saja terjadi atau sudah lalu juga akan hilang. Namun tentu saja hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba karena rata-rata penderita amnesia mengalami hilang ingatan karena pernah mengalami cedera pada otak atau memiliki gangguan karena penyakit tertentu. Menurut medis otak manusia mempunyai 4 bentuk ingatan yang berbeda-beda.

ads

1. Memori jangka panjang

Memori jangka panjang biasanya informasi yang akan di dapat adalah memori yang berasal dari jangka pendek kemudian mengalami perubahan menjadi memori dengan jangka panjang.

2. Memori jangka pendek

Kemudian memori jangka pendek informasi yang diterima adalah dari otak dan disimpan namun tidak dalam waktu lama karena waktunya hanya singkat. Jika informasi terus berkelanjutan maka informasi nya akan hilang dan dilupakan.

3. Memori deklaratif

Kemudian adalah memori deklaratif, memori ini merupakan jenis memori yang mempunyai tingkat kesadaran dan juga kenangan dari suatu informasi dan situasi tertentu.

4. Memori non-deklaratif

Dan yang terakhir adalah memori non deklaratif. Manusia mempunyai jenis memori yang di mana kemampuan nya untuk belajar dinilai sangat baik dan bisa belajar dengan sangat cepat.

Lalu bagaimana dengan kondisi memori pada penderita amnesia?

Biasanya penderita amnesia akan mengalami kesulitan saat akan mengingat identitas atau suatu kejadian tertentu. Bahkan mereka juga akan kesulitan untuk menyerap informasi yang baru saja diberikan dan hal tersebut juga akan menjadi tantangan yang cukup sulit. Ini disebabkan karena merek mengalami gangguan pada kondisi otaknya.Namun gangguan amnesia juga sebenarnya dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Amnesia Anterograd

Amnesia antrograde bisa saja disebabkan karena penderita memiliki sebuah penyakit yang menyebabkan adanya peradangan pada bagian jaringan otaknya. Atau penderita juga mengalami keracunan alkohol yang menyerang otaknya.

Proses terjadinya amnesia anterograde

Amnesia ini akan membuat penderita hanya bisa mengingat beberapa peristiwa atau kejadian yang sudah lalu sebelum penderita mengalami amnesia. Semua memori yang pernah dialaminya sebelum mengalami kecelakaan akan tetap ada namun untuk ingatan yang baru saja terjadi justru akan hilang dan sulit untuk mengembalikan nya.

Sponsors Link

  • Amnesia Retrograde

Yang bisa menyebabkan seseorang terkena amnesia retrograge adalah bisa saja karena mereka pernah mengalami cedera pada otaknya atau mereka pernah mengalami operasi di bagian kepala sehingga memberikan efek kehilangan sebagian memori ingatan. Atau bisa juga karena mereka memiliki kerusakan pada otak, dan kekurangan nutrisi dalam tubuh. Bagaimana proses terjadinya amnesia retrograde? Amnesia retrograde mempunyai 2 jenis, yaitu kehilangan ingatannya di masa lalu dan sifatnya adalah permanen atau pun sementara akan di ketahui melalui pemeriksaan oleh medis.

Jenis infomasi yang dilupakan pun akan sangat spesifik seperti tempat, tanggal, nama dan yang lainnya. Sehingga kondisi nya akan berbeda dengan mereka yang memiliki amnesia anterograde yang justru akan sangat kesulitan untuk mengingat memori baru karena ada cedera pada kepalanya. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa kesembuhan amnesia retrograde biasanya akan terjadi secara tiba-tiba atau spontan dan tanpa ada unsur paksaan sama sekali. Karena jika dilakukan secara paksa justru mereka tidak bisa mengingat apapun sama sekali. Sehingga akan lebih baik ingatan mereka dikembalikan secara alami dan spontan, namun masih dalam arahan medis.

  • Amnesia Lakunar

Selanjutnya adalah jenis amnesia lakunar. Amnesia jenis ini adalah amnesia yang kemungkinan pernah Anda temui. Penderita yang mengalami lakunar akan mengalami hilang ingatan  mengenai suatu peristiwa namun dengan acak. Mereka tidak akan merusak peristiwa nya di masa lalu. Namun mereka akan benar benar menghilang kan sebagian memori ingatan baik di masa lalu atau yang baru saja terjadi.

Apa yang menjadi penyebab amnesia lakunar?

Amnesia ini bisa terjadi karena seseorang mengalami kerusakan pada bagian otak nya yang terjadi pada bagian limbik. Atau bisa juga disebabkan karena mereka mengalami kekurangan oksigen pada otak nya.

Selanjutnya proses kehilangan ingatan amnesia lakunar juga akan terjadi dengan adanya gap antara ingatan yang satu dengan lainnya padahal mereka saling terhubung. Sehingga inilah yang mengakibatkan penderita bahkan mengalami kesulitan saat akan belajar hal baru karena merek mudah lupa dengan ingatan jangka pendeknya.

Untuk pengobatan nya biasanya mereka akan mendapatkan perawatan psikologi dan melakukan analisa fisik. Mereka juga akan di cek bagaimana kemampuan ingatan jangka pendek nya untuk kemudian di tentukan terapi apa yang paling cocok dan sesuai.

ads
  • Amnesia Disosiatif

Selanjutnya adalah amnesia jenis disosiatif yang merupakan kondisi di mana penderita tidak mampu untuk mengingat berbagai informasi pribadinya sendiri yang bahkan dinilai sangat penting. Mereka bisa saja melupakan namanya, melupakan suaminya dan segala hal yang erat kaitannya dengan ingatan pribadi. Apa yang menyebabkan amnesia disosiatif? Biasanya penderita yang mengalami amnesia ini karena mereka pernah mengalami kecelakaan sehingga membuat trauma pada kepalanya, atau bisa juga karena mereka mengalami kondisi stres. Amnesia jenis ini terjadi dengan menujukan penderita memiliki gejala seperti lupa biasa saja seperti kelupaan seperti orang normal. Namun nyatanya kelupaan itu akan berlangsung secara terus menerus dan konsisten. Apakah Anda tahu apa itu fugue amnesia? Jika ita maka itu adalah bagian dari jenis amnesia disosiatif yang dianggap tidak wajar. Disosiatif fugure merupakan istilah yang biasa digunakan pada manifestasi yang tidak terduga.

Seseorang yang meninggal kan lingkungan pekerjaan dan keluarganya akan kehilangan identitas dirinya sendiri. Penderita juga akan mengalami kondisi tersebut selama beberapa jam bahkan hingga berbulan-bulan. Jika hanya terjadi dalam hitungan jam tentu saja penderita bisa pulang ke rumah namun dengan terlambat atau tidak masuk kantor hanya beberapa waktu saja. Namun jika kondisi nya bahkan bertahan sampai hitungan bulan maka kemungkinan besar mereka akan benar benar tidak tahu arah tujuan dan apa pekerjaan nya. Mereka benar benar tidak menyadari segala hal yang sedang terjadi pada dirinya sendiri. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi nya? Secara medis biasanya mereka akan melakukan psikoterapi atau hipnosis yang akan di kombinasi kan langsung dengan psikoterapi.

Gejala Amnesia

Berikut adalah gejala gejala amnesia yang dapat kita kenali:

  1. Akan mengalami hilang memori baru atau memori yang eksplisit

Pada penderita amnesia umumnya mereka tidak bisa mengingat suatu informasi yang baru atau yang lama. Mereka akan hilang ingatan seperti nomor telepon, makanan yang baru saja di konsumsi dan hal lainnya. Memori tersebut adalah memori eksplisit karena berdasarkan pada fakta serta peristiwa yang aktual. Hilang kemampuan untuk mengingat sesuatu yang baru saja terjadi biasanya akan masuk dalam amnesia anterograde. Karena pada dasarnya seseorang yang memiliki jenis amnesia ini akan mengakibatkan hilang ingatan jangka pendek.

  1. Kehilangan memori secaea implisit

Hilang memori secara implisit juga merupakan gejala amnesia. Pada kondisi ini banyak penderita yang benar-benar tidak menyadari akan ingatan dan informasi yang ternyata mereka punya. Penderita juga akan merasa benar benar tidak mampu jika diminta untuk mengingat nya kembali. Sebenarnya ingatan atau memori yang hilang masih berada dalam otak namun penderita benar-benar tidak menyadari nya. Kondisi ini menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat kelemahan pada daya ingatnya. Beberapa orang ada yang kehilangan ingatannya di masa lalu, ada juga ingatan yang baru saja terjadi sudah benar-benar hilang

  1. Merasa kebingungan

Mengapa bingung? Tentu saja karena mereka mengalami gangguan ingatan yang membuatnya tampak tidak tahu apa apa. Fungsi otak akan mengalami gangguan sehingga kemungkinan besar mereka akan merasa sering terlihat kebingungan baik dengan lingkungan atau dengan dirinya sendiri. Kebingungan tersebut menjadi salah satu gejala mendasar dari amnesia. Saat mereka kebingungan, penderita juga akan sulit untuk berkonsentrasi.

  1. Tidak bisa mengenali tempat yang biasa dikunjungi

Seseorang yang terkena amnesia juga akan mempunyai keluhan yang sangat sulit untuk diatasi seperti tidak bisa mengingat tempat bahkan tempat yang memang sangat sering dikunjungi. Ketidak mampuan penderita untuk mengingat tempat juga sebaiknya jangan dianggap enteng. Karena bisa jadi ini merupakan gejala serius dari terganggu nya fungsi otak.

  1. Tidak bisa mengenali wajah

Selain mengalami kesulitan dan tidak bisa mengenal tempat, penderita amnesia juga akan mendapatkan gejala tidak bisa mengenali wajah. Bisa saja wajah orang orang terdekat nya pun akan sangat sulit di kenali. Bahkan mereka yang menderita amnesia akan merasa asing dengan wajah di sekeliling nya. Mereka akan tampak bingung padahal sudah lama mengenal.

  1. Tidak berkaitan dengan kecerdasan

Anda juga perlu tahu bahwa hilang ingatan atau amnesia tidak ada kaitannya dengan kecerdasan atau kepribadian seseorang mengenai suatu wawasan atau pengetahuan umum. Karena pada umumnya mereka yang mengalami amnesia biasanya tidak akan memiliki masalah pada cara mereka membaca, berbicara atau pun menulis.

Bahkan mereka yang menderita amnesia juga masih sanggup untuk belajar mengenai hal baru, seperti bersepeda atau bermain musik. Karena umumnya para penderita juga sadar bahwa mereka sedang ada dalam kondisi hilang ingatan. Sehingga rata rata penderita amnesia juga sebenarnya sudah tahu akan kelemahannya.

Sponsors Link

  1. Pasca pulih penderita akan lupa akan ingatan saat amnesia

Jika penderita amnesia ternyata sudah pulih dan bisa mengingat kembali maka biasanya mereka akan sangat kesulitan jika mengingat kejadian saat mereka sedang mengalami amnesia. Mereka benar benar tidak akan mampu mengingat kembali. Apakah hal ini wajar? Tentu saja, Anda tidak perlu khawatir.

  1. Bisa mempelajari hal baru namun akan sedikit kesulitan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penderita amnesia juga bisa belajar tentang hal baru. Namun umumnya mereka akan sedikit merasa kesulitan. Apakah ini kondisi normal? Tentu saja ini adalah kondisi normal saat otak mereka mengalami cedera dan hilang ingatan.

Untuk bisa membuktikan nya Anda bisa coba minta penderita untuk melakukan dan mempelajari hal baru yang memang tidak ada hubungannya dengan tingkat kecerdasan. Mereka akan sangat kesulitan dan sedikit lambat untuk mempelajari nya, ini menandakan otak mereka benar benar mengalami gangguan.

  1. Kesulitan saat akan berbicara

Bukan tidak bisa bicara dan lupa caranya bicara. Namun mereka sedikit kesulitan saat akan berbicara. Selain itu tidak semua penderita amnesia akan mengalami hal ini, karena  hanya beberapa orang saja yang benar benar sangat sulit untuk berbicara seperti terbata-bata.

Untuk membuktikan nya, Anda bisa mengajak orang tersebut berbincang mengenai suatu hal. Saat mereka menjawab dengan terbata dan justru menjawab dengan tidak nyambung maka sudah bisa dipastikan mereka benar-benar mengalami gangguan pada otaknya.

Itulah 9 gejala amnesia yang bisa didapatkan oleh para penderita amnesia. Gejala diatas bisa saja hilang jika mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi nya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia