Sponsors Link

10 Efek Stroke Ringan Yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Penyakit stroke bisa jadi berupa stroke berat namun bisa jadi stroke ringan. Banyak orang yang kurang jeli dalam membedakannya. Namun secara garis besar terlihat dari efek serta gejalanya. Macam-macam stroke dan penyebabnya secara garis besar ada dua. Mekanisme stroke yang berat apabila terjadi pecah pembuluh darah. Sementara dikatakan ringan jika hanya mengalami penyumbatan. Untuk lebih jelasnya berikut ini efek stroke ringan pada tubuh:

ads

1. Wajah tidak simetris

Umumnya pada stroke ringan efeknya berupa gangguan pada bentuk wajah. Tiba-tiba wajah berubah menjadi tidak simetris. Seperti misalnya pipi menurun atau mata yang tertutup sebelah. Lakukan perawatan stroke ringan dengan segera.

2. Sulit bicara

Efek stroke ringan lainnya yaitu sulit bicara karena otot lidah yang terganggu. Peredaran darah di otak yang terganggu atau tersumbat membuat kemampuan berbicara mengalami hambatan. Karena otot-oto lidah tidak berfungsi maksimal serta kemampuan otak menerjemahkan keinginan dalam kata-kata terhalang.

3. Lumpuh sebagian

Lumpuh sebagian juga merupakan ciri-ciri kena stroke pada tahap yang masih ringan. Keadaan ini dapat diterapi supaya bagian tubuh yang lumpuh dapat berfungsi normal.

4. Kelemahan tubuh tertentu

Efek stroke ringan termasuk terjadi kelemahan tubuh tertentu. Seringkali terjadi kelemahan pada otot tangan sehingga tidak mampu mengangkat benda. Namun kelemahan dapat dilatih melalui fisioterapi sehingga dapat kembali normal.

5. Gangguan penglihatan

Pandangan kabur atau tiba-tiba gelap bisa jadi merupakan salah satu tanda dan gejala stroke yang tergolong ringan. Penyumbatan pembuluh darah yang mempengaruhi otot mata membuat penglihatan mata menjadi tidak maksimal, baik salah satu maupun keduanya.

6. Hilang ingatan

Biasanya stroke juga memberikan efek berupa sulit mengingat atau bahkan menimbulkan efek berupa dementia dan amnesia. Gangguan ingatan terjadi saat suplai oksigen dalam darah ke otak tidak maksimal. Sehingga saraf-saraf memori mengalami kemunduran dan kesulitan untuk mengingat sesuatu.

7. Pingsan

Stroke juga dapat berefek tiba-tiba pingsan atau kehilangan kesadaran. Jika hal ini terjadi segera lakukan pertolongan pertama stroke di rumah supaya tidak berakibat fatal seperti kehilangan nyawa. Salah satunya yaitu dengan memperlancar pernafasan penderita dan memberikan obat pengencer darah.

Sponsors Link

8. Migrain

Ciri serangan stroke lainnya berupa sakit kepala sebelah atau migrain. Penyumbatan pembuluh darah pada daerah otak umumnya menimbulkan sensasi rasa sakit kepala di area yang berdampak oleh penyumbatan. Sehingga penderita merasakan sakit kepala yang berdenyut serta migrain tiba-tiba.

9. Kehilangan koordinasi

Efek yang juga jelas terlihat yaitu kehilangan koordinasi antara anggota tubuh. Seperti misalnya koordinasi tangan dan kaki, yang ketika digerakkan tidak dapat sinkron seperti orang normal pada umumnya. Hal ini karena saraf yang berhubungan dengan motorik gerakan terganggu sehingga respon yang disampaikan melambat atau tidak sesuai.

10. Kebas

Stroke pada tahapan yang masih tergolong ringan biasanya memberikan efek kebas pada bagian tubuh tertentu. Misalnya pada saat bangun tidur tiba-tiba kaki kebas atau kesemutan. Walaupun sepele namun sebaiknya berhati-hati. Karena jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan efek yang lebih besar seperti kelumpuhan.

Demikian beberapa efek stroke ringan. Dianjurkan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup demi menghindari penyakit stroke. Hindari makanan yang berlemak dan konsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Apabila mengalami gejala stroke ringan segera lakukan pengobatan dan terapi yang sesuai. Sehingga efek stroke tidak makin parah dan menjalar pada efek yang lebih berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke