Sponsors Link

10 Dokter Spesialis Syaraf Terjepit Terbaik Di Indonesia

Sponsors Link

Gangguan saraf kejepit umumnya menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan pada penderitanya sehingga butuh bantuan pengobatan dari dokter spesialis syaraf terjepit. Rasa nyeri ini pun tentunya akan membuat aktivitas sehari-hari Anda menjadi terganggu. Oleh karena itu Anda perlu segera mengatasi macam-macam penyakit saraf ini pada dokter yang benar-benar ahli di bidang tersebut. Jika hal ini sedang Anda alami, berikut ini daftar 10 dokter spesialis syaraf terjepit terbaik yang ada di Indonesia.

ads

1. Prof. Dr. Jusuf Misbach SpS(K)

Dokter Jusuf Misbach merupakan dokter yang dikenal sebagai ahli saraf. Ia mendalami neurologi atau ilmu saraf di Australia dan Jepang. Ia juga memimpin Persatuan Dokter Spesialis Saraf Indonesia atau yang lebih sering disingkat PERDOSSI.

Dokter ini pernah menangani mantan Presiden Soeharto dan Gus Dur. Dokter Jusuf Misbach praktik di RS Metropolitan Medical Centre dan beberapa rumah sakit besar di Jakarta.

2. Prof. Dr. dr. Satyanegara, SpBS

Dokter Satyanegara dijuluki sebagai maestro sekaligus pelopor ilmu bedah saraf di Indonesia. Ia sempat menempuh pendidikan dokternya di Jepang. Ia juga pernah menjadi anggota tim dokter kepresidenan di era Soeharto dan Gus Dur.

Ia pun pernah memimpin beberapa rumah sakit di daerah ibukota. Dokter Satyanegara memiliki jadwal praktek di Rumah Sakit Mayapada Tangerang.

3. Prof. Dr. Dr. dr. Eka Julianta Wahjoepramono, SpBS, Ph.D.

Dokter Eka Julianta ini merupakan dokter pertama yang mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia. Namanya tercatat sebagai dokter pertama di Indonesia yang berhasil membedah batang gegar otak ringan pasien. Pada masa itu, ia merupakan satu-satunya dokter yang melakukan pembedahan batang otak pasien.

Selain sebagai dokter, ia juga merupakan Dekan Fakultas Kedoteran di sebuah universitas swasta ternama didaerah ibukota. Ia juga menorehkan sebuah prestasi dengan mendirikan lembaga Yayasan Otak Indonesia. Dokter Eka Julianta memiliki jadwal praktek di Siloam Hospital yang berlokasi di Lippo Karawaci, Tangerang.

4. Dr. dr. Luthfi Gatam, Sp.OT(K)-Spine

Dokter Spesialis Syaraf Terjepit selanjutnya yaitu Dokter Luthfi Gatam merupakan seorang dokter spesialis bedah ortopedi. Ia memiliki pengalaman di bidang bedah ortopedi selama lebih dari 15 tahun. Ia tak hanya mengabdi sebagai dokter saja namun juga sebagai dosen Ortopedi Tulang Belakang di Fakultas Kedokteran Spesialis Ortopedi Universitas Indonesia. Ia pun pernah menjadi President of Indonesian Spine Society atau yang biasa disebut Perhimpunan Osteoporosis Indonesia.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai ketua IOA-PABOI atau Indonesian Orthopaedic Association. Dokter Luthfi Gatam telah berpengalaman dalam melayani operasi ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang. Bagi Anda yang ingin berobat pada Dokter Luthfi Gatam dapat menjumpainya di Rumah Sakit Bintaro. 

Sponsors Link

5. Dr. Tinah Tan, D.C, Medical Director B. Med, B.App.Sc, B.Chiro.Sc, FICC

Dokter Tinah juga merupakan seorang dokter yang ahli dalam menangani saraf kejepit. Namun ia bergerak dalam bidang chiropractic. Ia mempelajari chiropractic karena pemikirannya yang menyatakan bahwa tubuh mempunyai innate intelligence yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Ia menyelesaikan studinya tentang chiropractic di RMIT Melbourne, Australia dan memperdalam pendidikan chiropractic pediatric di University of Wales, Inggris. Ia pernah bekerja sebagai chiropractor di Australia dan telah berpengalaman selama kurang lebih 15 tahun.

Ia pun pernah menerima rekor MURI sebagai Chiropractor Perempuan Pertama Indonesia. Saat ini, ia mendirikan sekolah chiropraksi sekaligus menjabat sebagai wakil ketua PERCHIRINDO atau Perhimpunan Chiropraksi Indonesia. Ia juga berkiprah sebagai praktisi, pendidik, dan nara sumber di Indonesia. Klinik Dokter Tinah ini dapat kita jumpai di Citylife Chiropractic Center Kelapa Gading.

6. Dr. Sofyanto, SpBS

Dokter Sofyanto terbiasa menangani kasus saraf. Ia memiliki tim yang bertugas mengedukasi dokter-dokter lain di beberapa daerah. Ia tertarik dengan bedah saraf terutama otak sejak menyelesaikan studinya di Jepang. Ia pun beranggapan bahwa gangguan penyebab saraf terjepit di pinggang di Indonesia ini kurang tertangani dengan baik.

Ia menempuh studi S2 Bedah Saraf di Singapore dan melanjutkan studinya dengan menempuh Pendidikan Bedah Mikro di Jepang. Ia pernah bekerja di beberapa rumah sakit di area Surabaya, Gresik, Jember, dan NTT. Saat ini Anda dapat menjumpai Dokter Sofyanto yang mempunyai jadwal praktek di National Hospital Surabaya. 

ads

7. Dr. Hermantya Mahadipta, Sp.OT(K)

Dokter Hermantya Mahadipta menerapkan metode Minimal Invasive Spine Surgery atau yang disingkat MISS. Teknik MISS ini pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu fusion dan non fusion. Dokter ini lebih berkonsentrasi pada teknik non-fusion yaitu menangani permasalahan tulang belakang dengan alami tanpa ada implant. Ia pun menggunakan teknik Percutaneous Endoscopic Lumbar Discectomy atau PELD. Teknik PELD dalam pelaksanaannya cenderung membuat tindakan sayatan dengan menggunakan kamera endoskopi.

Jadi tindakan ini bisa dilakukan dengan bius lokal sehingga lebih menghemat biaya. Pasien pun tidak perlu berlama-lama opname karena teknik ini mengizinkan pasien untuk kembali pulang dalam waktu sehari. Dokter Hermantya Mahadipta memiliki jadwal praktek di Rumah Sakit Premiere Bintaro dan Rumah Sakit Bhinneka Bakti Husada.

8. Dr. Eko Agus Subagio, dr., Sp.BS(K)

Dokter Eko Agus merupakan dokter spesialis bedah saraf dibidang tulang belakang di Surabaya Neuroscience Institute. Ia juga membuka praktek di Surabaya Spine Clinic yang berlokasi di Siloam Hospital Surabaya. Ia telah melatih banyak dokter yang berfokus pada bidang bedah tulang belakang.

Iapun saat ini tergabung dalam organisasi Indonesian Neurosurgery Society. Selain membuka prakteknya di Siloam Hospital, Dokter Eko Agus juga menjadi konsultan bedah saraf di Rumah Sakit Mitra keluarga Surabaya serta Graha Amerta Rumah Sakit Pendidikan Dr. Soetomo Surabaya.

9. Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS

Dokter Mahdian telah mengembangkan kliniknya di Jakarta yaitu Klinik Nyeri dan Tulang Belakang. Ia menggunakan teknologi yang paling mutakhir dalam menangani kasus efek operasi syaraf kejepit. Teknik itu ialah teknik endoskopi tulang belakang. Teknik endoskopi ini menggunakan metode yang paling sederhana dan dapat dilakukan dalam waktu yang cepat.

Proses pemulihan pasien pun dapat berlangsung cepat bila dilakukan dengan menggunakan sistem ini. Ia juga menggunakan teknologi laser dalam menangani pasiennya. Selain di tempat kliniknya, Anda dapat menjumpai Dokter Mahdian di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cikarang.

10. Dr. Muki Partono, Sp.OT

Dokter Muki Partono merupakan dokter spesialis orthopedic. Ia mengabdi sebagai dokter bedah tulang dengan teknik endoskopi. Ia meningkatkan keahlian dan kemampuan medisnya dengan mengikuti berbagai pelatihan tingkat internasional seperti misalnya di Singapura dan Hongkong. Selain berkarier sebagai dokter, ia juga menjadi anggota Persatuan Ahli Bedah Orthopedi atau PABOI.

Ia juga menjadi anggota dari American Orthopaedic Association atau AOA. Dokter Muki Partono memiliki jadwal praktek di Rumah sakit Puri Indah yang berlokasi di Jakarta Barat.

Demikianlah beberapa Dokter Spesialis Syaraf Terjepit yang terbaik yang ada di negara kita ini. Anda pun bisa memilih dokter mana yang akan Anda kunjungi saat Anda menderita gangguan saraf kejepit. Tentunya sebaiknya cari dokter yang letaknya dekat dengan kediaman Anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Saraf Kejepit