Sponsors Link

Ketahui Definisi Tremor Serta Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernahkah anda mendengar istilah tremor? Jika ya, apakah anda sudah tahu apa sebenarnya yang dimaksud tremor? Berikut ulasannya: Tremor berasal dari bahasa inggris yang berarti getaran. Tremor merupakan suatu gejala yang menunjukkan gemetar pada salah satu bagian tubuh seseorang. Biasanya, bagian yang paling sering terkena adalah tangan. Gejala gemetar pada tangan ini biasanya sulit untuk dikendalikan oleh si penderita.

ads

Ada berbagai alasan mengapa tangan mengalami gemetar yang barangkali dianggap lumrah dan tidak memiliki indikasi masalah kesehatan yang serius seperti lapar, gugup, dll. Namun dalam kasus tertentu, tremor dapat menjadi sebuah pertanda adanya masalah serius yang terjadi pada tubuh seseorang. Seperti yang telah diulas pada artikel gejala awal parkinson, tremor merupakan salah satu gejala yang berbahaya dan salah satu bahaya tremor tentunya adalah mengganggu aktifitas penderitanya.

Adapun penyebab utama terjadinya tremor dapat disebabkan oleh adanya kerusakan atau masalah yang terjadi pada bagian otak yang mengatur sistem pergerakan tubuh dan gangguan otak tersebut dipicu oleh macam-macam penyakit saraf seperti penyakit parkinson, cedera otak, epilepsi, stroke, dll.

Selain karena penyakit, penyebab penyakit tremor juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan, dan keracunan merkuri yang biasanya terkandung dalam produk-produk kosmetik.

Dengan demikian, tremor pun dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan gejala dan juga penyebabnya, sebagai berikut:

  • Tremor parkinson

Yah, tremor parkinson merupakan tremor yang disebabkan oleh penyakit parkinson. Gejala tremor pada penderita parkinson terbilang khas dan dapat diidentifikasi karena biasanya gejala ini baru akan muncul ketika si penderita sedang berisitirahat.

  • Tremor Esensial

Tremor jenis ini dianggap tidak memiliki hubungan dengan penyakit apapun dan berbeda dengan tremor parkinson, tremor esensial biasanya terjadi saat si penderita sedang beraktifitas. Adapun penyebab terjadinya tremor esensial ini adalah gugup, lapar, dan stres.

  • Tremor Serebelum

Tremor serebelum disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada bagian otak seseorang karena dipicu oleh penyakit stroke, tumor, dan juga dikarenakan adanya penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang.

  • Tremor Psikogenik

Biasanya tremor psikogenik terjadi pada seseorang yang sedang mengalami gangguan mental atau penyakit kejiwaan. Tremor ini biasa muncul pada saat pikiran si penderita sedang tidak fokus dan teralihkan.

  • Tremor Ortotastik

Tremor ini terjadi segera setelah seseorang berdiri dan biasanya menyebabkan ketidakseimbangan pergerakan pada si penderitanya. Gejala inipun akan berkurang saat si penderita mulai berjalan atau duduk.

Sponsors Link

  • Tremor Fisiologis

Tremor fisiologis tidak berkaitan dengan masalah otak seseorang dan penyakit apapun. Tremor ini bisa dialami oleh siapa saja. Adapun penyebabnya adalah menurunnya kadar glukosa dalam darah, mengkonsumsi alkohol, dll.

  • Tremor Distonik

Tremor distonik adalah tremor yang disebabkan oleh distonia. Distonia sendiri merupakan istilah untuk kelainan gerakan yang memicu terjadinya kontraksi otot. Gejala tremor ini bisa diatasi dengan beristirahat yang cukup.

Setelah mengetahui definisi tremor, penyebab dan jenis-jenisnya, barangkali anda bertanya-tanya apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala tremor. Ada beberapa cara mengurangi tremor dan juga cara mengatasi tremor pada tangan secara alami yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

  1. Olahraga secara rutin.
  2. Makan makanan bergizi.
  3. Relaksasi.
  4. Membatasi mengkonsumsi kafein dan menghindari nikotin.
  5. Mengkonsumsi obat untuk tremor.
  6. Melakukan terapi.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai definisi tremor serta mengenali gejala, penyebab dan juga cara menyembuhkan penyakit tremor. Semoga bisa membantu anda sekalian. Terima kasih!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tremor