Sponsors Link

Definisi Penyakit Stroke Ketahui Juga Penyebab Dan Gejalanya

Sponsors Link

Penyakit di masa kini ada berbagai macam, mulai dari yang ringan hingga penyakit yang cukup berat. Mulai dari sekedar influenza hingga penyakit kanker atau kardiovaskular. Demikian halnya penyakit stroke, yang saat ini makin menjadi momok di kalangan dunia medis. Karena serangan stroke yang banyak terjadi dan mulai menjangkiti usia muda, beberapa situs medis saat ini gemar membahas definisi penyakit stroke. Tujuannya untuk memberikan informasi yang lebih dalam tentang proses terjadinya stroke pada masyarakat luas.

ads

Definisi dan Penyebab Stroke

Berikut ini definisi penyakit stroke secara umum. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh tingginya kadar lemak dalam darah. Umumnya stroke secara garis besar terbagi menjadi dua bagian macam-macam stroke dan penyebabnya.

Pertama yaitu stroke ringan atau sering dikenal sebagai stroke iskemik. Terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah karena kandungan lemak yang tinggi dalam darah. Kedua yaitu stroke berat atau stroke hemoragik. Terjadi sebagai akibat pecahnya pembuluh darah pada jaringan otak, sehingga dapat mengakibatkan resiko terjadinya kelumpuhan.

Penyebab penyakit stroke ini ada beberapa, mulai dari pola makan yang kurang baik hingga gaya hidup masa kini yang kurang sehat. Makanan cepat saji ataupun makanan yang digoreng merupakan sumber utama penyakit ini. Karena tingginya lemak dalam makanan tersebut menjadikan makanan yang kurang sehat ini merupakan makanan penyebab stroke paling sering.

Selain itu gaya hidup yang kurang sehat seperti malas olahraga. Hal ini memicu peredaran darah dalam tubuh menjadi kurang maksimal. Akibatnya lemak menyumbat pembuluh darah dan penyakit stroke tidak terhindarkan.

Mekanisme penyakit stroke sendiri hingga saat ini diketahui cepat dan mudah terjadi. Saat tubuh menyimpan banyak lemak yang tidak terkonversi menjadi energi, otomatis lemak akan tersimpan pada tubuh. Tidak kecuali tertimbun di dalam pembuluh darah. Suatu waktu ketika penimbunan lemak dalam darah maksimal, maka peredaran darah tersumbat dan terganggu. Disinilah gejala stroke ringan muncul. Konsumsi makanan pencegah stroke ringan dapat menghindarkan serangan awal dari penyakit stroke.

Ketika kondisi tubuh semakin fatal, penyumbatan yang terjadi mengalami komplikasi. Umumnya pada kasus penderita darah tinggi dan diabetes, serangan stroke cukup fatal akibatnya. Biasanya mengarah pada serangan stroke berat. Mekanismenya terjadi ketika ada sumbatan yang tidak terbendung, maka pembuluh darah menjadi pecah. Ini juga merupakan akibat dari tekanan darah yang meningkat. Sehingga laju penyumbatan berjalan kencang dan akhirnya terjadi pecah pembuluh darah yang berbahaya.

Sponsors Link

Gejala Stroke

Penyakit stroke biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Terkadang banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terserang penyakit stroke. Karena anggapan mereka gejala yang terjadi hanya keadaan tubuh yang biasa saja dan tidak berbahaya. Oleh sebab itu perhatikan gejala yang terjadi seperti berikut ini. Jika mengalaminya, bisa jadi penyakit stroke sedang mengincar:

1. Rasa kebas atau kesemutan berulang-ulang

2. Sakit kepala atau migraine

3. Rasa pegal di tengkuk yang berlebihan

4. Mulai mengalami penurunan daya ingat

5. Koordinasi antara anggota tubuh yang mulai tidak sinkron

6. Penglihatan yang kabur secara tiba-tiba

7. Kesulitan berbicara dan mengungkapkan kata tanpa sebab

8. Salah satu bagian tubuh mengalami kelemahan

Demikian penjelasan singkat tentang definisi penyakit stroke, penyebab serta gejalanya. Dengan mengetahui informasi penting tentang stroke, maka dapat dilakukan pencegahan untuk menghindari penyakit tersebut. Hubungi dokter jika terserang penyakit stroke, segera lakukan pengobatan dan lakukan terapi untuk mempercepat pemulihan penyakit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke