Sponsors Link

Definisi Penyakit Parkinson – Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Penyakit parkinson termasuk salah satu dari sekian banyak macam-macam penyakit saraf yang terjadi. Hanya saja definisi penyakit parkinson biasanya kurang dimengerti. Dengan banyaknya virus semakin hari di sekitar kita, maka gejala penyakit yang menyerang tubuh juga makin banyak. Sehingga tidak banyak yang paham benar tentang penyakit parkinson. Sebagian orang mungkin hanya pernah mendengar tapi tidak tahu kejelasannya. Orang awam justru tidak tahu menahu.

ads

Oleh sebab itu berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai definisi penyakit parkinson termasuk penjelasan, penyebab, gejala dan cara mengatasinya.

Penjelasan

Penyakit parkinson merupakan salah satu penyakit saraf yang merupakan gangguan pada sistem saraf manusia. Penyakit ini merupakan penyakit saraf degeneratif, dalam kata lain penyakit parkinson terjadi secara perlahan-lahan dan menimbulkan efek yang perlahan pula. Karena itu seringkali banyak yang kurang memahami gejalanya dan beranggapan adalah hal yang biasa. Padahal jika dibiarkan semakin lama efeknya akan semakin buruk. Sehingga seharusnya jika menemui gejalanya harus segera mengupayakan cara menyembuhkan parkinson.

Penyebab

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Infeksi otak yang terjadi akibat serangan virus maupun bakteri. Sehingga fungsi otak mengalami penurunan dan terjadi pengurangan kemampuan sistem saraf otak dalam merespon sesuatu. Infeksi dapat terjadi baik melalui penularan maupun lingkungan yang kurang bersih.
  • Trauma otak misalnya akibat benturan yang dapat menimbulkan gejala gegar otak ringan sehingga fungsi dan sel saraf mengalami kemunduran dalam melakukan aktivitas fisik.
  • Perubahan genetik, hal ini dapat terjadi walaupun sangat jarang. Namun pada beberapa kasus penyakit parkinson perubahan genetik tubuh adalah salah satu penyebab yang menimbulkan gejala parkinson.
  • Faktor usia, dimana akibat usia yang makin lanjut maka secara tidak langsung fungsi tubuh akan mengalami penurunan. Akibatnya sel saraf otak tidak dapat merespon dengan sempurna dan gerak atau motorik tubuh tidak berjalan sempurna pula.

Gejala

Adapun penyakit ini timbul dengan disertai beberapa gejala, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Infeksi otak akan menimbulkan gejala berupa demam ringan pada tubuh penderita yang seringkali dikira hanya flu biasa, namun ternyata terjangkit infeksi pada otak.
  • Terjadi gejala tangan gemetar atau penyebab penyakit tremor yang tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.
  • Terjadi gangguan keseimbangan dimana sulit untuk berdiri sendiri dan sering mengalami kegagalan saat berusaha melakukan sesuatu. Jika demikian maka tanda penyakit makin parah.
Sponsors Link

Cara Mengobati

Untuk mengobati penyakit parkinson memang tidak banyak hal yang dapat dilakukan. Namun biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat berikut ini untuk mencegah gejala yang makin parah:

  • Levodopa, yaitu pengobatan yang berfungsi untuk mengurangi kadar dopamine dalam darah. Sehingga dapat mengurangi gejala penyakit parkinson.
  • Pramipexole, yang fungsinya hampir sama dengan dopamine namun lebih berfokus pada mengontrol saraf otak untuk tetap merespon motorik dengan normal.
  • MAO B inhibitor yang akan bekerja menghemat kadar dopamine dalam otak sehingga sistem bekerja saraf otak akan lebih sesuai dan mencegah gejala parkinson.
  • Antikolinergik yang membantu supaya koordinasi kerja otot tubuh tetap optimal sehingga tidak megalami penurunan atau perlambatan.

Demikian beberapa penjelasan tentang definisi penyakit parkinson. Dengan memahami dan memaknai penyakit tersebut lebih dalam, maka dapat diperoleh informasi yang benar tentang penyakit ini. Sehingga jika mengalami gejalanya dapat langsung menyadari dan segera memberikan pengobatan yang sesuai. Sehingga bahaya penyakit parkinson tidak berakibat macam-macam.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Parkinson