Sponsors Link

Definisi Penyakit Alzheimer, Penjelasan, Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Alzheimer merupakan salah satu macam-macam penyakit saraf yang masih sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengerti definisi penyakit alzheimer. Karena keterbatasan pengetahuan maupun tidak pernah melihat secara langsung. Oleh sebab itu berikut ini akan dibahas secara seksama tentang definisi penyakit alzheimer. Baik penjelasan, penyebab, gejala dan cara mengobatinya.

ads

Penjelasan

Penyakit gejala awal alzheimer merupakan salah satu penyakit saraf yang berhubungan dengan kemampuan daya ingat dan penurunan kemampuan fisik. Penyakit ini dapat membuat penderitanya kehilangan ingatan, berubah emosi dan tidak stabil. Karena fungsi saraf otak tidak lagi berjalan sempurna.

Penyebab

Penyakit alzheimer umumnya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Kurang nutrisi, terutama kekurangan vitamin dan protein pada makanan yang dikonsumsi. Sehingga saraf otak tidak bekerja maksimal dan mudah mengalami penurunan.
  • Trauma otak, biasanya ini mudah terjadi pada orang-orang dengan gejala gegar otak ringan. Dimana salah satu akibat dan efeknya dapat berupa penurunan fungsi saraf dan emosi yang berubah-ubah.
  • Penyakit stroke, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berupa penurunan fungsi saraf otak akibat pembuluh darah otak yang tersumbat. Sehingga fungsi motorik tidak bekerja dengan baik serta tubuh tidak dapat merespon otak dengan benar.

Gejala

Biasanya penyakit alzheimer memiliki gejala atau ciri sebagai berikut:

  • Berkurangnya konsentrasi, sehingga daya pemahaman dan daya pikir menjadi lebih lambat.
  • Mulai mengalami penurunan daya ingat, sehingga mudah lupa dan mirip gejala amnesia maupun demensia.
  • Koordinasi gerak tubuh yang tidak sinkron antara yang satu dengan yang lain, menandakan bahwa respon saraf otak tidak lagi maksimal seperti saat sehat.
  • Terjadi bahaya tremor atau gejala tangan gemetar yang menandakan saraf tidak dapat dikontrol lagi dengan maksimal.
  • Disertai gejala bingung atau mudah tersesat.
  • Terdapat perubahan emosi karena suasana hati yang tidak menentu dan tidak stabil.
  • Berkurangnya keahlian yang disebabkan oleh kemampuan mengingat yang melemah dan tidak mudah tanggap dalam mengatasi sesuatu atau mengalami degradasi perilaku.

Pengobatan

Penyakit alzheimer kemungkinan besar susah disembuhkan, namun pada dasarnya dapat dilakukan terapi pengobatan yang mampu bekerja untuk mengurangi gejala atau dampak buruknya. Adapun cara mengobati alzheimer biasanya dengan langkah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Vitamin B12 yang dapat memicu stimulasi saraf otak untuk lebih maksimal dan kembali bekerja secara normal. Biasanya dokter akan merespkan vitamin B12 dalam bentuk ekstrak kapsul yang tersedia di berbagai apotik atau toko obat.
  • Terapi fisik, umumnya dokter akan menyarankan untuk melakukan fisioterapi ataupun macam terapi lainnya yang berguna untuk mengembalikan fungsi saraf otak supaya dapat merespon dengan baik. Hal ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman dan ahlinya.
  • Anti depressant, biasanya penderita alzheimer mudah mengalami perubahan emosi sehingga dokter umumnya akan menyarankan pemberian obat anti depressant. Tujuannya untuk membantu menenangkan emosi penderita supaya tidak mudah berubah atau marah. Sehingga emosi tetap terkontrol dan fungsi ingatan membaik.
  • Perbanyak istirahat, tujuannya agar otot tubuh tidak terlalu lelah dan dapat terhindar dari gejala tremor yang biasa dialami penderita alzheimer. Dengan istirahay yang cukup maka gejala alzheimer tidak akan makin parah.

Demikian definisi penyakit alzheimer secara jelas dan lebih lengkap. Dengan penjelasan di atas diharapkan membantu memberikan informasi yang benar tentang penyakit tersebut. Sehingga jika mendapati penderita alzheimer, dapat mengetahui cara penanganan dan pengobatannya dengan tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Alzheimer