Sponsors Link

9 Ciri Saraf Mata Tegang Yang Sebaiknya Diwaspadai Sejak Awal

Sponsors Link

Ciri saraf mata tegang tentunya perlu anda kenali lebih jauh agar dapat selalu diwaspadai. Oleh sebab itu sebaiknya pahami lebih lanjut apa yang menjadi tanda dan ciri-cirinya. Secara lebih jelas berikut ini beberapa ciri saraf mata tegang.

ads

1. Mata berkedip secara terus-menerus

Saat seseorang sedang mengalami gangguan berupa penyebab saraf mata lemah dan tegang maka matanya secara sadar ataupun tanpa sadar akan lebih sering dikedipkan. Bahkan biasanya mata yang sedang tegang akan cenderung berkedip secara terus-menerus.

Hal ini bisa saja terjadi sebab mata yang tegang biasanya terasa kering. Mengedipkan mata dirasa akan membuat mata tetap basah sehingga tidak terasa perih.

Mata yang sedang tegang dan lelah memang akan cenderung terasa kering. Oleh karena itu kondisi ini perlu diatasi salah satunya adalah dengan mengedipkan mata sehingga mata menjadi lebih berair.

2. Tekanan kedipan mata berlebihan

Saat Anda merasa bahwa saraf mata Anda mulai menegang maka bisa jadi Anda akan mengedipkan mata secara terus-menerus dan kedipan tersebut cenderung berlebihan. Anda bisa saja mengedipkan mata dengan tekanan yang cukup besar sehingga mata menjadi sakit setelah dikedipkan.

Mata yang berkedip secara terus-menerus sebenarnya bisa menandakan bahwa seseorang sedang mengalami gangguan pada bagian matanya. Gangguan bisa saja pada bagian mata atau bisa juga pada bagian saraf mata. Saat mata atau saraf mata terganggu maka kedipan mata bisa saja dilakukan secara berlebihan.

Jika Anda mulai sering mengedipkan mata secara berlebihan maka sebaiknya Anda segera memeriksakan mata ke dokter ahli agar mata Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Mata terasa lelah

Saat mata bekerja secara terus-menerus tanpa henti maka tentunya mata bisa menjadi lelah. Kondisi ini sebenarnya tidak baik dan sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Mata dengan kondisi macam-macam saraf yang terlalu tegang karena lama bekerja tentu akan menjadi lelah.

Mata yang lelah biasanya akan terasa kering. Selain itu mata juga akan terasa sakit. Mata juga bisa saja menjadi semakin merah karena otot mata terlalu tegang. Tidak hanya otot mata saja tetapi saraf mata yang bekerja secara terus-menerus juga bisa saja semakin tegang. Jika mata memang terasa lelah saat sedang beraktivitas tentunya tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengistirahatkan mata walaupun hanya sebentar saja.

4. Mata terasa sakit

Mata yang bekerja terus-menerus tanpa henti akan menjadi sakit kemudian. Hal ini bisa terjadi karena aktivitas yang tanpa henti dapat membuat saraf mata mengalami ketegangan. Kondisi ini sebaiknya dicegah agar tidak sampai terjadi pada mata Anda. Sebab mata yang sakit tentu akan menimbulkan dampak lainnya seperti misalnya mata kering dan mata terasa pedih.

Sponsors Link

Selain itu penglihatan juga akan semakin terganggu. Mata yang terasa sakit dan pedih tentu akan membuat Anda tidak nyaman terutama saat Anda sedang bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Gangguan pada mata akan membuat fokus dan konsentrasi Anda menjadi terganggu sehingga aktivitas juga tidak bisa berjalan secara maksimal. Maka kondisi mata yang sedang sakit dan terasa pedih ini sebaiknya segera diatasi agar sakit mata bisa segera dituntaskan.

5. Penglihatan semakin kabur

Saraf mata yang tegang selain terasa kering dan pedih sering kali juga akan menimbulkan efek samping yang lebih parah. Misalnya saja mata Anda menjadi terganggu sehingga penglihatan menjadi semakin kabur. Penglihatan yang semakin lama semakin kabur sebenarnya cukup menandakan bahwa mata Anda butuh untuk beristirahat. Aktivitas yang membuat mata bekerja terlalu lama tentu akan merugikan mata Anda.

Mata bisa saja menjadi rusak jika bekerja secara terus-menerus tanpa waktu istirahat yang cukup. Jika saat beraktivitas lalu penglihatan Anda menjadi semakin kabur maka sebaiknya Anda segera beristirahat sambil memejamkan mata untuk beberapa waktu. Setelah beristirahat tentunya mata akan pulih kembali dan saraf mata menjadi normal sehingga Anda dapat melanjutkan aktivitas.

ads

6. Mata semakin merah

Seringkali mata merah mengindikasikan adanya iritasi yang terjadi pada bagian mata. Iritasi bisa terjadi karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah karena fungsi saraf sensorik mata menjadi tegang akibat dipaksakan untuk bekerja secara terus-menerus.

Mata yang mulai memerah juga menandakan bahwa mata perlu segera ditangani misalnya dengan cara diberi pengobatan. Mata yang memerah bisa saja terjadi karena Anda terlalu berkonsentrasi pada suatu hal atau pekerjaan Anda sehingga lupa untuk mengistirahatkan mata. Tentu kondisi ini harus segera ditangani agar iritasi tidaklah berlanjut. Anda bisa berkonsultasi pada dokter dalam menangani kasus mata merah ini.

7. Mata membengkak

Mata yang lelah akibat saraf tegang tentunya tidak bisa dibiarkan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Sebab kondisi ini bisa saja membuat mata Anda semakin membengkak. Kelopak mata akan terasa membesar karena sedang mengalami bengkak. Selain itu kondisi mata juga tidak normal. Mata bisa saja menjadi semakin merah karena mengalami iritasi.

Mata juga akan terasa sakit serta pedih sehingga Anda akan merasa sangat terganggu dengan rasa sakit ini. Mata yang membengkak akibat saraf mata tegang biasanya diawali dengan gejala lainnya seperti misalnya mata kering dan terasa pedih.

Oleh karena itu jika Anda mengalami beberapa gejala ringan seperti mata merah dan pedih serta terasa kering maka sebaiknya Anda segera mengistirahatkan mata dan berkonsultasi pada dokter ahli.

8. Kedutan mata

Mata yang berkedut dalam kurun waktu yang singkat bisa saja menandakan bahwa kondisi mata Anda sedang lelah. Terlebih lagi jika kedutan mata terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu beberapa hari maka sudah tentu mata Anda mengalami suatu gangguan.Akibat kerusakan saraf motorik pada mata ini terjadi karena saraf mata Anda tegang sehingga menjadi lelah.

Kedutan pada mata ini bisa saja menjadi gejala awal dari kondisi mata yang semakin tegang dan mengalami kelelahan. Oleh karena itu Anda perlu waspada terhadap kondisi mata berkedut. Mata yang berkedut sebaiknya tidak dibiarkan dan sebisa mungkin perlu mendapatkan penanganan sejak awal.

9. Melihat warna pelangi di sekitar sumber cahaya

Ciri lain dari adanya saraf mata yang mengalami ketegangan adalah warna yang menyerupai warna pelangi di sekitar sumber cahaya. Jika Anda melihat lampu neon saat saraf mata Anda sedang mengalami ketegangan maka bukan tidak mungkin Anda seakan melihat pelangi di sekitar lampu neon tersebut.

Tidak hanya lampu neon tetapi juga sumber cahaya lainnya juga akan membuat Anda seolah melihat warna pelangi di sekitarnya saat saraf mata tegang. Tentu hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih waspada agar Anda dapat melakukan deteksi dini terhadap kondisi mata Anda.

Ciri saraf mata tegang sebaiknya selalu diwaspadai. Jika beberapa ciri atau gejala seperti di atas terjadi pada mata Anda maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan cara menyembuhkan saraf mata lemah dan tegang secepatnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf