Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Stroke Mata yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Stroke dapat terjadi pada siapapun. Penyebab stroke ringan maupun yang berat ada bermacam-macam. Entah karena gaya hidup maupun karena konsumsi makanan setiap harinya. Stroke juga dapat terjadi pada bagian tubuh yang mana saja, termasuk pada mata. Ciri-ciri stroke mata tentu tidak akan sama dengan ciri-ciri stroke pada mulut. Oleh sebab itu untuk membedakannya, berikut ini beberapa ciri-ciri stroke mata yang umum terjadi:

ads

1. Kedutan

Salah satu tanda dan gejala stroke terutama di mata yaitu jika mata seringkali kedutan. Hal ini bisa jadi hal yang sepele. Namun tanpa disadari kedutan yang sering dialami bisa jadi karena fungsi saraf mata yang mulai menurun. Sehingga mata sulit dikendalikan dan sarafnya bergerak sendiri berupa kedutan. Sebaiknya batasi makanan penyebab stroke. Konsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah.

2. Pandangan Kabur

Ciri-ciri stroke mata termasuk apabila pandangan tiba-tiba kabur tanpa sebab yang jelas. Tentunya hal ini juga dapat dipicu oleh pendarahan otak akibat darah tinggi. Karena itu untuk mendapatkan diagnosa yang tepat sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Mati Rasa

Gejala lainnya yang sering terlupakan atau diabaikan begitu saja yaitu mati rasa. Jika saraf mata anda mati rasa, bisa jadi karena pembuluh darah mata sedang terganggu. Oleh sebab itu jangan sepelekan kondisi ini, karena jika dibiarkan malah dapat berakibat fatal. Biasanya mati rasa didahului oleh rasa kebas. Karena itu berhati-hatilah jika mulai mengalami kebas pada mata, yang umumnya juga bisa terjadi karena terlalu lama di depan komputer.

4. Hilang Kesadaran

Di tahap yang lebih berat, kehilangan kesadaran dapat dialami bagi para penderita stroke. Hal ini karena fungsi saraf mengalami gangguan. Sehingga penderita tiba-tiba pingsan tanpa sebab yang jelas. Oleh sebab itu sebaiknya segera bawa ke dokter jika tiba-tiba pingsan tanpa sebab. Dengan pengobatan stroke ringan yang tepat, maka penyakit stroke dapat dicegah.

5. Pusing

Bila mata tidak berfungsi normal. tentunya kita akan merasa pusing. Karena fokus dan daya kerja bola mata tidak maksimal sebagaimana harusnya. Oleh sebab itu rasa pusing di atas kepala bisa jadi karena gangguan stroke ringan. Untuk mengurangi resikonya, selalu konsumsi vitamin mata seperti vitamin A. Sehingga penglihatan tetap sehat dan fungsi saraf kembali normal.

6. Kebingungan

Kadang jika merasa kebingungan tanpa sadar itu merupakan salah satu gejala stroke. Gejala gegar otak ringan bisa  jadi merupakan salah satu pemicunya. Oleh sebab itu jika merasakan kebingungan, segera konsultasikan kepada dokter. Supaya tidak makin parah dan menjalar pada penyakit stroke.

Sponsors Link

7. Bercak Merah di Mata

Apabila mendapat bercak merah di mata sebaiknya mulai waspada. Hal ini bisa berarti pembuluh darah mata sedang pecah. Sehingga selanjutnya berpotensi menimbulkan stroke. Untuk menjaga kesehatan pembuluh darah mata, sebaiknya hindari makanan yang berlemak. Carilah makanan yang mengandung banyak vitamin. Jika peredaran darah lancar, maka kemungkinan terserang penyakit stroke akan mengecil.

8. Kehilangan Penglihatan

Di tahap akhir jika terlambat menyadari maka penderita stroke mata dapat kehilangan penglihatan. Sehingga usahakan jangan sampai ini terjadi. Karena jika penglihatan terganggu dan tidak dapat melihat, maka artinya penyakit sudah terlambat disembuhkan.

Demikian beberapa ciri-ciri stroke mata. Jika merasakan satu atau lebih dari ciri-ciri di atas, sebaiknya mulai perbaiki gaya hidup dan jenis makanan anda. Apabila gejala terjadi berulang-ulang sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Sehingga anda akan mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stroke