Sponsors Link

4 Ciri-Ciri Penyempitan Saraf Tulang Belakang Paling Umum

Sponsors Link

Ciri-ciri penyempitan tulang belakang biasa disebut juga dengan istilah spinal stenosis. Penyempitan tulang belakang merupakan suatu kelainan yang disebabkan oleh menyempitnya ruang pada tulang belakang tubuh manusia. Penyempitan tulang belakang seringkali terjadi karena adanya perubahan keausan pada bagian tersebut dan berhubungan dengan osteoarthritis. Penyempitan ini tentunya akan menyebabkan terjadinya tekanan pada saraf tulang belakang dan bisa juga menjalar pada macam-macam penyakit saraf lainnya.

ads

Pada umumnya, penyempitan tulang belakang ini terjadi pada bagian punggung bawah ataupun leher. Penyempitan tulang belakang ini umumnya terjadi pada seseorang yang telah berusia di atas 50 tahun. Lebih tepatnya, penyempitan tulang belakang ini umumnya terjadi pada orang yang memasuki usia lanjut.

Selain itu, penyempitan tulang belakang juga rentan terjadi pada orang yang sedang mengalami cedera tulang belakang. Umumnya kondisi tersebut dapat kita ketahui melalui gejala dan ciri yang ditimbulkan pada tubuh kita. Adapun ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang antara lain sebagai berikut.

1. Terjadinya Kram

Salah satu ciri yang menandakan adanya penyempitan pada saraf tulang belakang adalah timbulnya kram terutama dibarengi syaraf kejepit di pinggang. Kram ini dapat terjadi pada kaki maupun pada punggung. Kram sebenarnya merupakan suatu pengerutan pada otot dimana kondisi ini terjadi secara tiba-tiba dan bisa menyebabkan rasa nyeri. Kram dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu kemudian.

Kondisi tersebut umumnya terjadi dalam waktu yang singkat dan tidak lama. Lama waktu terjadinya kram bergantung pada besar kontraksi yang terjadi pada tubuh Anda. Sehingga keadaan kram umumnya bisa timbul pada saat Anda melakukan aktivitas yang berat.

Selain itu kram juga dapat terjadi jika Anda melakukan aktivitas yang sama secara berulang-ulang. Misalnya, kram pada kaki. Kram pada kaki cenderung akan terjadi pada saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti misalnya berlari, berjalan, ataupun berdiri.

Sebenarnya, kram dapat diatasi dengan cara beristirahat sejenak atau duduk sejenak. Hal ini dapat membuat kram pada kaki jadi mereda. Kram pada kaki tersebut juga bisa diatasi dengan cara membungkukkan badan Anda ke arah depan. Cara ini juga dipercaya dapat meredakan dan menghilangkan kram kaki.

Adapun selain kaki, punggung juga merupakan bagian tubuh yang rentan terkena kram pada saat Anda mengalami penyempitan pada tulang belakang. Kram punggung ini umumnya terjadi pada saat Anda sedang melakukan aktivitas dengan beban berlebih, misalnya saat mengangkat benda berbeban berat. Untuk mengatasi kram pada punggung, sebaiknya bungkukkan badan ke arah depan.

\Hal ini sama dengan kondisi pada saat Anda mengalami kram pada kaki. Namun, kram pada punggung yang terjadi secara terus-menerus sebaiknya segera diatasi. Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik pada tubuh Anda.

2. Terjadinya Kesemutan

Kesemutan biasa terjadi karena adanya tekanan yang terjadi pada anggota tubuh dalam waktu yang cukup lama. Kesemutan ini sebenarnya dapat menyebabkan terhambatnya pasokan darah menuju saraf. Kesemutan akan menimbulkan mati rasa sejenak seperti serangan stroke kedua dan juga menimbulkan rasa sakit setelahnya.

Kesemutan merupakan salah satu ciri adanya penyempitan pada tulang belakang. Saat Anda mengalami penyempitan pada tulang belakang, maka Anda umumnya akan mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Pada kaki, kesemutan akan terjadi di bagian telapak kaki. Kondisi ini akan menyebabkan telapak kaki Anda mengalami mati rasa sejenak.

Sponsors Link

Selain telapak kaki, kesemutan ini juga bisa menjalar dan terjadi pada bagian jari kaki.Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa menggerakkan kaki Anda secara perlahan dan meluruskannya. Tindakan ini tentunya akan membantu pemulihan kaki Anda dari kesemutan secara lebih cepat.

Penyempitan tulang belakang tidak hanya menimbulkan kesemutan pada kaki saja. Tangan juga dapat mengalami gejala kesemutan yang disebabkan oleh adanya penyempitan pada tulang belakang Anda. Kesemutan ini bisa terjadi pada bagian telapak tangan dan lengan Anda.

Tentunya Anda bisa melakukan hal yang sama untuk mengatasi kesemutan pada tangan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan meluruskan bagian tangan Anda yang sedang mengalami kesemutan. Kesemutan dan mati rasa yang terjadi pada tangan Anda itu dapat mereda jika Anda meluruskan tangan Anda. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kesemutan akan berkurang lebih jauh.

Namun sebaiknya hentikan sejenak aktivitas Anda agar dapat melakukan tindakan penyembuhan ini. Anda juga disarankan untuk mengistirahatkan tangan Anda beberapa saat agar rasa sakit dan kesemutan yang Anda alami bisa mereda.

3. Terganggunya Fungsi Organ Dalam

Kandung kemih merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk mengumpulkan air kencing yang akan dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang. Kandung kemih Anda akan mengalami gangguan pada saat Anda mengalami penyempitan tulang belakang.

Namun hal ini akan terjadi jika penyempitan tulang belakang tidak kunjung sembuh dan tidak segera ditangani. Penyempitan tulang belakang yang mirip pada ciri-ciri orang terkena stroke ringan ini memang dapat membuat kandung kemih menjadi tidak berfungsi dengan optimal. Gangguan ini dapat terjadi secara bertahap. Gangguan pada kandung kemih bisa terjadi jika penyempitan tulang belakang tersebut semakin memburuk dan berada dalam tingkat yang parah.

Gejala parah dari penyempitan tulang belakang ini juga dapat diketahui dari usus. Usus tidak akan dapat bekerja dengan baik saat cedera penyempitan tulang belakang memburuk makin parah. Usus akan kehilangan control dan tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Kondisi ini pun juga akan semakin parah dengan ditandai adanya disfungsi pada beberapa organ dalam tubuh yang lain.

Sponsors Link

4. Timbul Rasa Nyeri

Cedera penyempitan pada tulang belakang cenderung membuat Anda mengalami rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh Anda. Rasa nyeri ini akan dialami oleh leher, bahu, dan pinggul. Rasa nyeri ini pun tentunya sangat mengganggu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari Bahkan rasa nyeri ini juga akan mengganggu Anda pada saat sedang beristirahat.

Rasa yang timbul pada bagian tubuh Anda ini pun umumnya juga disertai dengan timbulnya mati rasa dan lemas seperti gejala awal stroke. Rasa nyeri ini pun juga akan membuat Anda menjadi kesulitan dalam bergerak. Sehingga terkadang juga disertai dengan adanya sensasi panas dan rasa seperti ditusuk-tusuk jarum.

Timbulnya rasa nyeri ini pun tentunya akan menyiksa Anda dan cenderung membuat kemampuan motorik menjadi makin memburuk. Hal ini tentunya membuat Anda menjadi tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Selain itu juga membuat tidak akan dapat bekerja secara optimal. Karena itu jika mengalami gejala seperti ini sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan agar dokter bisa memeriksa penyakit Anda dengan akurat.

Itulah beberapa ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang yang umum dirasakan. Jika merasakan gejala tersebut sebaiknya jangan tinggal diam. Segera periksakan dan lakukan pengobatan yang sesuai. Supaya kondisi tubuh cepat pulih dan tidak mengalami efek samping lain dari penyempitan yang terjadi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf