Sponsors Link

15 Ciri-Ciri Parkinson yang Mudah Di Kenali

Sponsors Link

Banyak orang yang seringkali tidak mengerti apa yang menjadi ciri-ciri Parkinson paling umum. Hal ini cukup wajar karena penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit yang masih jarang terjadi di lingkungan negara-negara Asia. Namun hal ini bukan berarti menjadi meremehkan hal tersebut. Tetap saja diperlukan informasi tentang penyakit tersebut termasuk apa yang menjadi penyebab, gejala maupun ciri dari tanda dan gejala Parkinson yang sering terjadi.

ads

Dengan demikian jika penyakit ini menyerang salah satu kerabat tentu dapat dilakukan tindakan pengobatan yang lebih optimal. Oleh sebab itu bagi yang ingin tahu lebih jelas, berikut ini beberapa ciri-ciri Parkinson yang sering dialami oleh penderitanya:

1. Gemetar Halus

Ciri yang paling umum dialami oleh para penderita Parkinson yaitu seringnya mengalami kondisi dimana tubuh mengalami gemetar halus. Baik pada salah satu bagian tubuh maupun pada beberapa bagian tubuh sekaligus. Umumnya hal ini terutama terjadi setelah melakukan aktifitas fisik dan kemudian beristirahat.

Pada fase istirahat inilah umumnya otot tidak dapat istirahat dan tetap bergetar selama beberapa saat lamanya. Bahkan jika sudah makin parah akan timbul gemetar halus yang tidak kunjung menghilang.

2. Tremor

Ciri lainnya yang hampir sama dengan gemetar yaitu bahaya tremor. Hanya saja kondisi tremor ini umumnya terjadi pada bagian tubuh tertentu dan paling umum terjadi pada telapak tangan. Sehingga penderita Parkinson akan lebih susah untuk melakukan aktifitas yang berkaitan dengan fungsi tangannya seperti misalnya menulis atau menyuapkan makanan sendiri. Karena akibat tremor maka aktifitas tersebut tidak dapat berjalan sempurna dan membutuhkan bantuan dari orang lain untuk dapat melakukannya.

3. Mudah Lupa

Pasien penderita Parkinson umumnya juga mengalami masalah dengan daya ingatnya. Sehingga rata-rata akan mengalami kondisi yang mudah lupa atau dengan kata lain cepat pikun. Hal ini terjadi karena saraf otak sudah tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga memori juga tidak dapat diingat dengan baik pula.

4. Susah Berjalan

Penderita Parkinson umumnya juga memiliki ciri-ciri mengalami kesusahan dan hambatan saat berjalan. Sehingga jika dilihat dengan jelas cara jalan penderita Parkinson tidak akan seperti orang normal pada umumnya. Selain lebih lambat, biasanya penderita akan lebih susah untuk melangkah serta tidak dapat berjalan dengan cepat. Karena itu umunya penderita hanya mampu berjalan lambat dan pelan-pelan.

Sponsors Link

5. Kelemahan

Berikutnya ciri yang mudah terlihat termasuk terjadinya kelemahan yang tidak dimiliki sebelumnya. Misalnya jika dahulu mampu melakukan tindakan atau aktifitas fisik sendiri, maka saat menderita penyakit Parkinson akan mengalami penurunan dalam melakukan aktifitas fisik tersebut. Dengan kata lain penderita akan mengalami kelemahan pada bermacam-macam hal di dalam tubuhnya yang membuatnya tidak dapat melakukan aktifitas fisik secara sempurna kembali.

6. Bradikenesia

Ciri-ciri Parkinson yang berikutnya yaitu terjadinya kondisi yang biasa disebut dengan bradikenesia oleh dunia kedokteran. Secara lebih jelasnya ini merupakan kondisi dimana tubuh seseorang mengalami proses degenerasi dini yang menyebabkan tubuh mengalami perlambatan dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Mulai dari aktifitas sederhana sampai dengan aktifitas yang berat. Umumnya inilah yang akan dilamai oleh penderita Parkinson sehingga cukup susah untuk melakukan aktifitas harian dan membutuhkan terapi untuk mendukung kesembuhan penderita.

7. Otot Kaku

Penderita bahaya penyakit Parkinson juga akan mengalami ciri-ciri berupa otot yang terasa semakin kaku. Oleh karena itu banyak yang mengeluhkan bahwa otot yang dirasakan semakin hari semakin tidak nyaman untuk melakukan aktifitas fisik. Sehingga gerakan fisik jadi terbatas dan otot tidak dapat digunakan secara maksimal kembali.

ads

8. Gangguan Keseimbangan

Penderita juga umumnya mengalami masalah berupa gangguan keseimbangan. Oleh sebab itu seringkali penderita mudah terjatuh atau tidak dapat berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini terjadi akibat saraf otak belakang yang sudah tidak berkerja secara optimum. Sehingga otomatis banyak fungsi keseimbangan tubuh yang menjadi berkurang dan bahkan tidak bekerja sama sekali.

9. Gerakan Lambat

Berikutnya ciri dari penyakit ini termasuk adanya masalah dalam melakukan berbagai macam gerakan. Penderita umumnya akan lebih lambat dari biasanya dan mirip dengan orang lanjut usia. Walaupun penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang yang telah berusia lanjut.

10. Susah Bicara

Penderita penyakit Parkinson ini umumnya juga mengalami hambatan dalam berbicara dan menyatakan keinginannya. Yang paling sering terjadi yaitu penderita akan mengeluarkan suara yang sangat kecil dan susah untuk didengarkan oleh orang lain. Selain itu kata-kata yang diucapkan juga tidak jelas sehingga sulit dimengerti. Sepintas ini akan mirip dengan gangguan pada penderita penyakit gejala awal stroke.

11. Gangguan Postur Tubuh

Ciri berikutnya yaitu adanya gangguan berupa postur tubuh yang tidak lagi sempurna. Hal ini didukung oleh kelemahan tubuh serta fungsi otot yang seringkali terasa kaku. Akhirnya postur tubuh menjadi berubah dan tidak sebaik pada saat masih sehat dahulu.

12. Tubuh Kejang

Ciri lain yang paling sering dialami oleh penderita penyakit Parkinson yaitu terkadang akan mengalami kejang. Hal ini karena adanya gangguan pada saraf otak dan membuat tubuh serta otot tidak konsisten. Jika penyakit telah menyerang otak dan berawal dari cedera gegar otak ringan, secara otomatis penderita akan lebih sering mengalami kejang pada saraf otak dan tidak dapat melakukan aktifitas dengan baik.

13. Tubuh Terasa Tegang

Berikutnya ciri yang biasa dialami oleh para penderita penyakit Parkinson yaitu berupa rasa tegang yang berkelanjutan pada seluruh anggota tubuh. Oleh sebab itu jika terserang penyakit ini biasanya penderita akan mengalami tegang pada otot tubuhnya termasuk pada otot kaki dan tangan. Sehingga melakukan aktifitas fisik menjadi lebih susah dan jelas menjadi tidak nyaman.

Sponsors Link

14. Gangguan Memori

Hal berikutnya yang sering dialami penderita penyakit ini juga berupa gangguan pada daya ingat penderita. Umumnya para penderita penyakit Parkinson akan mengalami gangguan memori sehingga susah untuk mengingat kembali peristiwa yang pernah atau barusan terjadi. Hal ini karena saraf otak tidak bekerja secara maksimal sehingga memori juga mengalami gangguan dan menjadi tidak stabil. Akibatnya penderita menjadi sering lupa dan susah untuk mengingat sesuatu.

15. Wajah Datar

Ciri yang juga jelas terlihat biasanya yaitu ekspresi wajah penderita yang cukup datar. Hal ini karena otot wajah akan menjadi kaku dan tegang sehingga susah untuk melakukan beragam ekspresi. Hal ini tentunya membuat penderita selalu memiliki ekspresi wajah yang sama setiap saat.

Itulah beberapa ciri-ciri Parkinson yang perlu untuk diperhatikan supaya dapat mengetahui apa sebaiknya penanganan yang paling tepat bagi penderitanya. Terutama jika membutuhkan terapi untuk membantu proses kesembuhan penderita.

Dengan mengetahui secara detail ciri tersebut, maka dapat diberikan terapi yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang dialami penderita Parkinson. Melalui terapi serta pengobatan yang teratur, diharapkan penderita dapat kembali pulih dan setidaknya dapat lebih mandiri maupun tidak banyak menyusahkan orang lain di sekitarnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Parkinson