Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Kena Stroke yang Harus Segera Ditangani

Sponsors Link

Penyebab penyakit stroke cukup banyak. Tanda dan gejala stroke juga seringkali kurang diperhatikan orang. Padahal stroke merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Karena itu mengenali ciri-ciri kena stroke cukup penting. Supaya kita dapat memahami apakah tubuh kita senantiasa sehat, atau ternyata mengalami beberapa gejala stroke. Berikut ini ciri-ciri kena stroke yang umum terjadi:

ads

1. Kedutan

Apabila mata kedutan atau salah satu anggota tubuh kedutan, sebaiknya hati-hati. Karena bisa jadi ini merupakan tanda penderita stroke. Memang terlihat sepele, namun bisa jadi akar dari masalah serius seperti penyakit stroke.

2. Penglihatan kabur

Salah satu ciri-ciri stroke mata yaitu penglihatan menjadi kabur. Ciri ini juga bukan merupakan ciri yang perlahan. Namun biasanya menyerang tiba-tiba. Misalnya di pagi hari tiba-tiba penglihatan kabur cukup parah. Bisa jadi ini akibat stroke.

3. Pusing

Stroke merupakan penyumbatan pembuluh darah. Oleh sebab itu cukup umum jika salah satu ciri-cirinya yaitu berupa pusing atau sakit kepala. Jika ini terjadi coba periksakan lebih lanjut. Apa hanya penyebab flu, atau karena ada penyumbatan.

4. Kelemahan

Ciri yang lain yaitu adanya kelemahan. Bagian tubuh tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik. Bahkan jika sangat parah maka penderita dapat mengalami kelumpuhan. Karena itu perhatikan ciri-ciri stroke yang utama, supaya dapat segera diatasi.

5. Mati rasa

Penyakit stroke dapat pula ditandai dengan mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Biasanya ini diawali dengan gejala kesemutan. Kemudian bagian tubuh tersebut menjadi kaku hingga selanjutnya mati rasa. Jika mengalami hal seperti ini sebaiknya segera batasi konsumsi makanan berlemak dan konsumsi banyak sayur maupun buah. Karena sayur dan buah merupakan makanan pencegah stroke ringan yang sudah terbukti khasiatnya bagi para penderita stroke, terutama untuk stroke yang intensitasnya ringan.

6. Susah berbicara

Jika keadaan penderita stroke makin parah, maka biasanya mereka akan susah untuk bicara. Karena saraf dan otot mulut mengalami gangguan dan kerusakan. Pecahnya pembuluh darah di otak dapat mengganggu fungsi bagian tubuh termasuk kekakuan atau kelumpuhan lidah.

7. Mimisan

Pembuluh darah yang pecah biasanya akan menimbulkan pendarahan. Oleh sebab itu perhatikan apabila tiba-tiba terjadi mimisan yang terus menerus dan sering. Karena bisa jadi salah satu pembuluh darah pecah dan hal tersebut menuntun pada terjadinya stroke.

Sponsors Link

8. Sesak nafas

Gejala stroke termasuk apabla tiba-tiba merasa sesak nafas. Karena hal tersebut akibat tidak lancarnya suplai oksigen ke dalam tubuh. Karena itu rajin lakukan olah raga supaya pernafasan lancar dan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu sesak nafas bisa jadi merupakan gejala awal meningitis yang erat hubungannya dengan stroke. Karena meningitis dapat memperparah keadaan penderita stroke.

9. Pingsan

Gejala lainnya jika penderita tiba-tiba pingsan. Ini sangat berbahaya karena bisa jadi ada pembuluh darah yang pecah. Bahkan biasanya di tahap ini dapat mengakibatkan kematian. Karena itu ciri-ciri kena stroke yang satu ini wajib diperhatikan dan segera ditangani.

10. Wajah tidak simetris

Gejala penyakit stroke yang Nampak terlihat yaitu wajah yang tiba-tiba tidak simetris. Yang cukup parah yaitu apabila terjadi pendarahan otak akibat darah tinggi. Ini merupakan komplikasi stroke dengan penyakit lainnya yang merusak saraf wajah hingga tidak simetris.

Demikian beberapa ciri-ciri kena stroke. Apabila menemukan tanda atau gejala seperti yang disebutkan di atas, segera lakukan pertolongan. Lebih baik lagi untuk membawa penderita ke rumah sakit sehingga mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Stroke