Sponsors Link

8 Cara Penanganan Stroke Ringan Paling Mudah

Sponsors Link

Stroke terdapat dua macam, yaitu stroke ringan dan stroke berat. Masing-masing gejala awal penyakit stroke tersebut memiliki cara pemulihan serta pengobatan yang berbeda-beda. Cara penanganan stroke ringan dan stroke berat bisa jadi tidak sama. Walau sebagian besar pengobatan medis yang diberikan dokter hampir serupa. Namun umunya terapi macam-macam stroke dan penyebabnya tersebut akan berbeda. Adapun berikut ini cara penanganan stroke ringan yang dapat dilakukan untuk mempercepat kesembuhan penderita:

ads

1. Berhenti merokok

Umumnya penderita stroke memiliki gaya hidup yang kurang baik. Salah satunya yaitu merokok. Karena itu jika ingin cepat sembuh sebaiknya segera berhenti merokok. Karena racun nikotin dari rokok hanya memperparah efek stroke ringan. Jika racun tidak lagi mengalir dalam darah maka proses penyembuhan akan berjalan dengan lancar.

2. Hindari makanan berlemak

Sebaiknya hentikan mengkonsumsi makanan penyebab stroke. Hindari makanan yang berlemak, makanan yang digoreng maupun makanan yang penuh santan. Sebaiknya makan makanan yang sehat dan bernutrisi seperti buah dan sayur-sayuran.

3. Minum obat secara teratur

Jika menerima resep dari dokter sebaiknya minum obat secara rutin. Jangan sampai dosis obat terlewatkan supaya proses penyembuhan berjalan dengan cepat. Perhatikan juga kemungkinan terjadi alergi pada obat yang diresepkan. Oleh sebab itu selalu konsultasikan kondisi penderita selengkap mungkin pada dokter yang merawat.

4. Pijat refleksi

Beberapa orang berhasil melalui pijat refleksi. Karena inti dari pijat refleksi yaitu untuk mengambalikan kelancaran peredaran darah. Sehingga sumbatan lemak dapat dihilangkan dan aliran darah pada pembuluh kembali berfungsi normal.

5. Akupuntur

Metode akupuntur dipercaya juga dapat membantu kelancaran peredaran darah. Oleh sebab itu banyak pasien stroke yang mencoba pengobatan alternatif tersebut. Saat ini sudah banyak yang membuktikan hasil pengobatan akupuntur. Banyak penderita stroke ringan yang dapat sembuh dalam jangka waktu cepat dengan menggunakan metode tersebut.

6. Fisioterapi

Cara penanganan stroke ringan lainnya yaitu dengan rajin melakukan fisioterapi. Saat ini banyak rumah sakit yang telah menyediakan fasilitas untuk fisioterapi pada berbagai macam penyakit. Terutama untuk membantu pemulihan para pasien penyakit stroke. Dengan fisioterapi yang rutin maka fungsi tubuh akan cepat kembali normal seperti sebelumnya. Sekalipun mungkin hasilnya tidak seratus persen pulih, namun tujuannya supaya penderita dapat kembali beraktifitas secara mandiri dan tidak harus selalu tergantung pada orang lain.

Sponsors Link

7. Pengobatan herbal

Saat ini ada banyak macam pengobatan herbal yang ada di pasaran untuk menyembuhkan penyakit stroke. Mencoba pengobatan alami yang minim efek samping tentu tidak ada salahnya. Karena itu cari saja pengobatan alternatif yang paling sesuai dengan kondisi pasien. Dengan demikian proses penyembuhan dapat berlangsung maksimal dan minim efek samping bagi penderita. Pastikan pula bahwa obat yang dikonsumsi telah terdaftar pada BPOM sehingga tidak membahayakan kondisi pasien.

8. Suplemen minyak ikan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen tambahan berupa minyak ikan dapat membantu mempercepat proses kesembuhan penyakit stroke. Hal ini karena minyak ikan mengandung omega tiga serta kandungan protein tinggi untuk kesehatan otak dan saraf manusia. Oleh sebab itu dengan rajin meminum suplemen ini maka fungsi otak dapat kembali normal dan peredaran darah menuju otak menjadi lebih maksimal.

Demikian beberapa cara penanganan stroke ringan yang dapat dilakukan. Fungsi utama semua itu yakni untuk mempercepat proses penyembuhan stroke. Jika pasien cepat sembuh maka mereka dapat kembali beraktivitas normal seperti sedia kala.

, ,
Oleh :
Kategori : Stroke