Sponsors Link

10 Cara Merawat Orang Stroke Di Rumah Dengan Benar

Sponsors Link

Pasien stroke membutuhkan perhatian serta penanganan yang komprehensif. Karena proses dan upaya pemulihan pasien stroke yang relatif tidak sebentar. Tahapan proses penyembuhan stroke biasanya terjadi dalam jangka lama. Oleh karena itu cara merawat orang stroke di rumah membutuhkan peranan keluarga. Sehingga sebaiknya sejak awal perawatan keluarga diharapkan terlibat penanganan pasien. Berikut ini beberapa cara merawat orang stroke di rumah:

ads

1. Cek level kolesterol dan tekanan darah

Sebisa mungkin selalu cek kadar kolesterol serta tekanan darah penderita. Usahakan untuk mengecek secara rutin supaya dapat mengetahui kondisi terkini penderita. Jangan sampai terlupakan dan tau-tau terjadi serangan kedua. Usahakan agar penderita hanya mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi yang rendah lemak dan mengandung banyak vitamin maupun mineral.

2. Melatih pasien mandiri 

Bantulah penderita berjalan kembali dengan cara menuntun dan berdiri disisi yang lemah. Hindari penggunaan alat bantu kecuali jika dianjurkan oleh fisioterapis. Sehingga penderita dapat selalu aktif dan rutin melatih kemampuan fisiknya. Dengan demikian maka pasien akan dapat cepat pulih.

3. Meningkatkan rasa percaya diri pasien

Salah satu perawatan stroke ringan yang efektif yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri penderita. Perlakukan mereka dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Sehingga penderita tidak merasa minder dan semangat untuk sembuh.

4. Selalu berkomunikasi

Berikan motivasi kepada pasien sehingga otomatis dapat membangun komunikasi yang baik. Dukung kesembuhan penderita dan beri semangat untuk rajin berobat. Sehingga penderita merasa bahagia. Perasaan dan mood bisa jadi merupakan penyebab penyakit stroke secara tidak langsung.

5. Mencegah terulangnya stroke

Salah satu cara merawat orang stroke di rumah yaitu dengan mencegah terulangnya penyakit. Caranya dengan memberi asupan makanan yang tidak mengandung lemak serta mengingatkan untuk selalu meminum obat dari dokter. Jangan sampai konsumsi obat terlewatkan, supaya obat akan tetap efektif dalam meringankan gejala stroke.

6. Usahakan dekat dengan kamar mandi

Pastikan adanya pegangan di kamar mandi yang digunakan oleh penderita. Sehingga penderita tidak kesusahan saat buang air. Suasana yang nyaman dapat mempercepat kesembuhan penyakit.

7. Atur posisi tidur

Pasien yang belum dapat bergerak sendiri sebaiknya diposisikan dengan nyaman. Posisi tangan dan kaki yang lemah sebaiknya diganjal dengan bantal. Hal ini akan memperlancar arus balik darah ke jantung dan mencegah terjadinya bengkak pada tangan dan kaki.

Sponsors Link

8. Sediakan alat bantu berjalan 

Jika diperlukan, sebaiknya sediakan alat bantu berjalan. Sehingga penderita dapat beraktivitas secara mandiri. Aktivitas ini merupakan salah satu cara menyembuhkan stroke yang lebih cepat.

9. Sediakan alas kaki yang nyaman 

Penderita stroke yang susah beraktivitas tentu membutuhkan kenyamanan yang lebih tinggi. Karena itu sediakan alas kaki yang cukup nyaman. Sehingga peredaran darah tetap lancar dan tidak semakin memburuk. Pastikan alas kaki juga tidak licin untuk menghindari jatuh dan terjadi gejala gegar otak ringan. Hal ini akan memicu komplikasi penyakit yang lainnya.

10. Mengaktifkan anggota tubuh yang lemah

Anjurkan pasien untuk beraktivitas menggunakan bagian tubuh yang masih lemah. Pastikan kegiatan tersebut tetap berada di bawah pengawasan. Dengan mengaktifkan bagian tubuh yang lemah akan memberikan stimulasi pada sel-sel otak untuk beraktivitas kembali secara normal.

Demikian beberapa cara merawat orang stroke di rumah. Yang paling utama yaitu kesabaran dalam menangani orang yang sakit stroke. Jangan menyerah untuk membantu mereka supaya cepat sembuh. Sehingga mereka dapat beraktivitas normal seperti sedia kala.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke