Sponsors Link

10 Cara Merawat Orang Stroke Yang Baik Dan Benar

Sponsors Link

Jika menemui penderita macam-macam penyakit saraf salah satunya yaitu penyakit stroke, secara tidak langsung kita perlu untuk memahami cara merawat orang stroke yang benar. Jangan sampai akibat kelalaian yang kita perbuat maka penyakit stroke yang diderita semakin bertambah parah. Padahal tujuan melakukan perawatan yaitu untuk memastikan bahwa penyakit stroke dapat sembuh secara optimal. Supaya penderita stroke dapat normal kembali dan sehat seperti sedia kala.

ads

Sayangnya, masih banyak yang awam mengenai cara perawatan yang benar. Sehingga tidak jarang akhirnya penyakit stroke datang menyerang kembali. Oleh sebab itu sebaiknya hindari kejadian yang demikian dengan memperoleh informasi yang sebaik mungkin. Bagi yang belum paham benar, simak artikel berikut yang menunjukkan cara merawat orang stroke yang baik dan benar.

1. Perhatikan Pola Makan

Ketika menangani penderita stroke yang paling penting yaitu memperhatikan menu makanan sehat untuk penderita stroke yang dikonsumsi penderita stroke. Usahakan agar menu makanan penderita adalah menu makanan yang berimbang. Tujuannya agar tidak terlalu banyak lemak dan karbohidrat yang diserap oleh tubuh penderita. Karena itu usahakan untuk membuat menu makanan yang tepat bagi penderita stroke. Sehingga dengan demikian penyakit stroke dapat segera sembuh dan diatasi dengan baik.

2. Ajak Olahraga Teratur

Sebaiknya selalu ingatkan penderita stroke untuk melakukan olah raga secara teratur. Lakukan olahraga ringan mulai dari olahraga pernafasan seperti yoga dan jalan sehat. Dengan demikian maka akan membantu kelancaran peredaran darah pada penderita stroke. Sehingga penderita stroke dapat segera sembuh dan beraktivitas dengan normal kembali. Hindari melakukan olahraga berat atau aktivitas berlebihan karena dapat membuat penderita stroke cepat lelah. Sementara di masa penyembuhan energi yang dimiliki tentunya berfokus pada kesembuhan penderita. Karena itu pastikan penderita untuk menjalani olahraga teratur yang normal dan tidak berlebihan.

3. Hindari Stress

Sebaiknya usahakan menghindari stress pada penderita gejala stroke ringan pada wajah. Ini merupakan cara merawat orang stroke yang cukup penting. Karena stress yang diderita dapat memicu terjadinya serangan stroke selanjutnya. Karena itu sebaiknya ajak penderita untuk melakukan hobinya dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jangan sampai mereka banyak pikiran seperti ketakutan atau kecemasan bahwa penyakit mereka susah sembuh. Dengan demikian maka penderita stroke dapat cepat pulih seperti sedia kala.

4. Permudah Akses

Sebaiknya bantu agar penderita stroke memiliki akses yang mudah untuk melakukan segala aktivitasnya. Contohnya jika penderita susah untuk menulis atau mengambil sesuatu. Sebaiknya berikan alat bantu dan permudah akses menuju ke kamar mandi. Sehingga dalam masa penyembuhannya, penderita stroke tidak mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Jangan pula terlalu memanjakan penderita, usahakan agar mereka tetap mandiri. Namun yang terpenting yaitu menghindari penderita mengalami kesusahan saat sedang melakukan aktivitasnya sehari-hari. Karena sangat penting mengupayakan agar aktivitas harian penderita tetap berjalan normal sebagaimana mestinya.

Sponsors Link

5. Perbanyak Buah Dan Sayur

Selanjutnya cara merawat orang stroke yang benar yaitu dengan memastikan pemberian buah maupun sayuran yang maksimal. Karena hal ini akan membantu untuk memberikan asupan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh penderita stroke. Berikan buah yang kaya vitamin C, E dan B. Karena kombinasi ketiganya itu bermanfaat mempercepat kesembuhan pada penderita stroke. Selain itu berikan pula sayuran hijau yang baik untuk pencernaan serta baik untuk bekerja memberikan nutrisi berupa mineral tubuh yang penting seperti zat besi, kalsium ataupun magnesium. Dengan asupan buah dan sayur yang maksimal, maka gizi yang dibutuhkan penderita stroke juga akan terserap dengan maksimal. Sehingga dengan demikian proses pemulihan penyakit pada penderita stroke juga dapat berjalan lebih optimal.

6. Rajin Minum Vitamin

Pastikan penderita mendapat cukup pasokan vitamin untuk mempercepat proses pemulihan serta cara penanganan stroke ringan yang diderita. Jika asupan vitamin dari makanan sehari-hari masih belum cukup, ada baiknya supaya diberikan vitamin suplemen tambahan agar penderita cepat sembuh dan dapat beraktivitas dengan normal kembali. Pastikan pula vitamin diberikan sesuai kebutuhan, tidak kelebihan dan tidak membawa efek samping negatif bagi penderita stroke.

7. Lakukan Terapi Dengan Teratur

Untuk mengusahakan agar penderita stroke cepat sembuh, maka pastikan agar penderita menjalani terapinya dengan teratur. Misalnya terapi akupuntur atau fisioterapi yang dijadwalkan oleh dokter. Berikan semangat pada penderita untuk rajin melakukan terapi agar penyakit dapat segera pulih dan kemampuan tubuh dapat cepat kembali normal seperti sedia kala. Dengan rajin melatih fungsi saraf dan otot maka kesehatan penderita stroke otomatis juga akan cepat pulih. Karena itu selalu pastikan penderita mengikuti jadwal terapi dengan teratur dan hindari berhenti terapi sebisa mungkin.

Sponsors Link

8. Beri Semangat Positif

Salah satu hal yang juga tidak kalah penting yaitu memastikan bahwa penderita stroke selalu mendapatkan semangat yang positif. Karena pikiran dan semangat positif akan memicu keyakinan untuk cepat sembuh. Lain halnya jika dibiarkan, maka pikiran dan hati pasien cenderung negative sehingga sulit sembuh. Dengan memberi semangat kesembuhan yang positif maka penderita stroke akan memiliki motivasi yang kuat dalam meminum obat, mengubah gaya hidup maupun melakukan terapi untuk kesembuhannya. Sehingga dapat dilihat hasil dan kemajuan yang lebih baik saat semangat positif terus mengalir dalam pikiran para penderita stroke.

9. Beri Perhatian

Sangat penting untuk memastikan bahwa penderita penyebab stroke di usia muda memiliki cukup perhatian. Jangan acuhkan penderita dan terus ajak penderita berkomunikasi. Jika mereka diperlakukan normal maka semangat kesembuhan dalam diri penderita umumnya akan lebih meningkat dibanding apabila penderita hanya dibiarkan saja berbaring di tempat tidur. Sebagai makhluk social tentunya penderita stroke juga perlu bersosialisasi dan hal ini hanya dapat dilakukan oleh orang terdekat yang merawat penderita sehari-hari.

10. Perbaiki Gaya Hidup

Hal lain yang cukup penting yaitu memastikan bahwa terjadi perubahan gaya hidup pada penderita stroke. Misalnya minta penderita untuk berhenti merokok atau minum minuman beralkohol. Ganti dengan kebiasaan yang lebih baik salah satunya dengan melakukan hobi yang sehat seperti olahraga ringan atau hobi lain yang dapat mengisi waktu dan bermanfaat mengasah otak penderita stroke. Karena dengan kegiatan positif maka dapat membantu mempercepat pemulihan penderita pula. Berikan pula jenis makanan yang lebih sehat sebagai pengganti rokok serta minuman keras. Tekankan pada penderita bahwa sudah saatnya mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih baik untuk kebaikan penderita stroke sendiri.

Demikian beberapa cara merawat orang stroke yang baik dan benar. Usahakan untuk melakukan hal tersebut dengan maksimal supaya dapat tercapai kesembuhan yang lebih cepat pada penderita stroke. Dengan perawatan yang tepat serta pola hidup yang baik, maka gejala dan penyebab penyakit stroke dapat segera diatasi. Selain itu resiko serangan stroke yang kedua juga dapat dihindari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stroke