Sponsors Link

10 Cara Merawat Lansia Yang Mengalami Kelumpuhan Agar Bahagia

Sponsors Link

Cara merawat lansia yang mengalami kelumpuhan sebenarnya tidak perlu membuat Anda menjadi bingung. Anda perlu yakin bahwa Anda bisa memberikan perawatan yang terbaik pada lansia yang sedang lumpuh baik karena stroke atau karena hal lainnya.

ads

Anda juga perlu yakin bahwa Anda bisa merawatnya dengan baik di dalam rumah dengan bantuan dari segala peralatan yang ada. Kondisi lansia juga bahkan bisa dibantu untuk menjadi pulih kembali walaupun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama dan panjang.

Berikut ini beberapa langkah dan cara merawat lansia yang mengalami kelumpuhan supaya tetap bahagia setiap harinya.

1. Menjaga Keamanan di Rumah

Lansia yang mengalami gejala kelumpuhan sebenarnya perlu menjalani terapi okupasi agar ia bisa lebih aman saat berada di dalam rumah. Selain itu Anda juga perlu mengubah kondisi rumah sehingga lebih aman bagi lansia yang dirawat. Lansia pada dasarnya harus berada di tempat dengan situasi dan kondisi yang aman bagi dirinya.

Lansia perlu menghindari tangga dan tidak boleh sampai terjatuh serta membutuhkan penerangan yang cukup. Jadi sebaiknya Anda mendesain rumah dengan kondisi yang mendukung lansia terutama bila lansia tersebut sedang mengalami kelumpuhan.

2. Antisipasi Perubahan Mood Pasien

Seorang lansia umumnya memiliki emosi yang cenderung labil. Dengan kata lain lansia akan sering kali mengalami perubahan mood secara mendadak dan hal ini akan berdampak pada perubahan perilakunya. Kebanyakan lansia akan mengalami kondisi fisik yang semakin lemah terutama saat ia sedang menderita suatu penyakit dan menyebabkannya menjadi lumpuh.

Lansia tersebut tentunya akan merasa tak berdaya dan tak berguna sehingga mood positif menurun dan emosi semakin meningkat. Untuk mengatasi situasi ini maka Anda perlu memberikan hiburan dan memberikan dukungan serta motivasi pada lansia.

3. Hindarkan Lansia dari Depresi

Jika perubahan mood dan emosi yang labil cenderung terjadi pada lansia yang sedang mengalami kelumpuhan maka depresi juga bisa saja terjadi dan dialami oleh lansia tersebut. Pada kenyataannya banyak ditemukan pasien lansia yang mengalami depresi saat ia merasa tak berdaya karena kelumpuhan yang ia alami.

Ditambah lagi bila lumpuh terjadi akibat penyakit yang dideritanya seperti misalnya penyakit stroke. Untuk itu Anda perlu selalu waspada dan siaga dalam mencari perawatan atau dokter ahli sehingga Anda bisa mengatasi kondisi lansia saat melihat gejala depresi mulai menyerang.

4. Hindarkan Lansia dari Serangan Stroke

Kelumpuhan yang dialami oleh lansia tentunya akan semakin membuatnya menjadi terpuruk jika lansia tersebut juga menderita serangan stroke terutama serangan stroke kedua. Sebab ciri-ciri serangan stroke kedua biasanya bersifat lebih berbahaya dan bahkan bisa memberikan dampak yang semakin berbahaya seperti misalnya lumpuh permanen.

Untuk mencegahnya maka Anda bisa mengajak lansia untuk memiliki gaya hidup sehat agar tidak sampai terserang stroke. Gaya hidup sehat bisa dimulai dari konsumsi makanan sehat dan rendah lemak. Selain itu ajaklah lansia tersebut untuk berolahraga secara rutin.

Sponsors Link

5. Cari Bantuan dari Berbagai Sumber

Banyak perawat lansia yang merasa kebingungan saat sedang merawat pasien lansia yang menderita lumpuh. Jika hal ini terjadi pada Anda maka sebaiknya segeralah mencari berbagai informasi yang bisa membantu Anda dalam merawat pasien lansia lumpuh.

Anda juga bisa mencari terapi yang sekiranya dapat membantu lansia dalam meningkatkan kualitas hidupnya dan membantu lansia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu carilah pula layanan perawat lansia yang akan membantu Anda dalam mencari solusi terbaik untuk merawat pasien lansia.

6. Merawat Diri Sendiri

Anda tentu sangat sibuk dalam merawat pasien lansia terlebih lagi lansia tersebut mengalami kelumpuhan hingga tak dapat melakukan aktivitas sehari-harinya dengan baik. Hal ini tentu akan sangat merepotkan hingga Anda menjadi lelah dan mungkin bahkan kurang istirahat.

Namun tetap saja sesibuk apapun Anda tetaplah melakukan perawatan terhadap diri sendiri. Anda perlu meluangkan waktu sejenak dan memiliki waktu khusus untuk diri Anda sendiri. Lakukan beberapa hal yang menyenangkan seperti misalnya melakukan hobi atau suatu kegiatan yang membuat Anda merasa segar kembali.

7. Meningkatkan Kesabaran

Merawat orang tua bukanlah hal yang mudah. Setiap orang tentu memahami hal tersebut. Terlebih lagi bila orang tua yang dirawat tersebut mengalami penyebab kelumpuhan mendadak sehingga Anda yang merawatnya memerlukan tenaga ekstra untuk selalu menjaganya agar terhindar dari jatuh ataupun kecelakaan di dalam rumah.

Dalam menghadapi situasi dan kondisi seperti ini maka Anda perlu meningkatkan kesabaran. Lakukan banyak hal yang bisa membantu Anda untuk menjaga kestabilan emosi. Selain itu milikilah waktu istirahat yang cukup agar emosi selalu terjaga dengan baik serta pikiran cenderung segar dan positif.

ads

8. Asah dan Tingkatkan Ketrampilan

Melakukan perawatan terhadap lansia bisa dilakukan tentunya dengan lebih mudah jika Anda memiliki keahlian atau ketrampilan yang memadai. Dengan memiliki keahlian dan ketrampilan khusus maka Anda tentu akan lebih percaya diri saat merawat lansia.

Tentu saja Anda bisa mengembangkan ketrampilan Anda tersebut dengan mencari pelatihan di berbagai sumber misalnya dari internet. Perkembangan teknologi yang canggih terutama dalam hal teknologi dan komunikasi serta informasi bisa dimanfaatkan untuk mencari bantuan dalam mengembangkan ketrampilan Anda sehingga merawat lansia yang lumpuh bisa dilakukan dengan lebih mudah.

9. Mencari Dukungan

Dalam melakukan perawatan terhadap lansia yang sedang menderita suatu jenis penyakit dan mengalami penyebab lumpuh setelah melahirkan maka tentu Anda membutuhkan adanya dukungan dari siapapun. Terlebih lagi dukungan dari orang-orang terdekat seperti misalnya keluarga dan kerabat atau teman dekat.

Anda juga tentunya membutuhkan dukungan secara khusus dari suatu kelompok yang memiliki visi yang sama dengan Anda.

Bahkan Anda bisa saja menggabungkan diri ke dalam suatu komunitas yang memiliki tujuan sama dengan Anda sehingga melalui komunitas tersebut Anda bisa mendapatkan dukungan sekaligus mendapatkan informasi serta solusi dalam menangani lansia yang lumpuh.

10. Humor dan Tertawa

Perasaan Anda sebagai perawat lansia juga tentu saja perlu diperhatikan. Lakukan berbagai hal yang menyenangkan dan carilah berbagai kejadian yang lucu baik melalui televisi atau apapun agar Anda tetap bisa tertawa. Humor akan membuat Anda tertawa sehingga Anda bisa melawan situasi dan perasaan yang sulit dalam kehidupan.

Beban berat akan terasa lebih ringan jika perasaan senang. Oleh karena itu jangan biarkan diri Anda larut dalam beban dan kesedihan.

Cara merawat lansia yang mengalami kelumpuhan seperti di atas diharapkan agar dapat membantu Anda dalam mengatasi kondisi tersebut. Dengan melakukan beberapa langkah dan upaya seperti yang telah dijabarkan di atas maka diharapkan agar Anda bisa semakin mudah dalam melakukan perawatan stroke ringan.

Tak lupa agar Anda selalu menjaga kebersihan diri dan mengajak pasien untuk ikut merawat kebersihan dirinya agar terhindar dari segala jenis penyakit.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan