Sponsors Link

12 Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit di Tulang Ekor Paling Aman

Sponsors Link

Cara menyembuhkan syaraf kejepit di tulang ekor bisa dilakukan dengan beberapa teknik atau metode. Sebaiknya konsultasikan pada dokter ahli mengenai jenis penyembuhan yang paling tepat untuk penderita. Adapun berikut ini  beberapa cara menyembuhkan syaraf kejepit di tulang ekor yang umumnya direkomendasikan oleh dokter.

ads

1. Konsumsi Obat-obatan

Obat merupakan cara yang dirasa paling manjur dan paling efektif untuk pasien dalam mengatasi gejala yang dialaminya. Untuk kasus syaraf kejepit ini maka obat akan diberikan oleh dokter pada pasien dengan tujuan untuk meredakan gejala nyeri yang dialaminya.

Misalnya saja dokter akan memberikan resep obat ibuprofen agar gejala nyeri yang dialami oleh pasien bisa mereda dan menjadi ringan. Penggunaan obat juga dianjurkan untuk disertai dengan berbagai kegiatan terapi agar pasien dapat sembuh dari efek operasi syaraf kejepit yang dialaminya. Terutama bila syaraf kejepit tersebut terjadi di bagian tulang ekor.

2. Kortikosteroid Oral

Kortikosteroid merupakan sejenis obat yang juga akan diresepkan oleh dokter pada pasien yang membutuhkannya. Untuk mengatasi syaraf kejepit maka bisa saja dokter memberikan kortikosteroid dalam bentuk oral. Dalam obat ini terkandung steroid yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gejala penyakit.

Misalnya saja untuk mengatasi rasa nyeri dan meredakan peradangan. Namun penggunaan obat jenis ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Obat jenis ini termasuk obat jenis berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi secara bebas.

3. Injeksi Steroid

Kortikosteroid yang berisi hormon steroid tidak hanya bisa dilakukan dengan metode oral saja. Namun steroid ini juga bisa dimasukkan ke dalam tubuh manusia dengan menggunakan metode injeksi. Metode injeksi steroid juga dipercaya bisa dilakukan untuk dilakukan bersamaan dengan terapi saraf kejepit yang terjadi di area tulang ekor sehingga pasien tidak merasakan sakit lagi.

4. Pemotongan Jaringan Parut

Syaraf kejepit baik yang terjadi di bagian tulang ekor maupun di bagian tubuh manapun bisa saja terjadi karena suatu hal. Diantaranya adalah adanya jaringan parut yang kemudian menekan syaraf sehingga syaraf menjadi terjepit.

Jika jaringan parut yang menekan syaraf ini terletak di area tulang ekor maka tulang ekor pasien akan terasa begitu nyeri. Untuk mengatasi kondisi ini maka pasien syaraf kejepit harus menjalani prosedur pengobatan. Misalnya saja dengan menjalani pembedahan dengan tujuan untuk mengambil jaringan parut pada tubuh tersebut.

5. Pemotongan Bagian Tulang

Syaraf kejepit tidak hanya terjadi jika syaraf tertekan oleh jaringan parut saja. Sebab syaraf kejepit bisa terjadi karena adanya faktor apapun seperti misalnya tulang yang keluar atau mengalami dislokasi. Jika tulang seseorang mengalami dislokasi atau keluar dari area yang seharusnya maka bisa saja keberadaan tulang ini menekan syaraf.

Akibatnya orang tersebut akan mengalami gangguan syaraf kejepit. Kondisi ini juga bisa terjadi pada bagian ekor. Tentu saja tulang harus diperbaiki dengan cara dipotong agar tidak menimbulkan rasa nyeri. Hal ini bisa menjadi pilihan cara menyembuhkan saraf kejepit di tulang ekor.

Sponsors Link

6. Pemotongan Material Cakram

Syaraf kejepit yang menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya juga bisa terjadi akibat adanya material cakram yang keluar dari tempatnya. Tentu saja kondisi ini akan menekan syaraf sehingga syaraf menjadi terjepit dan timbullah rasa sakit.

Kondisi ini juga perlu segera ditangani agar pasien tidak lagi merasakan nyeri yang berlebihan dan sakit berkepanjangan. Biasanya metode terakhir yang harus dijalani oleh pasien adalah metode pembedahan yang akan dilakukan dengan tujuan untuk memotong material cakram yang menjadi efek syaraf kejepit tersebut.

7. Berenang

Orang tentu berpikir bagaimana bisa berenang jika ia menderita suatu penyakit. Namun hal ini tidak berlaku bagi orang yang menderita syaraf kejepit. Pada dasarnya berenang dapat menyembuhkan penyakit syaraf kejepit pada pasien.

Berenang akan mengharuskan pasien untuk melakukan gerakan dengan menggunakan semua bagian tubuhnya. Berenang tentu menjadi olahraga terbaik karena melibatkan gerakan dari semua anggota tubuh. Di samping itu berenang juga bisa membuat kondisi pasien menjadi lebih rileks dari sebelumnya.

ads

8. Yoga

Untuk terapi lainnya yang bisa diikuti oleh pasien syaraf kejepit adalah yoga. Yoga dianggap mampu membuat berbagai gejala penyakit menjadi reda. Dalam hal ini termasuk pula penyakit syaraf kejepit di area atau bagian tubuh manapun. Namun gerakan yoga sudah tentu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Gerakan dilakukan berdasarkan kebutuhan orang yang melakukannya.

Untuk penderita syaraf kejepit di area tulang ekor tentu akan diberikan gerakan yoga tersendiri oleh instrukur yoga. Yoga dipercaya bisa memberikan hasil maksimal jika dilakukan dengan teknik yang benar dan dalam keadaan tenang dan rileks.

9. Terapi Fisik

Pasien penderita syaraf kejepit juga bisa menjalani terapi fisik untuk meringankan gejala yang timbul akibat penyakit yang dideritanya. Dalam terapi fisik akan diajarkan. Beberapa gerakan yang diberikan oleh terapis pada pasien cenderung mengarah pada kegiatan fisik atau olahraga.

Kegiatan yang dilakukan pasien bergantung pada tingkat keparahan dari syaraf kejepit yang dialaminya. Terapi fisik pada dasarnya juga berguna untuk memperkuat otot sekaligus untuk menjaga kebugaran tubuh pasien. Sebab terapi fisik ini sebenarnya sama dengan kegiatan olahraga.

10. Terapi Akupuntur

Akupuntur merupakan suatu cara atau metode pengobatan yang telah dikenal sejak lama dulu. Akupuntur menggunakan media jarum yang akan dimasukkan ke dalam beberapa titik pada tubuh pasien. Beberapa pasien syaraf kejepit lebih memercayakan pengobatan dengan metode akupuntur untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Dalam menjalani metode akupuntur perlu dipastikan bahwa media jarum yang digunakan haruslah bersih dan steril. Hal ini bertujuan agar pasien tidak sampai kemasukan bakteri dan selanjutnya menderita penyakit karena bakteri tersebut.

11. Terapi Laser

Penggunaan terapi laser untuk mengatasi gangguan syaraf kejepit sebenarnya merupakan metode baru. Tindakan ini hampir sama dengan operasi namun lebih mudah dan ringan. Bahkan pasien yang menjalaninya tidak perlu sampai menjalani rawat inap selama menjalani prosedur penyembuhan dengan metode laser tersebut.

Sebenarnya metode ini sering kali digunakan untuk cara menyembuhkan saraf kejepit di area punggung. Namun bila diperlukan tentu metode ini bisa diberikan pada pasien dengan lokasi syaraf kejepit di area manapun.

12. Operasi

Prosedur operasi merupakan tindakan dan jalan keluar terakhir yang harus dilakukan pada pasien syaraf kejepit. Tindakan ini akan dilakukan jika pemberian obat sudah tidak lagi berfungsi. Berbagai terapi yang diikuti pasien juga tidak memberikan hasil lagi.

Tindakan operasi akan dilakukan pada pasien di bagian atau area yang mengalami syaraf kejepit. Jika syaraf kejepit ini terjadi di bagian ekor maka akan dilakukan operasi atau pembedahan di area tulang ekor. Jenis operasi yang dilakukan pun juga berdasarkan area terjadinya macam-macam penyakit saraf dan tingkat keparahan.

Cara menyembuhkan syaraf kejepit di tulang ekor seperti tercantum di atas tentu akan memberikan hasil maksimal jika dilakukan dengan langkah tepat. Namun sebaiknya segala metode penyembuhan dilakukan di bawah pengawasan dokter. Sehingga hasilnya lebih optimal dan maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan