Sponsors Link

5 Cara Menyembuhkan Sakit Stroke Paling Efektif

Sponsors Link

Penyakit stroke sebagai salah satu dari macam-macam penyakit saraf harus segera diatasi dengan cara menyembuhkan sakit stroke yang benar dan tepat. Karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang mematikan jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu sebaiknya selalu pahami tentang cara penyembuhan penyakit tersebut yang paling tepat. Supaya di kemudian hari jika ada kerabat yang terkena serangan stroke maka sudah ada informasi yang tepat dan benar tentang cara penyembuhannya. Adapun berikut ini merupakan macam-macam cara menyembuhkan sakit stroke yang paling efektif terutama pada penderita stroke ringan di usia muda.

ads

1. Pengobatan Herbal

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyebab stroke di usia muda melalui obat-obatan herbal. Sebelum mengetahui apa saja jenis pengobatan herbal untuk penderita stroke, sebaiknya pahami lebih dulu kelebihan dan kekurangannya.

Pengobatan stroke secara herbal memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Mudah didapatkan karena berasal dari bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita.
  • Lebih murah karena proses produksinya cukup mudah dan tidak melalui proses yang sulit.
  • Tanpa efek samping yang berat karena berasal dari bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping lanjutan pada tubuh.

Namun jika menggunakan pengobatan herbal akan ada kelemahan sebagai berikut:

  • Hasil kesembuhan akan berjalan lama, tergantung tingkat pemulihan dan metabolisme masing-masing pasien. Karena bahan yang alami membuat proses kesembuhan menjadi secara alami juga.
  • Tetap ada resiko alergi pada penderita dengan riwayat alergi pada tumbuhan tertentu. Karena itu pada beberapa orang penggunaan obat herbal tidak dapat dilakukan.

Adapun bentuk pengobatan herbal umumnya berupa pengobatan sebagai berikut:

  • Dengan bawang putih tunggal yang dipercaya membawa zat anti oksidan dan antibiotik yang tinggi, sehingga dapat membantu kelancaran peredaran darah pada penderita stroke ringan.
  • Daun sambiloto juga dipercaya kaya akan kandungan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina penderita stroke sehingga bermanfaat maksimal untuk membantu mempercepat kelancaran pembuluh darah yang tersumbat.

2. Pengobatan Medis

Langkah berikut yang dapat dilakukan untuk membantu menyembuhkan penyakit gejala stroke ringan pada wajah yaitu dengan jalan melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan bantuan pengobatan secara medis. Umumnya ada beberapa kelemahan dan kelebihan juga saat menggunakan obat resep dari dokter. Kelebihan pengobatan medis yaitu sebagai berikut:

  • Proses penyembuhan yang relatif lebih cepat karena kandungan bahan kimia yang langsung berguna untuk mengatasi masalah atau penyakit.
  • Dosis sesuai dengan kebutuhan serta hanya digunakan dalam rentang waktu tertentu, sehingga tidak perlu pemakaian selama berlarut-larut.
Sponsors Link

Sedangkan kekurangan jika menggunakan pengobatan dengan resep dokter adalah sebagai berikut:

  • Kandungan bahan kimia di dalamnya tentu akan memberikan resiko serta efek samping yang berbeda pada setiap pemakainya. Terutama jika pada penderita dengan penyakit tertentu atau resiko alergi bahan kimia yang terkandung di dalam obat.
  • Proses pembuatan obat yang cukup sulit dan membutuhkan teknologi sehingga sebagian besara obat-obatan medis nilainya sangat mahal. Terutama jika memakai obat paten yang dipercaya lebih cepat proses kesembuhannya dibanding obat generik.

Adapun pengobatan secara medis biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat termasuk sebagai berikut:

  • Obat pengencer darah yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah supaya darah tidak terlalu kental dan tidak cenderung membentuk penyumbatan. Terutama jika banyak kandungan lemak dalam darah yang biasanya sebagai penyebab utama sumbatan pembuluh darah pada penderita stroke.
  • Penghancur lemak yang berfungsi untuk menaikkan metabolisme tubuh supaya proses pembakaran  dan pembentukan energi cukup tinggi dan menghindari terjadinya pembentukan lemak pada saluran peredaran darah.
  • Antibiotik, yang diberikan untuk mencegah radang dan infeksi lanjutan akibat penyakit stroke yang menjalar pada infeksi tubuh lainnya.

3. Terapi Alternatif

Menyembuhkan penyakit gejala awal penyakit stroke juga dapat dilakukan lewat beberapa macam terapi alternatif. Metode ini dipercaya dapat membawa kesembuhan pada penderita stroke secara alami. Biasanya terapi alternatif dapat berupa terapi sebagai berikut:

  • Akupuntur, yang telah terbukti sejak jaman dahulu kala dapat memperlancar proses peredaran darah pada pembuluh darah. Dengan rajin melakukan terapi akupuntur, maka sumbatan lemak dalam darah akan berangsur-angsur terurai. Sehingga penyakit stroke dapat mulai pulih dengan perlahan dan alami.
  • Pijat refleksi, metode ini juga telah lama dipergunakan untuk membantu mengembalikan kelancaran peredaran darah. Sehingga pembuluh darah yang tersumbat dapat pulih dan respon saraf otak pada gerakan otot dapat kembali normal seperti sedia kala.

4. Fisioterapi

Jika penyakit stroke menyebabkan kelumpuhan, maka biasanya dokter akan menyarankan penderita untuk melakukan fisioterapi. Terapi ini bertujuan untuk membantu penderita stroke supaya dapat melatih fungsi saraf otak dan motorik penderita. Sehingga gangguan saraf akibat sumbatan di pembuluh darah dapat diatasi dengan baik. Terutama jika penderita stroke mengalami kegagalan fungsi organ tubuh, misalnya lumpuh separuh badan. Dengan melakukan fisioterapi maka otot dan saraf tubuh akan dilatih untuk pulih secara perlahan. Yang paling penting pastikan agar fisioterapi dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman, supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses terapinya.

Sponsors Link

5. Merubah Gaya Hidup

Faktor ini merupakan salah satu faktor penting dalam memaksimalkan cara penanganan stroke ringan. Oleh sebab itu jika ingin berhasil sembuh sebaiknya lakukan hal-hal berikut sekaligus hindari beberapa hal negatif seperti misalnya:

  • Berhenti merokok, karena merokok hanya akan memperparah kondisi penyakit stroke. Dengan tetap merokok maka kandungan nikotin dan racun dalam darah bertambah. Akibatnya pembuluh darah bukan makin lancar namun makin berbahaya bagi tubuh.
  • Berhenti minum alkohol, karena kandungan alkohol lama kelamaan akan merusak sistem saraf otak. Oleh sebab itu dengan berhenti minum alkohol maka sistem saraf dan respon otak akan bekerja lebih baik. Sehingga penderita stroke akan cepat pulih dan tidak beresiko mengalami kelumpuhan.
  • Olah raga teratur karena hal tersebut membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Apabila metabolisme tubuh meningkat maka proses pembakaran lemak akan makin optimal. Hal ini tentunya akan membantu menghindari terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah penderita stroke.
  • Hindari stress, karena pikiran yang stress dapat beresiko mendatangkan stroke. Dengan berusaha berpikir tenang dan lebih relaks, maka penyakit saraf dapat dihindari dan kondisi penderita stroke juga dapat cepat pulih seperti sedia kala.
  • Makan makanan yang bergizi seperti misalnya buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral untuk kesembuhan tubuh. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak supaya tidak terjadi penumpukan lemak kembali di dalam pembuluh darah.

Demikian beberapa cara menyembuhkan sakit stroke yang paling efektif. Dari seluruh cara yang ada, yang terpenting yaitu pilih metode yang paling cocok dengan kondisi penderita stroke. Sebaiknya pertimbangkan lebih dahulu baik buruk serta kelebihan dan kekurangannya. Sehingga penderita dapat cepat sembuh dan tidak mengalami efek samping lanjutan yang berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke