Sponsors Link

8 Cara Mengobati Stroke Ringan Pada Wajah Mulai Dari Tindakan Medis Hingga Alternatif

Sponsors Link

Pada beberapa penderita gejala stroke ringan, terutama jika hal tersebut menyerang di area sekitar wajah seperti mata dan mulut, tentu ingin tahu bagaimana cara mengobati stroke ringan pada wajah. Umumnya memang hal ini terjadi sebagai tahapan awal seseorang saat terserang stroke ringan.

ads

Salah satu area yang paling rentan terserang yaitu bagian di seputar wajah seperti misalnya di mata dan bibir. Dimulai dari gejala yang kecil seperti kedutan hingga terjadi serangan stroke dan mengakibatkan posisi wajah tidak lagi asimetris.

Bilamana hal ini terjadi, tentu yang paling tepat mengupayakan agar kondisi tersebut bisa segera dipulihkan. Apalagi jika masih dalam tahap awal dan tidak bersifat permanen. Bila dilakukan langkah yang tepat, maka tentunya kondisi kesehatan membaik serta akibat stroke bisa dikembalikan menjadi normal seperti semula.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa cara mengobati stroke ringan pada wajah yang bisa dilakukan pada para penderitanya.

1. Konsultasi Medis

Bila terjadi gejala stroke ringan, hal paling penting pertama untuk dilakukan yaitu segera berkonsultasi pada tenaga medis yang ahlinya. Umumnya kunjungi dokter spesialis syaraf dan mintalah informasi pengobatan yang tepat. Hal ini karena pengobatan medis memiliki efek yang jauh lebih cepat untuk memulihkan kondisi kesehatan seseorang.

Sehingga sangat tepat jika dimulai dengan pengobatan yang bersifat medis terlebih dahulu. Dengan demikian kondisi stroke ringan bisa segera dipulihkan dengan melancarkan peredaran darah di area yang terserang faktor penyebab stroke tersebut.

Oleh sebab itu sebaiknya segera bertemu dengan tenaga kesehatan yang ahli di bidang tersebut untuk memperoleh resep pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan taraf tingkatan penyakit stroke yang dialami penderita.

2. Pengobatan Medis

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa pengobatan medis merupakan langkah tepat untuk dilakukan di awal supaya kondisi penderita bisa segera pulih dengan cepat. Untuk memberikan hasil yang relatif cepat dalam memperbaiki serta memulihkan kondisi wajah yang terserang stroke.

Umumnya dalam jangka waktu yang relatif singkat bisa dilihat perubahan dan kesembuhan yang terjadi. Beberapa macam pengobatan medis ini memang sangat banyak ragamnya. Mulai dari obat minum berupa kapsul dan tablet, hingga suntikan untuk mempercepat kelancaran peredaran darah di wajah.

Namun demikian pengobatan medis memiliki resiko dan efek samping yang terkadang tidak sesuai. Oleh sebab itu untuk jangka panjang sebaiknya gunakan pengganti obat medis dengan jalan alternatif lainnya.

3. Terapi Wajah

Penderita stroke ringan di seputar wajah umumnya akan mengalami efek seperti wajah yang miring dan tidak asimetris. Oleh sebab itu perlu dilakukan terapi wajah bersamaan dengan pengobatan medis maupun herbal untuk melemaskan otot wajah serta peredaran darah di seputar pembuluh darah wajah.

Dengan demikian maka lambat laun wajah yang mengalami efek samping stroke ringan tersebut bisa berangsur0angsur pulih kembali. Hal ini bisa terjadi dalam waktu singkat namun bisa juga cukup lambat. Tergantung dari kondisi para penderita dan seberapa besar efeknya pada wajah penderita tersebut.

Sponsors Link

4. Terapi Bicara

Terapi berikutnya yang cukup penting sebagai cara mengobati stroke ringan di wajah yaitu melalui terapi bicara. Umumnya para penderita gejala stroke ringan pada wajah ini akan mengalami kesulitan bicara dan mengalami kondisi asimetris di seputar bibir. Dengan terapi bicara umumnya hal ini bisa diatasi lebih baik dan bisa segera dipulihkan dalam jangka waktu yang cukup singkat.

Oleh sebab itu sebaiknya jadwalkan secara teratur seperti misalnya sekali atau dua kali dalam seminggu untuk memaksimalkan kemampuan penderita dalam mengembalikan kemampuan bicaranya. Sebaiknya lakukan pada orang yang ahli untuk hasil yang jauh lebih maksimal dan berhasil.

5. Tusuk Jarum

Salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk mengobati kondisi stroke ringan yaitu dengan rajin melakukan akupuntur atau biasa disebut juga dengan istilah tusuk jarum. Melalui aktifitas ini maka peredaran pembuluh darah penderita bisa jauh lebih lancar.

Oleh sebab itu bisa dilakukan pengobatan tusuk jarum selama beberapa bulan hingga terlihat perubahan pada area seputar wajah yang terserang stroke. Sebaiknya lakukan pada praktisi yang berpengalaman untuk menghindari resiko terjadi efek samping yang berbahaya atau tidak diinginkan.

Karena saat ini ada banyak yang membuka praktek akupuntur tersebut namun tidak benar-benar ahli di bidangnya. Sehingga akhirnya penderita tidak bisa sembuh secara maksimal dengan cepat.

ads

6. Pijat Refleksi

Selanjutnya bisa pula dengan jalan memilih alternatif pijat refleksi. Teknik yang sudah dilakukan sejak lama ini dipercaya juga bisa membawa hasil yang maksimal. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mencoba praktek pijat ini bersamaan dengan konsumsi obat yang diresepkan dari dokter.

Melalui pijat refleksi diharapkan kondisi peredaran darah di wajah bisa berjalan maksimal sehingga kondisi stroke yang diderita bisa cepat dipulihkan. Sebagai salah satu cara menghilangkan stroke ringan, pijat refleksi ini termasuk cara yang banyak disukai orang.

7. Hidup Sehat

Hal lain yang bisa membantu mempercepat pemulihan yaitu dengan jalan mengubah kebiasaan hidup menjadi hidup yang jauh lebih sehat dan baik. Ada banyak hal mudah yang bisa dilakukan dalam menciptakan kebiasaan hidup sehat sehari-hari. Mulai dengan olah raga kecil secara teratur setiap harinya. Ambil waktu 30 menit untuk jalan sehat memutari perumahan.

Atau bisa juga dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Hindari makanan berlemak dan perkaya menu yang mengandung serat seperti buah dan sayuran. Dengan solusi hidup sehat maka tentunya resiko terserang stroke ringan juga bisa dihindari lebih lanjut.

8. Konsumsi Obat Herbal

Pengobatan lain yang tak kalah baik untuk dicoba yaitu menggunakan obat herbal. Namun sebaiknya lakukan setelah resep dokter habis, berikan sedikit jeda beberapa hari kemudian baru mulailah pengobatan menggunakan konsumsi obat herbal.

Walaupun pada akhirnya pengobatan herbal tidak memberikan efek samping yang berbahaya, namun pengobatan ini berjalan lambat dalam hal memulihkan kondisi penderita.

Oleh sebab itu obat herbal paling sesuai jika diberikan setelah pengobatan medis selesai untuk memberikan hasil yang lebih baik namun dengan efek samping yang jauh lebih minim dibandingkan pengobatan dengan resep dokter yang bersifat medis.

Itulah beberapa cara mengobati stroke ringan pada wajah yang bisa coba diberikan pada penderita stroke tersebut. Yang paling tepat sebaiknya mulai dengan konsultasi pada dokter yang ahli menangani hal tersebut. Sehingga dapat segera diberikan resep yang sesuai kondisi pasien.

Apabila ingin menggunakan obat herbal, tunggulah hingga obat yang diresepkan bereaksi dan kemudian berhenti melakukan pengobatan medis dan barulah berganti ke pengobatan herbal. Sehingga dengan demikian penyakit ciri-ciri orang terkena stroke ringan yang diderita dapat segera dipulihkan dan wajah juga bisa terlihat kembali normal. Sehingga dengan demikian penderita dapat merasa percaya diri kembali dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke