Sponsors Link

7 Cara Mengobati Stroke Mata Paling Ampuh

Sponsors Link

Stroke bisa terjadi bukan hanya pada otak, tetapi juga bisa terjadi pada mata. Istilah “Stroke Mata” dipakai untuk penyakit stroke pada mata. Biasanya penyebab stroke mata terjadi pada orang di usia lanjut (tua) tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada orang yang masih muda. Stroke mata termasuk penyakit berbahaya karena menyerang saraf mata sehingga menyebabkan kebutaan. Karena itu cara mengobati stroke mata yang benar diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan stroke.

ads

Stroke mata adalah penyakit dimana terjadi sumbatan tiba-tiba pada pembuluh darah di retina. Hal ini terjadi di pembuluh darah arteri retina dan pembuluh darah vena retina. Adapun pembuluh darah arteri adalah pembuluh yang mengalirkan darah dari jantung dan pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Berdasarkan beberapa penelitian, pembuluh darah arteri retina lebih sering tersumbat daripada pembuluh vena retina . Berikut ini beberapa cara mengobati stroke mata yang dapat dilakukan:

1. Terapi pemijatan bola mata.

Terapi ini dilakukan untuk menurunkan tekanan pada bola mata. Pemijatan pada terapi ini dilakukan dengan cara lembut dan harus berhati-hati agar tidak timbul efek samping yang lebih parah. Karena itu sebaiknya gunakan terapis yang berpengalaman supaya tidak terjadi efek yang tidak diinginkan.

2. Metode penyobekan bola mata.

Metode ini merupakan operasi kecil untuk mengeluarkan sebagian cairan. Terutama yaitu sumbatan lemak yang mengganggu fungsi otot mata. Sebaiknya pertimbangkan tindakan ini karena dapat beresiko tinggi.

3. Pemberian obat.

Biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat untuk melebarkan pembuluh darah retina dan penghancur darah yang beku. Metode ini biasanya dilakukan dalam waktu dua sampai dua belas jam setelah gejala timbul. Obat mempercepat meredakan tanda dan gejala stroke.

4. Metode laser.

Metode ini untuk mencegah proses progresif dimana kebutaan adalah kemungkinan fatal yang dapat terjadi jika tidak ada penanganan. Metode ini paling banyak digunakan oleh para pasien penyakit stroke mata. Pelaksanaan metode ini terbilang cepat karena hanya membutuhkan waktu sepuluh sampai lima belas menit saja.

5. Konsumsi makanan sehat

Cara mengobati stroke mata selanjutnya yaitu dengan makan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Hindari makanan penyebab stroke karena umumnya mengandung banyak lemak dan berkolesterol tinggi. Karena stroke mata yang sudah sembuh sangat mungkin untuk kambuh jika pola hidup sehat tidak dijalankan setiap harinya.

Sponsors Link

6. Olahraga

Selanjutnya biasakan untuk berolah raga seminggu satu atau dua kali secara rutin. Hal ini membantu lemak untuk dikonversikan menjadi energi. Sehingga tubuh menjadi sehat dan pembuluh darah terbebas dari kandungan lemak yang tersimpan dari makanan.

7. Gaya Hidup Sehat

Terapkan gaya hidup sehat seperti tidak merokok atau berusaha menenangkan pikiran. Merokok memicu stroke menjadi makin parah karena racun dari nikotin. Sedangkan stress membuat saraf  bekerja lebih berat dari pada biasanya. Oleh sebab itu terapkan pola hidup yang benar supaya dapat terhindar dari penyakit stroke.

Stroke mata bukan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, asalkan belum melewati kerusakan permanen pada mata. Beberapa cara mengobati stroke mata di atas dilakukan untuk penyembuhan dan pengobatan penyakit stroke mata. Dari penjelasan di atas, semakin cepat penanganan stroke pertama kali dilakukan semenjak gejala stroke mata timbul, semakin terhindarkan kerusakan retina mata yang lebih parah. Jika stroke mata sudah berhasil tertangani, langkah selanjutnya harus diperhatikan juga. Pola hidup sehat, pola makan sehat harus diterapkan sedini mungkin agar stroke mata tidak terjadi lagi.

, ,
Oleh :
Kategori : Stroke