Sponsors Link

12 Cara Mengobati Penyakit Parkinson Secara Alami Yang Paling Efektif

Sponsors Link

Dalam dunia medis, ada banyak macam-macam penyakit saraf  dan salah satu penyakit saraf yang cukup menyita perhatian dunia adalah parkinson. Bagi kalian yang belum mengenal parkinson berikut penjelasannya: Parkinson adalah penyakit yang diakibatkan oleh kerusakan sel-sel saraf di bagian otak dan berdampak pada sistem pergerakan tubuh. Oleh karena itu, penderita parkinson akan merasa kesulitan untuk mengendalikan gerakan yang terjadi di salah satu bagian tubuhnya. Pada umumnya gejala parkinson yang dapat disaksikan adalah gemetar pada satu tangan.

ads

Parkinson dan epilepsi sering dianggap sama oleh masyarakat awam karena adanya kemiripan gejala yang ditimbulkan oleh kedua penyakit tersebut. Padahal menurut ahli saraf, kedua penyakit sangatlah berbeda. Gejala yang muncul akibat parkinson itu biasanya terjadi pada bagian tangan atau kaki sedangan mekanisme terjadinya epilepsi adalah kejang-kejang pada seluruh bagian tubuh.

Menurut beberapa sumber, penyakit parkinson tidak dapat disembuhkan secara total. Walau demikian, terdapat beberapa cara untuk mengobati penyakit parkinson baik secara medis maupun alami. Adapun tujuannya adalah untuk meringankan gejala-gejala parkinson pada si penderita. Dan, kali ini saya akan memberikan 6 cara mengobati penyakit parkinson secara alami, sebagai berikut:

1. Rutin Meminum Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang kaya akan antioksidan. Hal itu dikarenakan adanya komponen utama yang disebut katekin yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Nah, antioksidan ini rupanya cukup berperan dalam mengeliminasi radikal bebas penyebab stress oksidatif. Stress oksidatif sendiri sering dikaitkan dengan proses terjadinya parkinson.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan yang datang dari Georgia Health Science University, menurut mereka antioksidan dipercaya mampu mencegah perkembangan penyakit parkinson karena antioksidan mampu mencegah stress oksidatif berlebihan yang biasa dialami oleh penderita parkinson.

Maka dari itu, dengan meminum teh hijau secara rutin maka kandungan antioksidan didalamnya akan membantu meringankan bahkan mencegah perkembangan gejala-gejala pada penderita parkinson.

2. Biasakan Mengkonsumsi Herbal Kunyit

Sebagai salah satu tanaman obat untuk stroke, kunyit juga merupakan tanaman yang cocok untuk parkinson. Herbal kunyit adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengobati parkinson secara alami. Kandungan senyawa kurkumin yang terdapat dalam kunyit sangat berguna bagi penderita parkinson. Menurut seorang peneliti yang berasal dari Michigan State University bernama Basir Ahmad, senyawa kurkumin mampu melawan penyakit parkinson dengan menganggu protein yang merupakan salah satu faktor terjadinya parkinson dan kemudian mencegah terbentuknya protein tersebut.

3. Memakan Bayam

Salah satu gejala yang disebabkan oleh parkinson adalah terganggunya daya ingat. Adapun cara terbaik untuk mengatasi gejala tersebut adalah memakan bayam. Bayam mengandung vitamin K yang sangat cocok untuk meningkatkan kesehatan otak serta mampu memperbaiki daya ingat penderita parkinson. Namun jangan lupa mencuci bayam sebelum dikonsumsi karena takutnya bayam telah tercemar pestisida atau racun yang akan berakibat fatal untuk penderita parkinson.

4. Memakan Buah Apel

Buah untuk penderita epilepsi dan parkinson adalah buah apel. Selain rasanya yang enak, ternyata apel juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati parkinson. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur maka gejala parkinson bisa teratasi. Cara mengkonsumsinya tergantung dari anda, bisa secara langsung atau bisa juga diolah menjadi jus agar lebih enak.

Sponsors Link

5. Meminum Kopi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Montreal’s Mcgill Univeristy, kafein yang terkandung di dalam kopi ternyata bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi penderita parkinson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kafein adalah salah satu cara mengurangi tremor dan mengatasi kekakuan otot pada penderita. Hal itu terjadi karena kafein mampu menghambat signal-signal yang merusak di otak penderita.

Selain itu, terdapat fakta menarik tentang orang yang rutin meminum kopi memiliki resiko yang lebih kecil untuk terserang parkinson dibanding dengan yang tidak meminum kopi secara rutin.

6. Mengkonsumsi Sarang Semut

Sarang semut yang dimaksud bukanlah sarangnya si semut, melainkan sarang semut di sini adalah obat herbal. Warnanya hitam kecoklatan dan bentuknya menyerupai sarang lebah namun teksturnya lebih padat. Obat herbal ini merupakan obat yang paling ampuh dalam mengobati penyakit parkinson. Adapun cara untuk mengkonsumsinya adalah dengan direbus terlebih dahulu lalu minum airnya setelah dingin. Meskipun khasiatnya tergolong mujarab, sayangnya sarang semut jarang juga tergolong langka dan sulit untuk ditemukan.

Nah, itulah 6 cara mengobati penyakit parkinson secara alami yang paling efektif untuk anda sekalian. Sebelum kita menyudahi bacaan ini, alangkah lebih baik jika kita juga tahu kiat pencegahan penyakit parkinson, sebagai berikut:

  • Konsumsi makanan serta minuman sehat dan bergizi secara teratur.
  • Melakukan aktifitas fisik dengan rutin.
  • Biasakan untuk berisitirahat yang cukup.
  • Hindari segala sesuatu yang bisa membuat anda merasa stress.
  • Selalu berhati-hati agar terhindar dari cedera kepala dan pendarahan otak akibat kecelakaan.
  • Rajinlah berdoa dan mengingat kepada tuhan yang maha esa.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua. Thank you!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan