Sponsors Link

5 Cara Mengobati Migrain Dengan Memijat Paling Cepat Sembuh dan Ampuh

Sponsors Link

Cara mengobati migrain dengan memijat merupakan salah satu jenis terapi yang populer. Adapun gejala migrain sendiri merupakan rasa sakit yang dirasakan oleh kepala di bagian tertentu. Migraine pada kepala selain membuat sakit berdenyut-denyut, sakit jenis ini juga dapat menyebabkan mual, muntah, hingga tidak bisa menerima cahaya terang yang masuk ke mata atau suara keras terus-menerus.

ads

Jika mengalami migraine, terkadang sang penderita tidak bisa melakukan aktifitas secara normal hingga penyakitnya hilang. Sebagai contohnya, di saat mengendarai motor atau mobil dan tiba-tiba migraine datang, kemampuan tubuh untuk focus melihat jalan raya menjadi berkurang sangat banyak dan jika diteruskan dapat menyebabkan kecelakaan.

Hal ini tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga dapat membahayakan dan merugikan orang lain. Berikut ini beberapa cara mengobati migrain dengan memijat paling ampuh yang dijamin dapat segera pulih.

1. Cara Pijat Pertama

Cara mengobati sakit kepala akibat migrain yang pertama adalah dengan memijat bagian pinggir kepala sejajar dengan mata. Dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk untuk memijat daerah pinggir mata sebelah kanan dan sebelah kiri secara perlahan-lahan selama sekitar 10 detik dapat mengurangi rasa sakit kepala akibat migrain. Cara ini dapat dilakukan selama 3 hingga 4 kali pada bagian yang sama.

Cara memijat menggunakan jari tengah dan jari telunjuk ini adalah dengan gerakan memutar-mutar secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan rasa sakit. Memijat dengan menggunakan minyak kayu putih membantu memberikan rasa nyaman bagian yang dipijat.

Pemijatan yang merata dan berkala kadang dibutuhkan untuk mengatasi migrain kambuhan datang kembali. Setelah memijat bagian tersebut, ada baiknya beristirahat sejenak dan tidak bekerja dalam beberapa menit agar mata yang lelah dapat beristirahat.

2. Cara Pijat Kedua

Cara pijat kedua adalah dengan memijat menggunakan dua ibu jari secara bersamaan memijat bagian bawah alis. Dengan menekan kepala bagian bawah alis menuju ke atas hingga dahi, maka otot-otot bagian mata serasa meregang dan lebih rileks. Lakukan pemijatan ini selama 10 hingga 20 detik secara terus menerus hingga mata dan otot bagian mata rileks.

Pemijatan ini memberikan efek Tarik pada otot di sekitar kelopak mata dan mengurangi efek sakit pada migraine. Untuk menambah rasa nyaman saat pemijatan berlangsung, teknik pernafasan sederhana dapat dilakukan. Tarik nafas dalam-dalam dan menghembuskan kembali saat tarikan otot dilepaskan. Lakukan cara pernafasan yang seperti itu dengan teratur sembari memijat kepala dapat mengurangi sakit kepala yang cukup keras.

Agar migraine tidak kembali datang pada hari yang sama, perlu dilakukan istirahat di kantor ataupun di mana saja dengan cara tidak memandang secara focus. Ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada pada kepala akibat otot mata yang dipaksakan bekerja melebihi batas toleransi.

Sponsors Link

3. Cara Pijat Ketiga

Cara pijat ketiga adalah dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Telapak tangan bagian pangkal merupakan area yang empuk namun mampu membuat tekanan yang cukup berat dibanding dengan menggunakan jari. Migrain yang biasa terjadi pada bagian depan kepala atau lebih tepatnya di daerah dahi dapat dipijat menggunakan pangkal telapak tangan.

Dengan memberi tekanan dan melakukan gerakan dari bawah ke atas secara berkala dalam kurun waktu 10 hingga 20 detik, rasa sakit berdenyut pada bagian dahi akan terasa berkurang. Penyebab migrain yang menyebabkan rasa pusing kuat pada kepala dapat dikurangi dengan cara menekan dahi dengan pangkal tangan hingga rasa sakitnya menghilang untuk sementara waktu.

Mata merupakan salah satu penyebab sakitnya migrain. Mengistirahatkan mata sembari pemijatan kepala berlangsung sangat dianjurkan kepada para pasien migrain. Mengistirahatkan mata dapat dilakukan dengan cara memejamkan kedua mata dan menjauhi sumber cahaya. Pemberian obat migraine yang sudah disediakan di apotek atau pun di supermarket terdekat dapat dilakukan jika pengobatan dengan cara memijat masih dirasa kurang memberikan efek pada kepala.

4. Cara Pijat Keempat

Cara pijat keempat dapat dilakukan dengan menggunakan 2 jari bersamaan dengan posisi mau menjepit sesuatu. Memijat bagian pelipis merupakan cara yang paling efektif untuk meredakan rasa nyeri saat migraine melanda. Dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk secara bersamaan dengan posisi mau menjepit lakukan pemijatan ke area pelipis secara perlahan-lahan.

Lakukan pijatan sekitar 10 detik pada kedua sisi pelipis menggunakan jari tangan kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Pemijatan secara terus menerus dapat menimbulkan rasa nyaman pada bagian depan kepala dan memberikan relaksasi sehingga rasa sakit migrain akan berkurang hingga hilang.

ads

Penggunaan minyak pijat atau minyak kayu putih lebih baik tidak dilakukan karena penggunaan di minyak di atas kepala dapat menyebabkan minyak masuk ke dalam mata dan memberikan efek negatif pada mata. Untuk membantu penyembuhan, penggunaan obat sakit kepala sebagai langkah pengobatan migrain dapat dilakukan dengan dosis yang secukupnya atau beristirahat dengan tiduran di tempat tidur atau sofa yang nyaman.

Terkadang, penggunaan mata dalam waktu lama di depan computer atau laptop dapat menyebabkan rasa sakit kepal datang. Untuk itu, ada baiknya mengistirahatkan mata sejenak setiap bekerja selama 2 jam.

5. Cara Pijat Kelima

Jika sakit kepala migrain terjadi di bagian depan kepala atau dahi, maka pemijatan yang satu ini merupakan pemijatan untuk memberikan tekanan pada bagian yang sakit. Pemijatan dengan menggunakan jari telunjuk kanan dan kiri untuk melakukan penekanan dan pemijatan dari area tengah pelipis mampu menghilangkan rasa sakit migraine seketika.

Pemijatan ini memang perlu menggunakan sedikit tenaga agar rasa sakit kepala akibat migraine dapat menarik otot-otot bagian depan kepala secara perlahan namun pasti. Karena penggunaan minyak urut atau minyak kayu putih dapat menyebabkan minyak masuk ke dalam mata, penggunaan saleb urut dapat dilakukan sebagai pengganti. Saleb urut biasanya memberikan rasa hangat setelah pemijatan selesai dilakukan.

Saleb urut sebaiknya tidak menggunakan saleb urut pedas karena dapat mengganggu karena rasa panas yang cukup terasa pada bagian wajah. Saleb urut yang ringan tetap dapat memberikan efek pereda rasa sakit dengan menggantinya dengan rasa hangat.

Cara mengobati migrain dengan memijat kepala memang cukup memberikan rasa nyaman bagi penderita migrain, namun untuk dapat melakukan aktifitas secara normal, sebaiknya beristirahat sejenak hingga macam-macam penyakit saraf termasuk sakit kepala migrain hilang sepenuhnya.

Sakit kepala yang masih berkepanjangan sebaiknya dilakukan tindakan yang lebih serius seperti berkonsultasi ke dokter. Migrain tidak selalu menjadi penyakit ringan. Migrain yang tidak reda dapat diakibatkan penyakit bagian kepala yang berhubungan dengan syaraf kepala.

Untuk memastikan apakah migrain yang diderita merupakan gejala penyakit sakit kepala ringan atau dikarenakan penyakit yang lebih serius, pemeriksaan secara berkala ke dokter atau dilakukan MRI perlu dilakukan jika dibutuhkan. Oleh sebab itu sebaiknya tetap waspada pada gejala-gejala penyakit ringan seperti migrain atau sakit kepala di bagian tertentu secara terus menerus.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Migrain