Sponsors Link

9 Cara Mengobati Meningitis Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Saat mengalami penyakit meningitis, maka hal pertama yang akan diusahakan tentunya adalah cara mengobati meningitis. Ini merupakan poin penting yang umumnya akan diupayakan supaya penyakit segera sembuh dan tidak membawa pada komplikasi penyakit lain yang lebih parah. Terutama karena efek penyakit ini cukup berbahaya bagi kesehatan fungsi otak dan tubuh. Tidak hanya dapat menimbulkan kelumpuhan, penyakit meningitis juga dapat menimbulkan kematian seketika.

ads

Sekalipun kasus terjadinya gejala awal meningitis cukup besar, tidak banyak yang paham mengenai mekanisme terjadinya penyakit ini dengan tepat. Termasuk cara mengobati yang sesuai untuk memperoleh kesembuhan yang cepat. Hal ini sangat wajar, mengingat tidak tersedia informasi akurat secara bebas yang mudah didapatkan baik di media maupun sumber informasi lainnya.

Pihak dinas kesehatan tampaknya juga kurang maksimal dalam memberikan informasi seputar penyakit meningitis. Oleh sebab itu, sebagai salah satu upaya mengatasi keterbatasan informasi tersebut, artikel berikut ini akan membahas tentang cara mengobati meningitis yang paling tepat. Baik secara alami maupun secara medis beserta kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Pengobatan Alami

Ada beberapa cara pengobatan alami untuk mengatasi penyakit ini. Biasanya cara pengobatan alami tersebut dengan jalan sebagai berikut:

  • Memperbanyak minum air putih

Karena penyakit meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus yang dapat disembuhkan secara alami dengan kandungan cairan yang tinggi dalam tubuh. Air putih yang maksimal akan membantu melarutkan virus atau bakteri di tubuh dan dibuang melalui air seni. Sehingga memperbanyak konsumsi air putih akan membantu mempercepat kesembuhan penyakit.

  • Memberikan makanan bernutrisi tinggi

Seperti misalnya yang kaya akan kandungan protein, vitamin dan mineral. Yang pasti usahakan agar menu makan penderita tetap seimbang. Supaya tidak timbul penyakit lain seperti gejala diabetes ataupun gejala awal stroke. Sebisa mungkin berikan makanan yang sehat.

  • Menggunakan obat-obatan herbal

Menggunakan obat-obatan herbal yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit secara alami. Misalnya dengan rajin mengkonsumsi ekstrak kulit manggis atau dengan konsumsi habbatussauda. Ada berbagai obat herbal yang dapat membantu mempercepat pemulihan meningitis. Sebaiknya terapkan yang paling cocok.

  • Istirahat teratur

Karena umunya virus ataupun bakteri dapat disembuhkan dengan sendirinya. Hanya saja yang diperlukan yaitu peningkatan daya tahan tubuh, salah satunya dengan banyak istirahat.

Sponsors Link

Melakukan pengobatan secara alami memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan tersendiri. Umumnya jika memakai obat alami atau herbal maka kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  • Lebih mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari karena umumnya obat alami atau herbal terdapat di sekitar kita atau mudah dijual di toko maupun supermarket.
  • Bahan alami memiliki kemungkinan efek samping yang sangat kecil. Sehingga jika digunakan dalam jangka panjang tentunya tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh. Penderita tidak perlu khawatir akan resiko overdosis karena hal yang demikian tidak terdapat pada sistem pengobatan yang alami.
  • Umumnya biaya yang dikeluarkan untuk terapi obat alami lebih murah karena bahan dasarnya tersedia di lingkungan sekitar. Bahkan seringkali obat alami ini bisa didapat dengan menanam tanaman herbal sendiri di pekarangan belakang rumah.

Selain kelebihan di atas, memakai obat alami juga mampunyai beberapa kekurangan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Obat alami membutuhkan proses yang lebih lama dalam menyembuhkan virus penyebab meningitis. Oleh sebab itu jika memilih untuk melakukan pengobatan secara alami dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam melakukan hal tersebut. Sehingga tentu waktu yang diperlukan untuk melakukan terapi pengobatan akan jauh lebih lama.
  • Memakai obat herbal adakalanya beresiko menimbulkan gejala alergi pada tubuh, seperti misalnya gatal ataupun ruam pada tubuh. Karena itu coba dahulu selama satu hingga dua hari. Jika timbul gejala alergi sebaiknya jangan diteruskan. Jika tidak, maka bisa jadi pengobatan tersebut cocok untuk dilakukan.
    ads

Pengobatan Medis

Selain pengobatan alami yang telah disebutkan, penyakit infeksi otak ini juga dapat disembuhkan melalui obat-obatan medis sesuai resep dokter. Biasanya penderita gejala meningitis ini akan diberikan obat berupa:

  • Penurun demam

Seperti misalnya parasetamol atau ibuprofen, yang dapat bekerja mengembalikan suhu badan tubuh supaya normal. Selain itu ibuprofen biasanya juga bermanfaat meredakan rasa sakit di kepala yang timbul akibat penyakit ini.

  • Pada beberapa kasus meningitis yang berat

Maka biasanya dokter akan memberikan resep berupa antibiotik baik yang generik maupun paten untuk membantu mengatasi penyakit dengan segera dan mencegah komplikasi penyakit lainnya.

  • Terapi Infus

Jika penderita tidak sadarkan diri dan mengalami dehidrasi akibat demam tinggi, umumnya penderita akan dirawat di rumah sakit dan perlu untuk diberikan terapi berupa infus. Sehingga cairan dalam tubuh kembali normal dan demam akibat ciri-ciri meningitis pada orang dewasa dapat segera reda.

  • Obat Pereda Nyeri

Beberapa obat pereda nyeri atau sakit kepala seperti aspirin dapat juga diberikan. Sehingga keluhan tiba-tiba nyeri pada otak dapat diatasi melalui pemberian obat tersebut.

  • Pemberian multivitamin

Pemberian multivitamin seperti misalnya vitamin B kompleks atau vitamin C dosis tinggi yang bermanfaat untuk memperbaiki daya tahan tubuh supaya cepat sembuh.

Bila melakukan pengobatan secara medis juga mengalami beberapa kekurangan dan kelebihan juga. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan dalam menggunakan pengobatan medis:

  • Lebih efektif karena umumnya pengobatan medis bertujuan segera mengatasi masalah di pusat penyakit yang diderita. Otomatis dengan menggunakan pengobatan medis umumnya kesembuhan akan dapat lebih cepat tercapai.
  • Pengobatan medis mudah didapatkan di toko obat maupun apotik. Karena umumnya dokter akan memberikan resep pengobatan yang banyak tersedia di pasaran.

Selain memiliki kelebihan, tentu pengobatan ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kekurangan dari penggunaan obat-obatan medis dalam menyembuhkan penyakit meningitis:

  • Pengobatan medis bahan dasarnya terbuat dari bahan-bahan kimia yang dibuat melalui proses produksi di pabrik. Oleh sebab itu ada resiko terjadinya efek samping yang dapat berbahaya bagi kondisi kesehatan penderita. Seperti contohnya dapat menimbulkan resiko mual, muntah, gangguan tidur dan lain sebagainya.
  • Menggunakan obat medis harus benar-benar sesuai resep dokter dan jangan sampai menggandakan dosis. Hal ini karena jika terjadi resiko over dosis maka dapat berbahaya bagi kesehatan. Bukannya kesembuhan namun penderita akan beresiko mengalami muntah berat, kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.
  • Obat medis membutuhkan proses produksi yang tidak mudah, karena itu umumnya obat ini harganya cukup mahal. Terutama jika menggunakan obat paten, maka secara otomatis karena bahan bakunya tidak mudah, harga yang diperlukan untuk menebusnya cukup tinggi.

Demikian beberapa cara mengobati meningitis yang paling efektif. Dengan melakukan terapi pengobatan seperti yang telah disebutkan di atas, diharapkan kondisi penderita faktor penyebab meningitis akan lebih baik. Sehingga penyakit dapat segera dipulihkan dan tidak berimbas pada efek lain penyakit yang lebih parah. Yang paling utama diharapkan yaitu dengan pengobatan yang tepat, maka penderita dapat kembali normal seperti semula dan siap melakukan aktivitas sehari-hari kembali dengan baik.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Meningitis