Sponsors Link

7 Cara Mengobati Gegar Otak Ringan Secara Medis Maupun Herbal

Sponsors Link

Sangat penting bagi masyarakat awam untuk memahami cara mengobati gegar otak ringan. Hal ini karena kondisi tersebut dapat dialami oleh siapa saja dan terjadi dimana saja. Misalnya akibat trauma pada kepala yang terjadi hanya karena terbentur. Tidak menutup kemungkinan bahwa dampak negatifnya adalah gejala gegar otak. Oleh karena itu cukup penting untuk mendapatkan informasi dan wawasan yang memadai untuk kondisi tersebut. Terlebih lagi kecelakaan merupakan suatu keadaan yang tidak dapat diduga-duga. Sewaktu-waktu dapat terjadi dan kondisi gegar otak bisa saja dialami. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya, artikel berikut akan mengupas satu per satu secara detail mengenai cara mengobati gegar otak ringan yang paling tepat.

ads

Pengobatan untuk mengatasi kondisi medis ini secara garis besar terbagi menjadi dua cara. Yang pertama dengan pendekatan atau pengobatan medis. Sedangkan alternatif kedua melalui pengobatan herbal yang lebih alami. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga tidak dapat diukur tepat mana yang paling efektif dalam menyembuhkan kondisi kepala yang mengalami gegar otak. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini  penjelasan detail tentang kedua metode tersebut lengkap dengan cara maupun kelebihan dan kekurangannya.

Pengobatan Medis

Umumnya saat mengalami suatu penyakit, sebagian besar orang akan segera melakukan konsultasi dengan dokter. Serangkaian pemeriksaan tentu akan dilakukan untuk memastikan apakah seseorang mengalami penyebab gegar otak atau tidak. Oleh sebab itu umumnya akan dilakukan CT Scan untuk melihat kondisi otak seseorang apakah mengalami cedera atau tidak. Baru kemudian dokter akan memberikan resep yang sesuai untuk menangani kondisi tersebut. Biasanya pada pengobatan gegar otak ringan, berikut ini beberapa resep obat yang akan diberikan kepada pasien:

1. Vitamin B

Untuk mengatasi kondisi sel saraf otak yang mengalami gangguan biasanya dokter akan memberikan serangkaian multivitamin termasuk vitamin B kompleks yang dapat berguna untuk memperbaiki kerusakan saraf pada otak. Vitamin B kompleks mengandung zat yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pemulihan sel saraf otak dengan cepat. Karena itu vitamin ini sangat tepat digunakan sebagai pendukung obat-obatan medis lainnya untuk bekerja lebih cepat.

2. Obat Mual

Umumnya gegar otak akan membuat penderita merasa pusing dan mual. Sehingga dokter biasanya akan memberikan resep berupa obat anti mual yang hanya boleh dikonsumsi jika tubuh terasa mual saja. Hal ini membantu menekan rasa tidak nyaman di lambung sebagai efek gegar otak. Biasanya dokter akan meresepkan pengobatan seperti domperidone dan sejenisnya.

3. Obat Penahan Sakit

Kondisi gegar otak pada sebagian orang akan menimbulkan rasa sakit di kepala baik seperti migrain maupun vertigo. Oleh karena itu dokter akan memberikan resep berupa obat sakit kepala dan pereda sakit semacam ibuprofen atau aspirin. Dimana obat tidak hanya meredakan sakit namun mencegah demam akibat kondisi medis tersebut.

Sponsors Link

4. Obat Pengencer Darah

Selanjutnya dokter akan melihat kondisi trauma otak yang terjadi apakah berat atau tidak. Jika terjadi pendarahan umumnya akan diberikan resep obat pengencer darah sejenis ascardia untuk mencegah terjadi pembekuan darah pada sel otak dan mengakibatkan sumbatan atau menghentikan pasokan oksigen. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mengarah pada gejala stroke ringan pada wajah yang tidak diinginkan.

Menggunakan pengobatan medis tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Namun dalam hal ini masih banyak yang awam dan belum paham benar keuntungan maupun resikonya. Berikut ini penjelasan yang lebih lengkap tentang kekurangan dan kelebihan menggunakan obat dari resep dokter.

Kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  • Bekerja cepat dan efektif dalam mengatasi penyakit yang terjadi sehingga gejala gegar otak tidak makin parah dan dapat tertangani dengan baik.
  • Pengobatan medis umumnya mudah didapatkan di apotik atau toko obat.
  • Penggunaannya tidak dalam jangka waktu lama karena tujuannya menyembuhkan pusat penyakit secara cepat dan tepat.

Sedangkan kekurangan jika menggunakan obat dari dokter yaitu sebagai berikut:

  • Beberapa obat tergolong keras sehingga beresiko menimbulkan efek samping yang kurang baik, terutama pada ginjal dan sistem metabolisme tubuh.
  • Obat medis tidak boleh digunakan berlebihan dan apabila overdosis maka dapat mengancam kondisi kesehatan maupun keselamatan penderita.
  • Obat resep dokter ini umumnya lebih mahal karena membutuhkan proses kimia yang relatif lebih susah untuk memproduksinya. Sehingga harga produksi akan meningkat sesuai tingkat kesulitannya.
    ads

Pengobatan Herbal/Alami

Selain menggunakan obat yang diresepkan dokter, dapat pula ditempuh dengan jalan pengobatan herbal yang lebih alami. Saat ini ada beberapa macam pengobatan herbal yang dinyatakan mampu membantu mengatasi kondisi trauma pada otak dan kepala, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Gingko Biloba

Tanaman ini dipercaya sejak jaman nenek moyang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan daya pikir. Oleh sebab itu gingko biloba dapat digunakan secara efektif untuk mengatasi gejala kehilangan daya ingat atau amnesia akibat trauma otak. Degan konsumsi obat ini secara teratur, maka kondisi otak akan berangsur-angsur pulih.

2. Tanaman Binahong

Tanaman herbal lainnya yang dipercaya dapat digunakan sebagai cara pemulihan gegar otak ringan yaitu dengan menggunakan binahong. Saat ini ada banyak ekstrak kapsul binahong yang tersedia di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan menggunakan binahong maka fungsi otak dapat dikembalikan secara perlahan.

3. Makanan Protein Tinggi

Untuk membantu mempercepat kesembuhan sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan protein. Seperti misalnya ikan laut dan telur. Karena protein merupakan sumber gizi penting yang diperlukan dalam proses pemulihan otak agar lebih maksimal dan lebih cepat sembuh.

Pengobatan herbal atau alami tersebut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan juga. Berikut ini penjelasan yang lebih lengkap tentang kelebihan serta kekurangan tersebut.

Kelebihan menggunakan obat herbal yaitu sebagai berikut:

  • Lebih minim efek samping dan tidak berbahaya bagi tubuh karena terbuat dari bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia.
  • Lebih mudah diperoleh di sekitar kita karena bahan dasarnya seringkali dari bahan alami yang dipakai sehari-hari.
  • Harga cenderung lebih murah karena proses pembuatannya tidak sulit.

Sedangkan kekurangan metode ini yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki waktu sembuh yang lama karena bekerja perlahan dan membutuhkan kesabaran dalam melakukannya.
  • Memiliki resiko alergi karena ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap jenis bahan makanan tertentu.

Demikian beberapa penjelasan yang lengkap mengenai cara mengobati gegar otak ringan baik dari segi medis maupun dari segi herbal atau alamiah. Metode yang paling tepat tentu akan berbeda pada setiap orang. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu kondisi fisik penderita dan tentukan mana yang paling sesuai dengan kesehatan penderita gejala gegar otak ringan. Dengan demikian maka metode yang dipilih untuk mengatasi kondisi medis tersebut akan menjadi cara yang paling tepat dan efektif. Sehingga jaminan kesembuhan dapat diperoleh dan gejala gegar otak tidak menjadi makin parah di kemudian hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gegar Otak