Sponsors Link

9 Cara Mengobati Amnesia Paling Cepat dan Ampuh

Sponsors Link

Amnesia merupakan kondisi terganggu nya ingatan yang disebabkan adanya gangguan secara fungsional. Penyebabnya karena ada keruskan pada otak yang diakibatkan oleh trauma, penyakit atau pun penggunaan obat-obatan yang bersifat sedative, yang paling parah bisa disebabkan karena operasi transplantasi sum-sum tulang belakang. Kondisi amnesia juga dinilai umum dan kebanyakan terjadi pada wanita.

ads

Daftar Obat Yang Menyebabkan Amnesia

Berikut adalah beberapa obat yang bisa mengakibatkan terjadinya gejala amnesia pada seseorang:

  • Obat golongan benzodiazepine

Merupakan golongan obat anti gelisah yang bisa mengakibatkan seseorang kehilangan memori ingatannya karena terpengaruhi oleh efek sedative yang akan masuk pada bagian otak dan mempengaruhi pada ingatan jangka pendek dan panjang nya.

  • Obat untuk menurunkan kolesterol

Tahukah Anda? Ternyata obat penurun kolesterol juga bisa menyebabkan adanya kerusakan pada memori otak dengan menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah. Lipid yang ada pada darah dinilai cukup penting untuk bisa membentuk hubungan antar sel yang mendasari memori otak.

  • Obat antiepilepsi

Obat ini merupakan obat antikonvulsan yang bisa mengurangi kejangn dan juga menekan aliran sinyal dan sistem pada saraf pusat otak dan mengakibatkan seseorang kehilangan ingatannya.

  • Obat penghilang sakit golongan opioid

Fungsi analgesi akan membendung aliran sinyal rasa sakit dan juga akan menumpulkan reaksi emosional seseorang pada rasa sakit yang akan mengakibatkan resiko hilang ingatan.

Apa saja tanda-tanda gejalanya?

Gejala paling utama dari penyakit amnesia adalah hilang ingatan dan juga tidak mampu otak untuk mengisi atau menghasilkan memori baru. Selain itu juga penderita akan mengalami gangguan pada keterampilan secara kongnitif dan motoric. Namun mereka masih bisa mengingat bagaimana cara berjalan dan juga berbicara dalam bahasa yang dikuasasinya. Amnesia dibedakan menjadi beberapa jenis:

  • Retrograde amnesia

Amnesia ini akan terjadi jika penderita mengalami kehilangan memori yang baru saja terbentuk dan juga kenangan masa kecilnya. Efe dari amnesia ini akan bertahap. Beberapa gangguan kondisi kesehatan akan mengakibatkan terjadinya amnesia retrograde seperti demensia.

  • Anterograge

Amnesia jenis anterogram akan terjadi jika penderita tidak bisa membuat memori ingatan barunya. Dan untuk efeknya akan bersifat sementara namun bisa menjadi permnaen. Penyebab dari amnesia ini bisa karena konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan yang bisa menyebabkan seseorang pingsan. Atau bisa juga karena ada keruskan pada bagian hippocampus atau bagian otak yang akan berperan saat pembentukan memori ingatan.

Sponsors Link

  • Transient global amnesia

Selanjutnya adalah transien global amnesia atau TGA merupakan amnesia yang terjadi jika Anda mengalami hilang ingatan sebelum terjadi kondisi traumatis yang mengakibatkan kebingungan dan agitasi. Penyebab dari jenis amnesia ini belum diketahui dengan pasti. Beberapa ahli adala yang mengatakan bahwa gangguan kesehatan seperti kejang atau adanya penyumbatan pada pembuluh darah secara sementara bisa menyebabkan kemungkingan terjadinya TGA.

  • Amnesia Lakunar

Selanjutnya adalah jenis amnesia lakunar. Amnesia jenis ini adalah amnesia yang kemungkinan pernah Anda temui. Penderita yang mengalami lakurna akan mengalami hilang ingatan  mengenai suatu peristiwa namun dengan acak. Mereka tidak akan merusak peristiwa nya di masa lalu. Namun mereka akan benar benar menghilangkan sebagian memori ingatan baik dimasa lalu atau yang baru saja terjadi. Apa yang menjadi penyebab amnesia lakunar? Amnesia ini bisa terjadi karena seseorang mengalami kerusakan pada bagian otak nya yang terjadi pada bagian limbik. Atau bisa juga disebabkan karena mereka mengalami kekurangan oksigen pada otak nya.

  • Amnesia Disosiatif

Selanjutnya adalah amnesia jenis disosiatif yang merupakan kondisi dimana penderita tidak mampu untuk mengingat berbagai informasi pribadinya sendiri yang bahkan dinilai sangat penting. Mereka bisa saja melupakan namanya, melupakan suaminya dan segala hal yang erat kaitannya dengan ingatan pribadi. Apa yang menyebabkan amnesia disosiatif? Biasanya penderita yang mengalami amnesia ini karena mereka pernah mengalami kecelakaan sehingga membuat trauma pada kepalanya, atau bisa juga karena mereka mengalami kondisi stress. Amnesia jenis ini terjadi dengan menujukan penderita memiliki gejala seperti lupa biasa saja seperti kelupaan seperti orang normal. Namun nyatanya kelupaan itu akan berlangsung secara terus menerus dan konsisten. Apakah Anda tahu apa itu fugure amnesia? Jika ita maka itu adalah bagian dari jenis amnesia disosiatif yang dianggap tidak wajar. Disosiatif fugure merupakan istilah yang biasa digunakan pada manifestasi yang tidak terduga.

  • Blackout Amnesia

Selanjutnya adalah blackout amnesia. Apakah Anda pernah mendengar amnesia jenis ini? Beberapa orang mungkin hanya mengenal fenomena blackout, namun akan lebih mudah jika Anda menyebutnya dengan nama blackout amnesia yang mengalami hilang ingatan karena pengaruh dari alkohol. Apa yang menjadi penyebabnya? Tentu saja konsumsi alkohol dengan berlebihan dan juga mengkonsumsi obat obatan terlarang. Bagaimana proses terjadi nya blackout amnesia? Mereka yang mengalami kondisi blackout amnesia akan kehilangan memori ingatannya saat sedang dalam keadaan mabuk. Pengaruh dan efek alkohol yang akan membuat ingatan mereka benar benar hilang dan tidak bisa dikendalikan oleh penderita karena berada dalam kondisi yang tidak sadar.

  • Amnesia Infantil

Selanjutnya adalah jenis amnesia infantil. Istilah dari amnesia infantil merupakan istilah lain dari chilhood amnesia. Amnesia ini akan mengakibatkan orang dewasa tidak bisa mengingat ingatan atau peristiwa dengan spesifik sebelum ia berusia 2 sampai 4 tahun dan juga saat ini menginjak usia 10 tahun. Penyebab dari amnesia ini adalah bisa saja mereka mengalami reorganisasi otak dengan masuknya berbagai macam hal yang baru ke otak untuk mereka pelajari. Pada sebagian orang dewa tentu saja mereka akan kehilangan ingatan saat masih kecil sampai benar-benar ingatannya hilang. Sehingga intinya jika Anda coba menanyakan bagaimana penderita saat kecil mereka tidak akan ingat sama sekali. Penderita tidak akan ingat mengenai waktu, tempat bahkan emosi nya.

  • Amnesia Pasca-Trauma

Pernahkah Anda mengalami cedera otak? Jika pernah kemungkinan Anda juga pernah mengalami amnesia pasca trauma. Biasanya pada kondisi ini penderita akan kehilangan kemampuannya untuk mengingat suatu peristiwa yang terjadi pasca mereka mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada otak. Penyebab dadi amnesia ini bisa saja karena mereka pernah mengalami peristiwa atau kecelakaan yang traumatis sehingga mengalami cedera yang cukup serius. Proses terjadinya penyakit ini adalah penderita benar-benar tidak bisa mengingat berbagai peristiwa yang pernah terjadi setelah mereka mengalami cedera. Mereka bahkan akan melupakan namanya sendiri, dimana ia berada dan kapan hal tersebut terjadi.

ads

Menurut medis otak manusia mempunyai 4 bentuk ingatan yang berbeda-beda:

  • Memori jangka panjang

Memori jangka panjang biasanya informasi yang akan di dapat adalah memori yang berasal dari jangka pendek kemudian mengalami perubahan menjadi memori dengan jangka panjang.

  • Memori deklaratif

Kemudian adalah memori deklaratif, memori ini merupakan jenis memori yang mempunyai tingkat kesadaran dan juga kenangan dari suatu informasi dan situasi tertentu.

  • Memori jangka pendek

Kemudian memori jangka pendek informasi yang diterima adalah dari otak dan disimpan namun tidak dalam waktu lama karena waktunya hanya singkat. Jika informasi terus berkelanjutan maka informasi nya akan hilang dan dilupakan.

  • Memori non-deklaratif

Dan yang terakhir adalah memori non deklaratif. Manusia mempunyai jenis memori yang di mana kemampuan nya untuk belajar dinilai sangat baik dan bisa belajar dengan sangat cepat.

Pengobatan Amnesia

Kapan penderita Amnesia harus memeriksakan dirinya ke dokter? Beberapa gejala yang membahayakan dan harus segera mendapatkan penanganan dokter seperti hilangnya memori secara tiba-tiba, mengalami cedera kepala, bigung dan disorientasi serta tidak bisa mengenal lokasi. Ada beberapa cara mengobati amnesia yang bisa Anda lakukan:

  1. Terapi kognitif

Terapi ini akan membantu mengobati penderita amnesia ringan yang kehilangan memorinya untuk sementara. Biasanya terapi yang digunakan akan berhubungan dengan kemampuan pasien secara kognitif dengan cara berbahasa.

  1. Konsumsi buah apel

Penderita juga bisa memanfaatkan makanan yang baik untuk amnesia sebagai pembantu untuk mengobatinya. Makanan pertama yang bisa membantu adalah apel. Kandungan nutrisi yang ada pada buah apel sudah sangat terbukti bisa mencegah adanya penyakit. Beberapa kandungan nutrisi didalamnya seperti mineral, kalsium, vitamin, fosfor dan masih banyak lagi. Konsumsi buah apel dengan rutin tiap hari di yakini bisa ikut memperbaiki adanya kerusakan pada jaringan otak.

  1. Konsumsi buah jeruk

Masih mengkonsumsi dengan makanan dan masuk kelompok buah yaitu buah jeruk. Buah ini merupakan sumber vitamin C yang bisa menjadi salah satu antioksidan dan menjadi penangkal adanya radikal bebas sekaligus memperbaiki sel yang akan tumbuh.

  1. Konsumsi Anggur

Buah anggur juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan amnesia. Anggur akan memperbaiki sel tubuh yang terjadi keruskan dan mengurangi gejala amnesia karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan sangat baik jika dikonsumsi dengan rutin setiap hari untuk penderita amnesia atau hilang ingatan.

  1. Konsumsi kacang almond dan kacang kenari

Konsumsi kacang almond dan kacang kenari juga bisa membantu Anda tuntuk menyembuhkan dan juga mengembalikan fungsi otak sehingga bisa kembali mengingat ingatan yang hilang walaupun membutuhkan waktu cukup lama. Untuk mengobati gejalanya, biasanya penderita amnesia akan dianjurkan untuk mengkonsumsi paling sedikit 20 gram kacang kenari dan almond.

  1. Pegagan

Pegagan adalag tanaman obat yang mempunyai manfaat untuk mengobati dan juga memperbaiki jaringan otak yang mengalami keruskan. Untuk pengolahannya Anda bisa merebus pegagan kemudian meminum air rebusannya dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari.

Sponsors Link

  1. Terapi psikologi

Biasanya ada beberapa orang yang mengalami gangguan ingatan karena kondisi stress atau pun depresi. Hal ini jika memang terjadi bisa diatasi dengan melakukan terapi psikologi dan juga mengkonsumsi obat antidepresi serta gangguan daya ingat. Dengan begitu ingatan akan kembali normal. Namun biasanya ini dilakukan pada penderita yang memiliki amnesia ringan.

  1. Obat penurun tekanan darah

Beberapa orang juga mengalami gangguan ingatan karena ada kerusakan penyakit tertentu seperti Alzheimer, biasa dokter akan memberikan obat yang bermanfaat untuk menurunkan adanya terkanan darah tinggi yang akan menyebabkan kerusakan pada otak.

  1. Hipnotis

Hipnotis biasanya adalah pengobatan yang akan dilakukan secara medis oleh seorang psikiater. Pengobatan ini akan membantu seseorang merasa aman. Jika ingatannya hilang dengan spontan dan kebutuhan ingatan tersebut sangat mendesak maka hipnotis lah salah satu cara mengembalikannya. Dengan menggunakan hipnotis dan juga wawancara yang di bantu dengan obat infus amobarbital dokter akan mencoba mengembalikan kembali ingatan masa lalu penderita.

Itulah 9 cara mengobati amnesia yang bisa dilakukan dengan cara medis atau alami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia