Sponsors Link

5 Cara Mengobati Alzheimer Paling Ampuh

Sponsors Link

Alzehimer adalah penyakit yang bisa menyebakan terjadinya penurunan daya ingat seseorang secara drastis. Penyakit yang biasanya menyerang orang tua ini sangat tidak diinginkan oleh semua orang. Sebab kondisi penderita Alzheimer akan menjadi semakin parah diikuti dengan semakin menyusutnya otak penderita. Lalu bagaimana cara mengobatai Alzheimer?

ads

Tips Mengobati Alzheimer

Berikut adalah beberapa cara yang bisa penderita Alzheimer lakukan:

  1. Konsumsi obat sesuai resep dokter

Untuk mengobati penyakit Alzheimer, hal yang pertam dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter. Beberapa resep yang biasa diberikan oleh dokter seperti rivastigmine, donepezil, memantine, dan juga galantimene. Obat-obat tersebut secara medis dinilai mampu meredakan gejala alzheimere dengan meningkatkan kadar zat tertentu dalam otak. Ke empat obat tersebut juga dapat dikonsumsi untuk menangani Alzheimer pada tingkat awal sampai menengah. Obat-obat tersebut juga merupaka kelompok obat acetylcholinesterase inhibitors yang mampu mencegah adanya penurunan pada neurotransmitter acetylcholine atau zat yang mampu menguatakan kempauan belajar serta dayang ingat.

Beberapa efek samping yang akan timbul saat mengkonsumsi rivastigne, donepezil dan galantamine:

  • Mengalami kram otot
  • Mendapatkan diaer
  • Merasa mual
  • Terkenan insomnia
  • Merasa lelah
  • Sakit pada kepala
  • Terjadi agitasi
  • Ritme jantung yang menurun

Sedangkan beberapa efek samping yang disebabkan mengkonsumsi memantine, diantaranya adalah:

  • Merasa sakit pada kepala
  • Mengalami sesak nafas
  • Terjadi konstipasi
  • Merasakan lelah pada tubuh
  • Terjadi hipertensi
  • Merasa bingung
  • Ada gangguan keseimbangan
  1. Melakukan pengobatan psikologis

Pengobatan selanjutnya adalah selain dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan, penderita juga bisa melakukan pengobatan psikologi untuk menangani Alzheimer. Ada 2 macam pengobatan psikologis yang dapat dilakukan:

  • Melakukan stimulasi kognitif: metode ini adalah sebuat pengobatan yang bertujuan untuk meningkatkat daya ingat penderita, meningkatkan cara berkomunikasinya dan juga meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah.
  • Terapi relaksasi dan perilaku kognitif: tujuan dilakukan metode ini adalah untuk mengurangi adanya halusinasi, agitasi, delusi, masalah kecemasan, dan rasa depresi yang dirasakan penderita Alzheimer.
Sponsors Link

  1. Melakukan terapi musik

Musik dinilai mampu menambah kualitas hidup dan menolong penderita Alzheimer sehingga memiliki perilaku sosial yang akan lebih baik. Penelian mengungkapkan bahwa agitated behavior pada penderita Alzheimer dapan dilakukan dengan cara melakukan terapi music. Di negara Firlanding, para orang tua biasanya akan dikumpulkan dalam satu grup terapi music tempat mereka bisa bercerita dengan leluasa dan bisa membagi perasaanya satu sama lainnya. Mereka bisa mengungkapkan perasaan dengan music tanpa perlu meluapkan amarah mereka. Musik sangatlah diyakini mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi emosis seseorang dan juga bisa membantu mengekspresikan apa yang ada dalam hatinya. Namun masih dalam batas tertentu agar tidak lepas kendali. Masih banyak penelitian yang mengungkapkan efek music pada penderita Alzheimer, dan tidak sedikit dari mereka mendapatkan dapak positif setelah melakukan terapi ini. Meskipun terapi music belum diklaim bisa menyembuhkan secara total, namun sudah terbut bahwa music bisa meningkatkan kondisi kesaradan pasien baik secara fisik ataupun sosial.

  1. Terapi dengan menstimulus otak

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Alzheimer biasa diobati dengan resep obat yang diberika dokter, Namun, obat yang dikonsumsi hanya akan mengurangi gejalanya saja dan dalam waktu yang terbatas karena hanya mempengaruhi secara kimiawi pada sel untuk memberikan pesannya pada sel otak. Di sisi lain, sel punca yang ada dalam tubuh mempunyai kemapuan secara regenerasi. Pada umumnya sel yang ada dalam tubuh akan diproduksi oleh seln punca yang berasal dari organ yang terhubung. Hanya saja, sela bisa diproduksi juga oleh sel punca dari organ lain. Sel punca bisa ditemukan pada otak, darah, tulang, kulit, pembuluh darah dan juga hati.

Penyakit yang berhubungan dengan syaraf seperti Alzheimer dapat diobati dengan melakukan terapi sel dari plasenta bayi. Pengobatan ini pernah dilakukan di Amerika Serikat yaitu dengan cara menstimulus sel otak lewat oral dan zat disuntikan pada tubuh. Selain dengan sel punca juga bisa dilakukan dengan sel pada penderita sendi. Sel punca dapat diekstrak dari plasenta atau neuron yang dicampurkan dengan brain neuropeptide, neurotrophins, never cell factor dan juga vascular endothelial growt factor yang akan disuntikan sehingga bisa melewati sawar darah menuju otak atau bisa juga disuntikan melalui spinal canal atau bagian saraf tulang belakang dan juga pada pusat sistem syaraf.

  1. Melakukan pengobatan dengan terapi senter

Pengobatan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan terapi mengguanakn cahaya sendter. Ternyata cahaya senter tidak hanya memiliki manfaat saat gelap saja, namun bisa sangat bermanfaat untuk pada penderita Alzheimer. Hal ini dapat sudah dibuktikan oleh para peneliti di Amerika Serikat yang sudah melakukan percobaan pada seekor tikus. Tim Massachusetts menemukan bahwa pencahayaan yang berasal dari senter yang arahkan pada mata hewan tersebut dapat mendorong sel pelindung agar tetap memakan protein yang berbahaya dan sudah terakumulasi pada otak penderita Alzheimer atau demensia. Tingkat pencahayaan yang sempurna adalah selama 50 detik atau setara dengan kerlipan yang nyari tidak terlihat. Tikus yang digunakan dalama melakukan penelitian tersebut juga sudah disesai khusus untuk tipe Alzheimer yang dapat merusak bagian otak penderita. Saat tikus diletakan dalam pencahayan selama sejam ajan menyebabkan mereka kehilangan beta amyloid. Bahkan setelah hal tersebut dilakukan setiap hari, amaka pengurangannya akan semakin lebih baik. Rangasanga cahaya akan langsung menuju bagian otak yang berhubungan dengan memori pengingat.

Sponsors Link

Jika Anda atau orang-orang disekitar Anda menderita penyakit Alzheimer, ada baiknya Anda melakukan beberapa tips berikut:

  1. Membuat catatan mengenai beberapa hal yang akan Anda lakukan dan menempel di kulkas, pintu atau dimana pun yang akan mudah di lihat
  2. Menyetel alarm ponsel untuk mengingatkan bahwa orang yang menderita Alzheimer harus melakukan hal tersebut dan tidak melupakannya. Jika tidak menggunakan alarm, ingatkan orang disekitar Anda untuk mengingatkan.
  3. Simpanlah kontak orang-orang terdekat agar mudah dihubungi saat terjadi sesuatu
  4. Menyimpan barang-barang penting ditempat yang mudah dilihat dan mudah dijangkau
  5. Setel hari dan tanggal di ponsel denga tepat agar tidak lupa dengan hari dan tanggal.
  6. Ada baiknya Anda juga menempelkan lebel pada tiap tempat atau wadah terturup agar tidak melupakan isisnya.
  7. Pasang pelindung seperti pegangan agar Anda terhindar dari resiko jatuh
  8. Kurangi jumlah cermin yang terpasang dirumah sebab akan membuat penderita Alzheimer semakin kebingan bahkan semakin ketakutan
  9. Singkirkan barang-barang yang dinilai akan membahayakan bagi penderita.

Diatas sudah dijelaskan bagaimana cara mengobati penyakit Alzheimer beserta tips yang harus Anda lakukan seandainya Anda terserang Alzheimer atau orang-orang disekitar Anda yang terserang. Tentunya pengobatan yang dilakukan tidak akan menjami 100% penderita akan sembuh secara total. Sehingga ada baiknya, Anda mengurangi resiko tersebut saat Anda belum mengalami gejala Alzheimer. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mengingatkan Anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh khususnya bagian otak Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Alzheimer