Sponsors Link

8 Cara Menghindari Sakit Kepala Paling Ampuh

Sponsors Link

Cara menghindari sakit kepala dapat dilakukan dengan melakukan berbagai hal. Mulai dari memiliki pola hidup sehat sampai dengan menjaga menu makanan atau minuman yang dikonsumsi. Berikut ini kami berikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya sakit kepala.

ads

1. Istirahat Cukup

Istirahat sebenarnya merupakan suatu hal yang penting dan semua orang memerlukannya. Dengan beristirahat maka stamina tubuh akan tetap terjaga. Jika Anda sedang mengalami sakit kepala atau migrain pun maka dengan beristirahat kondisi Anda akan menjadi pulih dan sehat kembali.

Istirahat yang tepat dapat dilakukan misalnya dengan memiliki waktu tidur malam yang berkualitas. Usahakan agar waktu tidur malam tidak sampai terganggu sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak. Demikian pula saat siang hari sebaiknya Anda mengambil sedikit waktu untuk beristirahat di sela-sela kegiatan yang sedang dilakukan.

Jam istirahat siang juga sebenarnya diperlukan oleh semua orang. Anda juga bisa melakukan tidur siang namun dalam waktu yang cukup singkat yaitu antara 10 hingga 15 menit saja sehingga kondisi tubuh dan pikiran selalu segar.

2. Pola Makan Teratur

Makan sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Selain memiliki menu sehat dan benar tentunya seseorang harus makan secara teratur. Sudah seharusnya seseorang makan sebanyak 3 kali dalam sehari disertai dengan camilan jika memang diperlukan.

Jam makan di setiap harinya juga disarankan untuk selalu sama sehingga pola makan Anda menjadi teratur. Bila Anda memiliki pola makan yang tidak teratur maka bisa saja Anda menderita GERD yaitu kondisi saat asam lambung diproduksi terlalu banyak dan asam lambung tersebut naik hingga menuju ke kepala.

Kondisi ini pada akhirnya dapat membuat kepala Anda terasa sakit dan pusing. Untuk mencegahnya maka milikilah jam makan yang teratur dan jangan sampai Anda menunda jam makan.

3. Olahraga Teratur

Berolahraga merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak hanya itu saja tetapi berolahraga juga dapat mengurangi stres sehingga pikiran Anda selalu dalam keadaan yang sehat. Tentu saja dengan adanya pikiran yang sehat maka kondisi fisik juga akan selalu terjaga.

Stamina pun akan selalu terjaga sehingga kepala tidak akan mudah mengalami rasa sakit atau nyeri. Olahraga sudah seharusnya dilakukan secara rutin dan teratur. Sedikit-dikitnya Anda melakukan olahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu. Namun akan lebih baik lagi jika Anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup berolahraga secara ringan saja seperti misalnya jogging atau senam. Durasi waktu olahraga juga tidak perlu terlalu lama. Anda setidaknya hanya butuh 20 menit saja untuk berolahraga sehingga tubuh Anda bisa mengeluarkan keringat.

4. Kurangi Asupan Kafein

Beberapa orang tampaknya tidak dapat mengonsumsi kafein dalam kadar yang cukup tinggi. Kafein sendiri bisa ditemukan dalam makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit atau minuman. Jenis minuman yang dikenal mengandung asupan kafein antara lain kopi dan teh. 

Sponsors Link

Seseorang yang tidak tahan terhadap kafein bisa saja mengalami sakit kepala. Munculnya sakit kepala ini bisa saja sebagai akibat dari respon alergi seseorang terhadap kafein. Atau bisa juga kafein yang dikonsumsi oleh seseorang meningkatkan asam lambung sehingga kepala menjadi sakit.

Untuk itu sebaiknya hindarilah kafein. Setidaknya Anda bisa mengurangi konsumsi kafein sehingga kadar asupan kafein dalam tubuh Anda tidak begitu banyak. Anda mungkin bisa lebih meningkatkan konsumsi air putih yang berfungsi melancarkan peredaran darah sehingga kepala tidak mudah sakit.

5. Hindari Faktor Penyebab Sakit Kepala

Salah satu cara yang tepat untuk mencegah terjadinya penyebab migrain atau sakit kepala adalah dengan menghindari berbagai hal yang menjadi faktor penyebab dari sakit kepala itu sendiri. Anda perlu mengetahui dan mengenal lebih jelas tentang apa saja yang bisa membuat Anda mengalami sakit kepala.

Anda juga sebaiknya tahu jenis obat apa saja yang tidak cocok untuk dikonsumsi oleh Anda sebab obat juga bisa memberikan efek samping berupa timbulnya sakit kepala. Ada beberapa jenis sakit kepala seperti misalnya migarin dan vertigo atau mungkin hanya sakit kepala biasa saja.

Penyebab dari sakit kepala yang dialami oleh setiap orang pun berbeda-beda. Karena itu Anda perlu mengingat dengan jelas apa saja yang bisa membuat Anda merasakan beberapa jenis sakit kepala seperti yang telah disebutkan sebelumnya. 

ads

6. Kelola Stres

Rasa cemas dan takut atau khawatir yang berlebihan lama-kelamaan bisa saja membuat seseorang menjadi stres. Selain itu kepanikan yang sering dialami seseorang juga beresiko menimbulkan stres pada seseorang. Bahkan stres yang berlarut-larut dan tidak segera ditangani dapat menimbulkan terjadinya depresi pada orang tersebut.

Tentu saja kondisi ini sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Oleh karena itu tiap orang selalu disarankan untuk dapat mengelola stres dengan baik.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stres. Di antaranya adalah dengan berolahraga. Selain itu banyak orang yang saat ini melakukan yoga atau meditasi untuk mengurangi stres sehingga ia dapat mencegah timbulnya sakit kepala.

7. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Kegiatan sehari-hari yang harus kita lakukan tanpa terasa membuat kita beresiko mengalami stres dan kelelahan. Agar tidak sampai tertekan dengan aktivitas atau kegiatan sehari-hari maka sebaiknya Anda mau meluangkan waktu untuk sekedar bersantai.

Bersantai tidak harus membutuhkan biaya yang mahal. Bersantai dapat dilakukan misalnya saja dengan melakukan meditasi atau yoga. Anda juga bisa bersantai dengan melakukan kegiatan yang Anda suka atau melakukan hobi Anda. Banyak kegiatan yang tentunya akan membantu Anda menghabiskan waktu luang.

Seperti misalnya membaca buku kesukaan Anda atau mendengarkan musik. Anda juga bisa mandi dengan menggunakan air hangat dan melakukan relaksasi untuk menghindari akibat kerusakan saraf tepi penyebab sakit kepala tersebut. Bila Anda punya rezeki berlebih maka tak ada salahnya jika Anda bersantai dengan cara berkunjung ke suatu tempat wisata tertentu.

8. Kurangi Asupan Obat

Anda juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat. Jika Anda ingin mengonsumsi obat maka Anda harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Tujuan dari konsultasi pada dokter ini adalah agar Anda dapat mengonsumsi obat dalam dosis yang tepat.

Jangan sampai Anda mengonsumsi obat dengan dosis yang berlebihan. Sebab konsumsi obat yang melebihi dosis justru bisa membuat Anda mengalami sakit kepala. Di samping itu Anda juga perlu mengenal jenis obat apa saja yang tidak cocok bagi Anda.

Sebaiknya hindarilah jenis obat yang dapat menimbulkan efek samping berupa sakit kepala. Anda perlu menghentikan konsumsi obat jika ternyata obat yang sedang Anda minum itu menimbulkan sakit kepala.

Cara menghindari sakit kepala antara lain dengan memperhatikan hal-hal yang telah dijabarkan di atas. Dengan demikian maka sakit kepala atau gejala migrain tidak akan muncul lagi sehingga Anda dapat dengan leluasa melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Migrain