Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Tangan Gemetar Paling Efektif

Sponsors Link

Jika usia semakin lanjut, biasanya fungsi tubuh menurun termasuk macam-macam penyakit saraf seperti halnya tangan gemetar atau tremor. Oleh sebab itu banyak orang usia lanjut yang berusaha mencari tahu cara menghilangkan tangan gemetar. Hal ini agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu dan dapat terlaksana dengan baik. Selain itu untuk menjaga sistem saraf agar selalu bekerja secara sempurna. Sehingga motorik dan saraf gerak selalu dalam kondisi prima. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini cara menghilangkan tangan gemetar secara alami:

ads

1. Olahraga Teratur

Cara untuk menjaga fungsi saraf agar tetap baik dan normal yaitu dengan olahraga untuk penderita epilepsi secara teratur. Yang dimaksud bukan dengan olahraga berat, namun olahraga ringan yang membiasakan otot tangan bekerja dengan baik. Contohnya yaitu dengan yoga atau senam. Maka pergerakan sendi maupun otot tangan tetap terlatih dan  saraf tidak mudah gemetar. Hal ini tentu mudah untuk dilakukan. Jadwalkan olahraga tersebut sebanyak 2-3 kali sehari di waktu senggang, cukup 30 menit saja. Maka fungsi saraf tetap baik dan tangan tidak gemetar begitu saja.

2. Minum Vitamin B

Cara berikutnya yaitu dengan memperhatikan asupan vitamin yang diterima oleh tubuh. Tangan gemetar membutuhkan asupan vitamin B dosis tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya pilih makanan yang banyak mengandung vitamin B. Supaya memberikan cukup nutrisi pada sel-sel saraf maupun otot tangan. Dengan demikian fungsi otot tangan tidak terganggu dan tetap berjalan normal. Terutama di usia lanjut yang biasanya mudah terganggu. Dengan membiasakan minum vitamin B, cara mengurangi tremor dapat dilakukan sedini mungkin.

3. Fisioterapi

Jika tangan terlanjur sering gemetar, sebaiknya periksakan ke dokter. Karena hal tersebut butuh penanganan yang lebih khusus. Salah satunya yaitu dengan rajin mengikuti jadwal cara terapi stroke ringan dengan jalan fisioterapi untuk melatih otot tangan serta motorik dan pusat saraf tubuh untuk tetap bekerja mengontrol gerakan dengan baik. Usahakan untuk melatih kondisi ini setiap seminggu sekali supaya hasil kesembuhan yang didapatkan akan lebih maksimal. Sehingga tangan tidak sering gemetar lagi dan aktivitas dapat berjalan tanpa hambatan.

4. Hindari Alkohol

Cara menghilangkan tangan gemetar yang lainnya antara lain yaitu dengan menghindari konsumsi alkohol. Karena efek jangka panjang peminum alkohol yaitu lama-kelamaan dapat merusak fungsi saraf yang ada di dalam tubuh. Akibatnya motorik menjadi terganggu dan tangan sering gemetar. Selain itu sebaiknya hindari pula minuman yang mengandung kafein berlebih misalnya kopi. Biasanya kopi memicu kondisi tremor yang paling besar.

Sponsors Link

5. Penuhi Kalsium

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan kalsium bagi tulang dan otot. Hal ini akan mudah didapat dengan rajin minum susu dan makan sayuran. Jika hal ini dilakukan setiap hari, maka kemungkinan tangan gemetar dapat dihindari secara alami tanpa efek samping.

6. Gunakan Obat Saraf

Jika cara yang mudah tidak membuahkan hasil, sebaiknya konsultasi ke dokter. Karena mungkin kondisi gejala awal alzheimer tidak seperti biasanya. Biasanya dokter akan memberikan obat saraf untuk mengontrol otot maupun saraf tubuh sehingga dapat berfungsi dengan normal.

Demikian cara menghilangkan tangan gemetar secara alami yang dapat dilakukan. Dengan memperhatikan asupan makanan pencegah stroke ringan yang baik, diharapkan kondisi tremor atau bergetarnya tangan dapat berkurang. Sehingga aktivitas berjalan normal. Sekalipun usia telah memasuki usia lanjut. Selain kesehatan terjaga, maka rasa percaya diri di usia lanjut tetap terjaga. Seluruh aktivitas masih dapat dilakukan secara mandiri.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tremor