Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Stroke Ringan Baik Alami Maupun Medis

Sponsors Link

Penyakit penyebab stroke di usia muda adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu sebaiknya penting untuk mengetahui cara menghilangkan stroke ringan yang paling efektif. Karena jika tidak diatasi maka dapat terjadi komplikasi penyakit lainnya yang lebih parah, seperti misalnya serangan jantung atau penyakit darah tinggi. Hal ini karena stroke berhubungan dengan penyakit pembuluh darah, sehingga tentu komplikasinya cukup kompleks terhadap berbagai macam penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah.

ads

Untuk cara mengatasi stroke mendadak tentunya ada bermacam-macam, bisa dengan jalan yang alami dan bisa pula melalui pengobatan dokter. Kebanyakan orang memiliki pilihan masing-masing dalam menentukan pengobatan atau pemulihan yang paling sesuai. Yang pasti tujuan utamanya agar penyakit stroke dapat segera sembuh dan tidak timbul kembali. Untuk memberikan gambaran tentang kedua cara tersebut, berikut di bawah ini cara menghilangkan stroke ringan baik secara alami maupun secara medis.

Pengobatan Herbal Alami

Mengatasi stroke dengan obat-obatan herbal saat ini merupakan salah satu alternatif pilihan bagi penderita stroke. Sebagian besar orang memilih cara ini yang lebih aman dan minim efek samping. Walaupun demikian tentunya setiap pengobatan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya. Untuk penjelasan lebih lengkap berikut ini cara mengobati stroke secara herbal atau alami.

Pengobatan stroke secara herbal atau alami, umumnya ditempuh dengan jalan sebagai berikut:

1. Pijat Refleksi

Salah satu alternatif yang banyak dipilih dalam mengobati stroke ringan yaitu dengan pijat refleksi. Fungsi pijat ini membantu mengembalikan kelancaran aliran pembuluh darah. Karena itu sumbatan dapat dilancarkan dan gejala stroke dapat diatasi.

2. Tusuk Jarum

Pilihan lain yaitu tusuk jarum yang telah dikenal sejak lama berkhasiat melancarkan peredaran darah. Sehingga membantu menghilangkan sumbatan lemak pada pembuluh darah. Metode ini telah dikenal sejak jaman dahulu dan pertama kali digunakan oleh masyarakat China. Namun dalam prakteknya telah menyebar ke berbagai negara dan terbukti berkhasiat membantu pemulihan penyakit stroke.

3. Daun Sambiloto

Salah satu tanaman obat alami yang dapat mengatasi stroke yaitu daun sambiloto. Daun ini berkhasiat membantu kelancaran pembuluh darah. Untuk membuat sari daun sambiloto sangat mudah dan cepat serta tidak perlu tambahan bahan lain apapun.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang membantu pemulihan berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu bekerja efektif melawan stroke. Sehingga dengan tambahan bawang putih pada masakan sehari-hari akan membantu pemulihan penyakit stroke ringan.

Sponsors Link

5. Buah Mengkudu

Obat herbal alami lainnya yaitu buah mengkudu. Sari buah ini dipercaya dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sehingga dapat bekerja efektif mengatasi stroke ringan yang terjadi.

Umumnya kelebihan menggunakan pengobatan yang alami yaitu sebagai berikut:

  • Lebih aman karena umumnya bebas efek samping, sehingga penderita stroke tidak memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit lanjutan akibat efek samping obat.
  • Lebih mudah didapat karena bahan alami yang ada di sekitar kita dan cara alami yang mudah dilakukan, seperti pijat atau daun sambiloto. Dimana kedua hal tersebut cukup mudah dicari dan dilakukan.
  • Lebih hemat biaya, karena bisanya cara alami atau obat herbal bahan bakunya tidak mahal. Sehingga untuk melakukan terapi dengan jalan alami memakan biaya yang lebih sedikit.
  • Tidak beresiko untuk digunakan dalam waktu yang lama, karena hampir tidak ada efek samping sehingga bebas digunakan dalam waktu lama baik untuk pengobatan maupun pencegahan.

Adapun kekurangan melakukan pengobatan secara alami yaitu sebagai berikut:

  • Tetap ada resiko alergi jika mengkonsumsi obat herbal, meski demikian hal ini jarang terjadi dan hanya pada beberapa macam obat tertentu.
  • Pada ibu hamil dan menyusui tetap disarankan tidak melakukan pengobatan tanpa petunjuk dokter karena walaupun alami namun tetap ada efek samping bagi ibu hamil. Contohnya pijat refleksi dapat berakibat mempengaruhi saraf yang berhubungan dengan janin. Sehingga umumnya tidak disarankan bagi ibu hamil di trimester pertama agar terhindar dari resiko keguguran.

Pengobatan Medis

Sebagian besar orang juga memilih untuk datang ke dokter. Sehingga akan memperoleh pengobatan medis yang umumnya lebih cepat untuk membantu pemulihan. Namun demikian, sama halnya dengan obat herbal, pengobatan medis juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasan yang lebih lengkap tentang pengobatan stroke ringan secara medis.

Pengobatan stroke dengan jalan medis di antaranya sebagai berikut:

ads

1. Antibiotik

Biasanya untuk mempercepat kesembuhan dokter akan meresepkan antibiotik. Merek yang diberikan dapat bermacam-macam baik yang generik maupun paten. Semakin mahal obat umumnya memiliki dosis yang makin besar dan efektifitas yang lebih tinggi.

2. Pengencer Darah

Umumnya dokter juga akan memberikan obat pengencer darah yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Sehingga sumbatan pada pembuluh darah dapat terurai dan stroke ringan dapat kembali pulih.

3. Suplemen Vitamin

Selain obat-obatan di atas biasanya dokter akan menambahkan suplemen vitamin yang kaya vitamin dan mineral. Hal ini bertujuan agar pengobatan stroke yang diberikan dapat bekerja lebih efektif. Karena jenis obat tertentu dapat diserap dengan lebih baik jika dibantu kadar mineral seperti kalsium atau zat besi yang lebih maksimum.

Adapun jika melakukan pengobatan secara medis, berikut ini kelebihan yang umum terjadi:

  • Waktu pemulihan akan lebih cepat, tergantung seberapa besar dosis yang diberikan. Karena obat medis bekerja efektif menuju sumber stroke dalam memulihkan penyakit.
  • Takaran obat yang tepat karena sesuai petunjuk dokter dan umumnya dalam jumlah kecil supaya tidak terjadi efek samping yang berbahaya.
  • Mudah didapat di apotik karena biasanya dokter akan meresepkan obat yang banyak terdapat di toko obat atau di apotik.

Sedangkan kelemahan melakukan pengobatan secara medis yaitu sebagai berikut:

  • Biaya yang mahal. karena penyakit stroke merupakan penyakit yang kompleks, sehingga pengobatan stroke biasanya menggunakan bahan dasar yang berkhasiat tinggi. Hal ini memicu harga bahan dasar obat yang tinggi, membuat harga obat stroke di toko obat maupun apotik sangat mahal. Semakin mahal maka biasanya khasiat obat semakin cepat memulihkan.
  • Banyak efek samping yang dapat terjadi seperti misalnya tremor, jantung berdebar, mual, muntah, gejala alergi dan efek samping fisik lainnya yang bisa jadi berbahaya. Karena pengaruh bahan kimia ke dalam tubuh biasanya memberikan reaksi yang kurang baik.
  • Tidak dapat dipakai jangka panjang karena efek samping obat yang cukup keras.
  • Harus dengan resep dokter atau petunjuk pada kemasan karena kelebihan dosis akan menimbulkan efek over dosis yang berbahaya.
  • Mudah berubah warna dan bentuk karena proses kimia tidak dapat membuat obat bertahan lama.

Demikian beberapa penjelasan tentang cara menghilangkan stroke ringan yang efektif. Apapun jenis pengobatan stroke ringan yang dipilih, pastikan pengobatan tersebut paling sesuai dengan kondisi penderita. Jangan dipaksakan supaya tidak timbul efek samping yang kurang baik. Sehingga tujuan untuk memperoleh kesembuhan dapat tercapai secara maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan