Sponsors Link

10 Cara Mengembalikan Ingatan Setelah Kecelakaan Paling Cepat

Sponsors Link

Cara mengembalikan ingatan setelah kecelakaan dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Mulai dari konsumsi bahan alami hingga mengikuti prosedur terapi seseorang tentunya dapat mengembalikan ingatannya dengan cara-cara tersebut. Kecelakaan memang suatu peristiwa yang tidak diharapkan dan dapat menimbulkan terjadinya benturan.

ads

Benturan tersebut dapat membuat korban kecelakaan mengalami cedera di kepalanya hingga mengalami kerusakan otak. Kerusakan otak inilah yang cenderung dapat menyebabkan seseorang mengalami hilang ingatan. Oleh karena itu ingatan perlu untuk dikembalikan walaupun proses pemulihannya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk cara mengembalikan ingatan setelah kecelakaan yang cepat dan tepat.

1. Konsumsi vitamin dan suplemen.

Seseorang yang mengalami gangguan ingatan setelah kecelakaan sebaiknya diberi konsumsi vitamin dan suplemen. Dalam hal ini penderita hilang ingatan memerlukan vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu otak dalam bekerja. Degan mengonsumsi vitamin B1 maka otak akan bekerja secara maksimal sehingga penderita hilang ingatan dapat mengembalikan ingatannya sedikit demi sedikit. Selain vitamin B1 beberapa suplemen juga sebenarnya dibutuhkan oleh penderita hilang ingatan.

Terutama suplemen berupa asam lemak omega-3 yang dapat memaksimalkan daya kerja otak serta membantu mengembalikan daya ingat seseorang. Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 maka ingatan seseorang dapat dipulihkan kembali. Selain itu penderita gejala amnesia juga akan lebih mudah dalam menerima informasi yang baru serta mengingat informasi tersebut.

2. Konsumsi herbal.

Tanaman herbal pada dasarnya merupakan tanaman biasa yang kemudian bisa diolah menjadi obat-obatan. Tentunya tanaman tersebut memiliki khasiat tersendiri sehingga dapat diolah menjadi obat dan digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit tertentu termasuk hilang ingatan. Beberapa contoh tanaman yang seringkali dijadikan sebagai obat alternatif bagi penderita hilang ingatan adalah buah apel dan buah jeruk.

Kedua buah ini dikenal mengandung vitamin C yang dapat berguna untuk memperbaiki sel otak sehingga daya ingat seseorang akan normal kembali. Konsumsi obat herbal seringkali dipilih oleh banyak orang karena obat herbal tentunya jauh dari zat kimia.

3. Konsumsi makanan sehat.

Jenis makanan yang tergolong sehat tentu saja yang mengandung gizi dan nutrisi seimbang. Terutama jenis makanan untuk penderita gegar otak ringan yang berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai vitamin serta mineral yang diperlukan oleh tubuh sekaligus diperlukan oleh otak. Dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan maka otak dan organ tubuh yang lain akan selalu sehat dan berfungsi secara maksimal.

Untuk mengembalikan ingatan yang hilang sebaiknya jangan mengonsumsi banyak makanan atau minuman manis. Sebab makanan dan minuman manis akan menambah timbunan gula dalam darah sehingga membuat seseorang menjadi mudah lupa.

Sponsors Link

4. Olahraga secara rutin.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh maka setiap orang perlu melakukan olahraga. Olahraga seharusnya dilakukan secara rutin setidaknya 15 hingga 20 menit di setiap harinya. Olahraga yang benar akan menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat yang menandakan bahwa pada saat itu terjadi pembakaran kalori di dalam tubuh.

Dengan berolahraga secara rutin maka aliran darah yang menuju ke otak akan berjalan dengan lancar. Jika peredaran darah lancar maka suplai oksigen yang menuju ke otak juga akan berjalan dengan lancar. Kondisi inilah yang akan membuat otak tetap berfungsi dengan baik sehingga daya ingat akan semakin terjaga.

5. Istirahat dengan cukup.

Setelah mengalami kecelakaan tentu saja seseorang membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat. Istirahat bisa berfungsi untuk mempercepat pemulihan kondisi. Istirahat juga diperlukan oleh seseorang untuk menyegarkan pikirannya.

Dengan kata lain istirahat diperlukan oleh otak agar otak dapat bekerja dan berfungsi dengan baik serta dapat mengingat semua informasi baik informasi yang baru maupun informasi yang telah lama diterima. Oleh karena itu milikilah waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup. Waktu tidur pun seharusnya cukup berkualitas terutama saat di malam hari.

6. Melatih otak.

Untuk mengembangkan daya ingat sebaiknya Anda melatih kemampuan otak. Dengan melatih otak secara rutin maka otak akan semakin berkembang sehingga Anda akan terhindar dari penyebab amnesia termasuk hilang ingatan. Melatih otak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan bermain teka-teki silang atau memainkan permainan di gadget yang cenderung melatih kemampuan otak Anda.

ads

Melatih otak juga dapat dilakukan dengan menghafal sesuatu maka lambat laun ingatan Anda akan berfungsi secara normal kembali. Untuk melatih kemampuan otak dapat dilakukan dengan bantuan peralatan teknologi seperti misalnya televisi, gadget, komputer, dan lain sebagainya.

7. Mengembangkan kreativitas.

Meningkatkan kecerdasan dan daya kerja otak dapat dilakukan salah satunya dengan cara mengembangkan kreativitas. Kreativitas dapat dikembangkan melalui kegiatan seni atau musik. Dengan mengikuti kegiatan seni atau musik maka kreasi dan kreativitas akan tersalurkan sehingga kemampuan otak akan tetap terjaga. Jenis terapi yang sesuai untuk mengembangkan kreativitas adalah terapi kreatif. Terapi ini terkadang juga disebut dengan istilah terapi seni dan juga terapi musik.

8. Konsultasi psikologis.

Layanan konsultasi psikologis biasanya dilakukan oleh seorang psikiater. Layanan ini perlu diperoleh seseorang yang mengalami hilang ingatan. Sebab seseorang yang menderita hilang ingatan umumnya mengalami rasa cemas dan bahkan depresi. Untuk mengatasinya diperlukan bimbingan psikologis dari psikiater yang terkadang disertai dengan pemberian obat jenis antidepresan.

Layanan konseling juga diketahui dapat membantu seseorang untuk membuka ingatannya kembali secara perlahan-lahan. Setelah ingatan terbuka kembali maka lama-kelamaan penderita macam-macam amnesia tentunya akan sembuh dan ingatannya akan berjalan normal kembali.

9. Terapi akupuntur.

Pengobatan dengan menggunakan metode akupuntur saat ini semakin banyak disukai oleh masyarakat. Metode akupuntur dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit termasuk hilang ingatan yang dialami oleh seseorang.

Metode pengobatan ini menggunakan media jarum steril yang akan dimasukkan ke dalam tubuh pasien di beberapa titik pada tubuh. Metode pengobatan ini sudah dikenal sejak lama dulu dan dapat memberikan hasil maksimal jika dijalani oleh pasien secara rutin atau berkala.

10. Dukungan dari keluarga.

Penderita hilang ingatan tentunya membutuhkan bantuan dari keluarganya untuk mengembalikan ingatannya yang hilang. Oleh karena itu keluarga sebaiknya memahami cara-cara yang tepat dalam berinteraksi dengan penderita hilang ingatan.

Keluarga juga seharusnya melakukan berbagai upaya yang sekiranya dapat mengembalikan ingatannya yang hilang. Namun proses cara mengembalikan amnesia ini memang harus dilakukan secara perlahan-lahan dan tidak boleh dipaksakan.

Cara mengembalikan ingatan setelah kecelakaan tentunya dapat memberikan hasil yang maksimal jika penderita hilang ingatan bersedia untuk menjalaninya secara rutin. Dengan mengikuti beberapa tips yang telah diuraikan di atas maka diharapkan agar otak dapat berfungsi kembali secara normal sehingga daya ingat dapat bekerja kembali.

Dengan berfungsinya otak secara maksimal maka seseorang yang tadinya menderita hilang ingatan dapat menceburkan dirinya ke lingkup sosial serta menjalani seluruh kegiatan sehari-harinya layaknya orang normal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia