Sponsors Link

10 Cara Mengembalikan Ingatan Orang Amnesia Dengan Cepat

Sponsors Link

Cara mengembalikan ingatan orang amnesia dapat diterapkan jika memang diperlukan. Beberapa cara tersebut dapat dilakukan sesuai dengan saran dan anjuran dari dokter atau tenaga ahli. Berikut cara mengembalikan ingatan orang amnesia tersebut.

ads

1. Pemberian konsumsi vitamin dan suplemen

Pada kasus amnesia beberapa penderitanya diketahui kekurangan vitamin B1. Tentu saja hal ini berpengaruh pada daya kerja otak seseorang sehingga orang tersebut mengalami penurunan daya ingat. Dengan kata lain memori mengalami kerusakan dan lama-kelamaan terjadilah amnesia. Oleh karena itu penderita gejala amnesia disarankan untuk mengonsumsi vitamin terutama vitamin B1 serta berbagai suplemen yang sekiranya dapat berfungsi menutrisi otak.

Konsumsi vitamin dan suplemen ini hendaknya sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter agar penderita amnesia tidak sampai kelebihan ataupun kekurangan dosis. Namun konsumsi vitamin dan suplemen ini umumnya disertai dengan konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

2. Mendukung kegiatan terapi kognitif

Penderita amnesia seharusnya menjalani terapi kognitif. Terapi jenis ini merupakan suatu terapi dengan penekanan pada sistem kepercayaan dan pemikiran yang dimiliki oleh seseorang dalam menentukan perilaku serta perasaan. Terapi ini sebenarnya bisa digunakan dalam kondisi apa saja.

Terapi jenis ini bisa diberikan pada satu orang dan secara individu serta bisa juga diberikan pada suatu kelompok. Terapi kognitif pada dasarnya bertujuan untuk melatih dan mengembangkan daya ingat penderita amnesia. Namun untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya dalam melakukan terapi ini juga disertai dengan konsumsi obat atau vitamin dan suplemen seperti yang telah diresepkan oleh dokter.

3. Mendukung kegiatan terapi okupasi

Sama halnya dengan terapi kognitif maka terapi okupasi juga merupakan salah satu jenis terapi yang perlu dijalani oleh penderita amnesia agar kondisinya pulih. Terapi jenis ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta kemandirian seseorang. Dengan demikian orang tersebut akan menjalani aktivitas dalam kehidupannya sehari-hari dengan kemampuannya secara maksimal.

Penderita macam-macam amnesia juga akan diajarkan mengenai bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menerima sebuah informasi baru. Ia juga akan diajarkan untuk melibatkan ingatannya dalam menerima setiap informasi baru serta mengingat informasi tersebut. Dengan demikian ia dapat melibatkan dirinya dalam lingkungan sosial dengan baik.

4. Menyalurkan bakat dan kreativitas

Orang yang menderita amnesia sebaiknya dianjurkan untuk semakin aktif dalam menyalurkan kreasinya. Penyaluran kreasi ini bisa dalam bentuk seni atau musik. Bahkan beebrapa penderita amnesia sangat dianjurkan untuk menjalani terapi kreatif yang menekankan pada kreativitas dalam bidang seni dan musik. Terapi kreatif ini juga terkadang disebut dengan istilah terapi seni atau terkadang juga disebut terapi musik.

Melalui seni dan musik maka penderita amnesia akan dilatih agar dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran serta perasaannya. Dengan cara ini maka penderita amnesia akan mengembangkan kreativitasnya sehingga pada akhirnya kreativitas ini akan semakin meningkatkan kecerdasannya.

Sponsors Link

5. Mendapat dukungan dari keluarga

Berdasarkan pengamatan ditunjukkan bahwa pasien amnesia yang telah menjalani berbagai jenis terapi dan telah mengalami peningkatan yang signifikan pada akhirnya akan mengalami gangguan lagi saat ia pulang dan kembali pada keluarganya. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya dukungan dan peran dari keluarga dalam peningkatan serta pengembangan pasien.

Oleh karena itu keluarga pasien juga perlu dilatih agar dapat mengubah pola interaksinya dengan pasien. Dalam hal ini keluarga akan diberi pengetahuan dan pengajaran tentang bagaimana amnesia itu terjadi. Keluarga juga akan diberi pemahaman tentang apa yang harus dilakukan pada penderita amnesia agar ia pulih kembali.

6. Pemberian obat herbal

Tanaman biasa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu termasuk cara mengembalikan ingatan orang amnesia. Sebut saja ada buah apel dan jeruk yang kaya akan vitamin C sehingga bisa dijadikan sebagai obat untuk memperbaiki sel otak. Buah-buah tersebut dapat menangani ingatan serta mempercepat penyembuhan pasien amnesia.

Ada pula buah anggur yang dapat mempercepat proses pemulihan cara mengobati amnesia sehingga daya ingat akan kembali bekerja. Selain itu banyak orang yang menggunakan tanaman obat pegagan untuk memperbaiki kerusakan sel otak.

ads

7. Menyediakan layanan konseling

Beberapa penderita amnesia mengalami gangguan tersebut karena adanya trauma psikologis atas masa lalunya. Umumnya hal ini terjadi pada anak-anak atau kaum wanita yang pernah mengalami kekerasan seksual, kekerasan fisik, dan kekerasan lainnya. Terkadang hal ini juga terjadi pada orang yang pernah mengalami kecelakaan atau kehilangan orang yang dikasihi sehingga masa lalu pahit tersebut seakan menghantuinya.

Penderita amnesia sebaiknya segera dirujuk pada psikiater agar jiwanya dapat disembuhkan. Dengan menerima masa lalu maka daya ingat secara lambat laun akan pulih kembali. Tentunya rasa sakit hati akan menghilang setelah pasien menerima layanan konseling dari psikiater atau orang yang memang ahli di bidangnya.

8. Kontrol secara berkala

Pasien amnesia sudah seharusnya melakukan pemeriksaan diri kepada dokter atau psikiater atau tenaga medis lainnya. Dengan berkonsultasi maka tenaga ahli dan medis dapat membantunya mengatasi gangguan yang dialaminya. Umumnya dokter akan mencari penyebab dari amnesia sehingga kondisinya dapat dipulihkan dengan cara yang tepat.

Adapun terapi atau kontrol pada dokter atau psikiater atau terapis harus dilakukan secara berulang-ulang sesuai dengan jadwal yang telah diberikan atau ditentukan. Dengan memeriksakan diri secara rutin maka gangguan amnesia dapat disembuhkan. Dengan kata lain daya ingat pasien akan pulih selama ia mau menjalani pengobatan secara rutin.

9. Mengenalkan akupuntur

Teknik akupuntur sebenarnya sudah lama ada dan digunakan sebagai pengobatan alternatif. Berbagai penyakit misalnya gejala stroke ringan pada wanita disebut bisa disembuhkan melalui terapi alternatif jenis ini. Pada akupuntur digunakan media jarum steril yang akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui beberapa titik pada tubuh. Teknik ini hanya akan dilakukan oleh terapis yang telah berpengalaman dan memiliki pengetahuan mengenai titik-titik akupuntur.

Beberapa orang percaya bahwa amnesia dapat disembuhkan dengan menjalani terapi ini. Akupuntur dipercaya dapat mengembalikan fungsi saraf termasuk saraf yang berhubungan dengan otak. Dengan demikian kinerja otak akan semakin baik dan gangguan amnesia dapat diminimalkan atau bahkan hilang.

10. Penggunaan teknologi

Beberapa alat teknologi canggih yang saat ini semakin berkembang secara modern ternyata juga diperlukan dalam membantu penderita amnesia untuk memperoleh kesembuhan. Sebut saja misalnya gadget yang ternyata memiliki beberapa fitur untuk membantu seseorang melatih daya ingatnya. Beberapa fitur pada gadget seperti agenda atau alarm bisa melatih seseorang untuk melatih dan meningkatkan daya ingatnya.

Hal ini lama-kelamaan akan membantu penderita amnesia menjadi sembuh dan daya ingatnya dapat bekerja kembali. Beberapa sarana elektronik lainnya seperti televisi, komputer, dan lainnya juga dapat digunakan untuk membantu penderita amnesia memperbaiki ingatannya dan daya kerja otak jika amnesia terjadi akibat gegar otak ringan.

Cara mengembalikan ingatan orang amnesia tersebut di atas sebaiknya dilakukan dengan rutin. Sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Dengan demikian maka ingatan akan segera pulih tanpa efek samping yang tidak diinginkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia