Sponsors Link

10 Cara Mengembalikan Amnesia Yang Paling Tepat

Sponsors Link

Cara mengembalikan amnesia bisa dilakukan dengan berbagai macam tips. Amnesia yang identik dengan hilang ingatan memang tampak menakutkan karena membuat seseorang kehilangan memori dan tidak dapat menggunakan otaknya secara maksimal lagi.

ads

Namun gangguan macam-macam amnesia ini bisa saja sembuh bila penderitanya bersedia untuk menjalani beberapa macam terapi atau menjalani beberapa prosedur yang sekiranya dapat membantu memulihkan ingatannya.

Tidak hanya itu namun beberapa prosedur dapat dilakukan oleh penderita amnesia untuk memaksimalkan kinerja otaknya kembali. Berikut ini kami berikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan ingatan orang yang mengalami amnesia.

1. Konsumsi vitamin dan suplemen

Konsumsi vitamin dan suplemen seringkali menjadi saran dan anjuran dari dokter bagi penderita amnesia. Sebab beberapa penderita amnesia seringkali diketahui kekurangan vitamin B1. Vitamin B1 pada dasarnya berperan dalam membantu daya kerja otak. Oleh karena itu jika seseorang kekurangan vitamin tersebut maka daya kerja otaknya akan mengalami penurunan dan semakin melemah.

Tidak hanya vitamin tetapi juga suplemen diketahui dapat membantu seseorang mempertahankan daya ingatnya dan memaksimalkan kinerja otak. Suplemen sebenarnya dapat berfungsi untuk menambah nutrisi otak jika otak belum mendapatkan nutrisi secara cukup dari makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

2. Terapi kognitif

Terapi kognitif merupakan salah satu jenis terapi yang paling umum dan seringkali dijalani oleh penderita gejala amnesia. Terapi ini menekankan pada suatu kepercayaan serta pemikiran yang dimiliki oleh seseorang dalam menentukan sebuah perilaku atau perasaan.

Terapi ini dapat dilakukan pada satu orang saja secara individu dan juga dapat dilakukan pada beberapa orang sekaligus yang tergabung ke dalam suatu kelompok. Tujuan dari terapi kognitif antara lain untuk melatih otak atau daya ingat dari penderita amnesia. Selain itu terapi kognitif juga bertujuan untuk mengembangkan daya ingat tersebut.

3. Terapi okupasi

Terapi okupasi juga merupakan salah satu jenis terapi yang umumnya dijalani oleh penderita amnesia. Sama halnya dengan terapi kognitif maka terapi jenis ini dilakukan agar penderita amnesia segera memperoleh kesembuhan. Dalam menjalani terapi jenis ini ternyata para penderita amnesia akan diajarkan mengenai berbagai cara untuk menerima sebuah informasi baru.

Penderita amnesia akan diajarkan untuk menggunakan ingatannya dalam menerima informasi baru tersebut sehingga dapat mengingat informasi yang baru saja diterimanya. Dengan begitu maka secara lambat laun penderita amnesia akan lebih mudah dalam melibatkan dirinya pada suatu lingkungan sosial. Penderita amnesia juga akan menjalani aktivitas sehari-harinya layaknya orang normal sebab kemampuan mengingatnya akan berkembang.

Sponsors Link

4. Terapi kreatif

Terapi kreatif pada dasarnya berpusat pada kreasi dan kreativitas seseorang. Penderita amnesia tentunya juga bisa mengikuti jenis terapi ini untuk mengembangkan kemampuan otaknya. Menuangkan kreasi dan kreativitas dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan seseorang serta dapat mengembangkan kemampuan otak.

Oleh karena itu penderita amnesia disarankan untuk mengikuti terapi jenis ini sekaligus untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya. Terapi kreatif sering kali disebut juga dengan istilah terapi seni atau terapi musik. Dengan menjalani terapi kreatif tentunya penderita amnesia dapat mengembangkan kreativitasnya di bidang seni ataupun di bidang musik.

5. Bantuan dari keluarga

Bantuan dari keluarga sangat diperlukan bagi penderita untuk salah satu cara mengobati amnesia jika ingin segera pulih. Bantuan dapat diberikan dalam bentuk dukungan kepada anggota keluarga yang menderita gangguan amnesia. Untuk mengetahui bagaimana cara tepat yang bisa dilakukan dalam membantu proses pemulihan penderita amnesia maka sebaiknya keluarga mengikuti suatu jenis pelatihan.

Dalam pelatihan tersebut suatu keluarga akan diberikan pengajaran mengenai cara-cara yang dapat dilakukan untuk berinteraksi dengan penderita amnesia secara tepat. Selain itu keluarga tersebut juga akan diajarkan mengenai cara-cara yang dapat dilakukan pada penderita amnesia agar ia segera pulih kembali.

6. Konsumsi obat herbal

Konsumsi obat herbal hingga saat ini masih dijadikan sebagai terapi pengobatan alternatif yang dilakukan oleh seseorang sebagai salah satu cara mengembalikan amnesia. Obat herbal tentu saja berasal dari tanaman biasa yang kemudian diolah hingga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk penyakit amnesia.

Misalnya saja buah apel dan buah jeruk yang umumnya dijadikan sebagai obat untuk memperbaiki sel otak karena buah-buah tersebut diketahui mengandung vitamin C. Selain itu masih ada tanaman lain yang dikonsumsi oleh penderita amnesia secara rutin agar ingatannya bisa pulih kembali.

ads

7. Konseling

Konseling sangat diperlukan bagi penderita amnesia yang pernah mengalami masa-masa traumatis hingga menyebabkannya mengalami hilang ingatan. Beberapa kasus memang bisa membuat seseorang mengalami trauma psikologis seperti misalnya kekerasan seksual, kekerasan fisik, dan lain sebagainya.

Berbagai kekerasan tersebut sangat mengerikan bagi seseorang hingga ia memaksa dirinya untuk melupakan masa lalu. Secara lambat laun hal ini pun berdampak pada kinerja otaknya yang kemudian mengalami kemunduran dan kelemahan. Untuk mengatasi hal ini maka penderita penyebab amnesia perlu mendapat layanan konseling dari psikiater atau psikolog.

8. Kontrol berkala

Kontrol berkala pada dokter atau psikiater atau tim medis dan terapis lainnya sudah seharusnya dilakukan oleh pasien yang menderita amnesia. Kontrol seharusnya dilakukan secara rutin dan sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh dokter atau terapis. Dengan melakukan kontrol secara berkala maka dokter atau terapis dapat membantu pasien untuk mengatasi gangguannya dengan tepat.

Selain itu pasien juga akan mendapatkan pengobatan yang akurat sehingga ingatannya dapat segera pulih kembali. Tentu saja kontrol serta proses perawatan dan penyembuhan harus dilakukan secara berulang-ulang agar pasien dapat memperoleh kesembuhan dengan maksimal.

9. Akupuntur

Akupuntur merupakan teknik pengobatan yang sudah lama ada dan sering kali dijadikan sebagai terapi pengobatan alternatif. Dalam teknik akupuntur digunakan media berupa beberapa jarum yang bersih dan steril. Jarum-jarum tersebut akan dimasukkan ke dalam tubuh dengan disesuaikan pada jenis penyakit yang diderita oleh pasien.

Terapis akupuntur akan memasukkan jarum-jarum tersebut pada beberapa titik di tubuh pasien. Akupuntur diduga dapat mengembalikan fungsi saraf termasuk saraf otak sehingga teknik ini cocok untuk digunakan oleh penderita amnesia.

10. Menggunakan peralatan teknologi canggih

Menggunakan peralatan teknologi canggih bisa membantu memulihkan ingatan dari penderita amnesia. Peralatan teknologi canggih yang dimaksud misalnya seperti televisi, komputer, gadget, dan lain sebagainya. Beberapa sarana elektronik tersebut dapat difungsikan untuk membantu memperbaiki daya kerja otak. Oleh karena itu penderita amnesia sebaiknya melatih kinerja otaknya dengan menggunakan bantuan dari beberapa alat teknologi canggih.

Cara mengembalikan amnesia seperti yang telah disebutkan di atas tampaknya dapat diterapkan pada penderita amnesia yang ingin memperoleh kesembuhan. Namun beberapa tips dan terapi tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin agar dapat memberikan hasil secara maksimal.

Dengan menjalani prosedur cara mengembalikan ingatan orang amnesia secara rutin maka ingatan akan segera pulih dan yang terutama adalah pemulihan tersebut akan terjadi tanpa adanya efek samping yang tidak diharapkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia