Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Stroke Sebelah Kanan Dijamin Sembuh

Sponsors Link

Penyakit penyebab stroke di usia muda dapat menyerang bagian tubuh manapun, baik sisi kiri ataupun kanan, dimana cara penanganan keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda. Baik cara mengatasi stroke sebelah kanan ataupun kiri memiliki cara yang kurang lebih sama. Hanya saja karena terkadang stroke terjadi hanya pada satu sisi tubuh, ada beberapa organ yang terimbas dan berbeda antara sisi kanan serta kiri tubuh.

ads

Adapun seringkali penderita stroke masih juga belum mengetahui benar tentang penyakit stroke, terutama bagaimana mengatasinya jika terlanjur terjadi. Oleh sebab itu, berikut ini akan diberikan penjelasan yang lebih terinci mengenai cara mengatasi stroke sebelah kanan badan supaya dapat cepat pulih seperti sedia kala.

1. Penggunaan Obat Herbal

Salah satu cara untuk mengobati gejala stroke yaitu dengan jalan melakukan terapi pengobatan herbal. Terapi ini umumnya dipilih oleh orang yang tidak menginginkan efek samping lanjutan pada metode yang dipilih. Ada beberapa alternatif obat herbal yang dapat dipilih. Selanjutnya akan dibahas beberapa macam contoh pengobatan herbal, yang selain lebih alami juga bebas efek samping yang berbahaya.

  • Bawang putih, menggunakan bawang putih dalam berbagai masakan yang dibuat merupakan salah satu cara menangani orang stroke. Karena bawang putih mengandung antibiotik alami yang dapat bekerja untuk memperlancar peredaran darah pada penderita stroke. Sehingga sumbatan pada pembuluh darah dapat menjadi lancar kembali.
  • Daun sambiloto, merupakan salah satu alternatif herbal yang membantu meningkatkan kelancaran peredaran darah dan menghindari pembentukan lemak pada peredaran darah. Sehingga dengan minum sari daun sambiloto berguna untuk menyembuhkan gejala stroke yang terjadi pada sisi kanan tubuh penderita.
  • Buah mengkudu, disinyalir dapat meningkatkan percepatan pemulihan pada penderita penyakit stroke. Oleh sebab itu dapat dijadikan pengobatan alternatif yang tepat pada gejala stroke ringan.
  • Teh hijau, yang mana jika dikonsumsi secara rutin dapat memperlancar aliran peredaran darah ke seluruh organ tubuh. Sehingga berkhasiat mengatasi gejala stroke ringan pada tubuh.

2. Pemakaian Obat Medis

Ada beberapa macam pengobatan medis yang umumnya dipakai oleh dokter. Oleh sebab itu sebaiknya orang awam meminta petunjuk dokter terlebih dahulu. Karena pengobatan medis dapat membawa efek samping yang cukup berbahaya. Sebaiknya selalu tanyakan dosis yang tepat pada dokter dan jangan sampai terjadi overdosis. Adapun berikut ini adalah obat-obatan yang umumnya diresepkan dokter pada penderita stroke.

  • Antibiotik, yang berfungsi mencegah komplikasi penyakit lanjutan karena penderita stroke yang tubuhnya melemah. Sehingga macam-macam bakteri ataupun virus penyebab infeksi lanjutan dapat dihindari.
  • Obat pengencer darah, yang berfungsi untuk menghindari kekentalan darah supaya tidak terjadi penyumbatan akibat aliran darah yang bekerja terlalu lambat. Dengan obat pengencer darah maka sumbatan pada gejala stroke dapat diatasi dengan segera.
  • Omega tiga, biasanya diresepkan dokter untuk membantu menjaga supaya tidak terbentuk endapan kolesterol dalam darah. Karena itu sebaiknya selalu konsumsi omega tiga setiap hari apabila sering makan makanan yang berlemak.
    Sponsors Link

3. Melakukan Terapi Alternatif

Ada beberapa cara mengatasi stroke sebelah kanan, di antaranya yaitu dengan melakukan terapi alternatif. Hingga saat ini ada beberapa alternatif terapi yang dipercaya dapat membantu mempercepat kesembuhan macam-macam penyakit saraf pada penderita stroke. Adapun jenis terapi alternatif yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut.

  • Tusuk jarum, yang dipercaya sejak lama dapat membantu melancarkan jalannya aliran darah. Karena itu terapi ini sangat cocok bagi penderita stroke. Dengan melakukan terapi tusuk jarum secara berkala, maka penyakit dan gejala stroke dapat mereda serta cepat pulih kembali.
  • Pijat refleksi, juga dapat membantu melancarkan jalannya aliran darah. Dengan pijat ini maka titik-titik saraf tertentu di tubuh manusia akan dioptimalkan aliran darahnya. Apabila terkena stroke bagian kanan maka cukup pijat titik yang berhubungan di telapak kaki. Cara ini telah bekerja selama bertahun-tahun dan terbukti membawa perubahan.

4. Dengan Fisioterapi

Langkah selanjutnya untuk mengatasi stroke yaitu dengan jalan melakukan fisioterapi pada tenaga medis yang telah berpengalaman. Hal ini sangat cocok untuk membantu memulihkan sistem saraf yang mengalami kerusakan akibat serangan penyakit stroke. Jika gejala stroke terjadi di sisi tubuh bagian kanan maka sebaiknya selalu latih tubuh sisi kanan seperti kaki kanan dan tangan kanan supaya dapat berkoordinasi dengan baik. Melakukan fisioterapi dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan tidak dapat menunjukkan hasil dengan instan. Oleh sebab itu terapi ini harus dilakukan selama berbulan-bulan agar penderita stroke ringan dapat pulih kembali fungsi tubuhnya.

5. Menjaga Gaya Hidup

Cara mengatasi stroke sebelah kanan berikutnya yaitu dengan jalan menjaga gaya hidup sehari-hari. Karena pengobatan apapun yang dilakukan tidak dapat berhasil maksimal apabila tidak disertai pola hidup sehat yang baik. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika tidak ingin terserang stroke kembali.

Sponsors Link

  • Hindari terlalu banyak makan makanan penyebab stroke yang mengandung terlalu banyak lemak. Sebaiknya makan banyak buah dan sayur yang mengandung serat, vitamin dan mineral. Hal ini akan membantu kestabilan komposisi lemak di dalam pembuluh darah.
  • Usahakan untuk olahraga teratur agar lemak dalam tubuh dapat terbakar dengan baik. Sehingga membantu terjadinya penumpukan lemak dalam darah.
  • Hindari merokok ataupun minuman beralkohol, karena kedua hal ini akan memperparah terjadinya sumbatan lemak dalam darah dan merupakan penyebab stroke yang cukup sering.
  • Usahakan untuk istirahat teratur supaya metabolisme tubuh lebih lancar. Dengan cukup tidur dan istirahat maka peredaran darah otomatis menjadi lebih lancar.
  • Jaga pikiran dan hati supaya selalu tenang dalam menghadapi sesuatu dan hindari terjadinya stress. Karena tanpa disadari stress merupakan pemicu menurunnya metabolisme tubuh yang dapat berakhir dengan serangan stroke pada tubuh baik sisi kanan maupun kiri.

6. Meningkatkan Imunitas

Sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Salah satunya pada penderita stroke yaitu dengan jalan mengkonsumsi multivitamin. Dengan daya tahan tubuh yang maksimal, maka penderita stroke dapat terhindar dari serangan stroke yang berbahaya. Karena saat tubuh sehat secara maksimal maka fungsi organ tubuh akan bekerja dengan optimal juga. Karena itu usahakan untuk rajin minum multivitamin. Dengan demikian maka kebutuhan gizi dan nutrisi pada penderita stroke dapat tercukupi dengan baik.

Demikian beberapa cara mengatasi stroke sebelah kanan. Yang paling penting untuk diingat yaitu segera lakukan penanganan sejak terjadinya serangan gejala stroke ringan pada wajah yang paling mudah terlihat. Jangan disepelekan terutama didiamkan saja. Karena penanganan stroke tidak boleh terlambat. Jika terlambat maka resikonya akan timbul kerusakan jaringan yang tidak diinginkan. Jika sudah terjadi kerusakan maka kemungkinan besar sistem saraf serta otot tubuh tidak dapat mengalami pemulihan seperti yang diharapkan. Oleh sebab itu segera lakukan pengobatan dan terapi yang sesuai dengan petunjuk dokter atau tenaga medis lainnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stroke