Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Stroke Mendadak Yang Paling Tepat

Sponsors Link

Serangan stroke bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Yang mengejutkan, saat ini banyak orang yang masih muda telah terkena serangan stroke. Sehingga mengetahui gejala awal penyakit stroke tentunya merupakan hal yang penting. Termasuk cara mengatasi serangan stroke mendadak. Di masa sekarang ini rupanya hal tersebut penting untuk diketahui. Sehingga jika kerabat atau teman kita terserang stroke, kita dapat membantu mengatasinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi stroke mendadak yang dapat kita lakukan:

ads

1. Tetap berbaring

Stroke terjadi karena penyumbatan maupun pecahnya pembuluh darah di otak. Sehingga secara otomatis aliran darah akan menuju ke otak. Karena itu biarkan pasien tetap berbaring dan jangan dipaksakan untuk duduk. Supaya aliran darah tidak mengalami shock dan serangan stroke tidak bertambah parah. Lebih baik lagi untuk menghindari serangan stroke sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan penyebab stroke.

2. Tetap sadarkan pasien

Usahakan agar pasien tetap sadar. Karena dengan demikian maka saraf pasien tetap bekerja secara optimal. Apabila kehilangan kesadaran, besar kemungkinan saraf tidak berfungsi lagi dan penderita serangan akan mengalami koma.

3. Jangan ke dokter umum

Kebanyakan orang yang panik membawa penderita ke dokter umum terlebih dahulu. Sebaiknya jangan dilakukan karena hanya akan membuang waktu saja. Perhatikan bahwa ada waktu emas serangan stroke yang mana masih bisa disembuhkan. Jika waktu ini dipergunakan dengan baik maka dapat menunjang proses penyembuhan stroke dengan cepat.

4. Segera ke rumah sakit

Cara mengatasi stroke mendadak yang paling tepat yaitu dengan segera membawa pasien ke rumah sakit. Karena di rumah sakit pasien akan dapat ditangani lebih baik dan diperiksa oleh dokter yang bersangkutan. Dengan diagnosa yang tepat maka sakit stroke dapat segera ditangani. Ingatlah bahwa 3 jam pertama setelah serangan stroke adalah masa emas yang dapat menyembuhkan penderita serangan stroke. Jangan ditunda-tunda dan segera bawa pasien dengan ciri-ciri kena stroke langsung ke ruang gawat darurat. Dengan demikian kemungkinan penderita stroke untuk cepat pulih lebih besar.

5. Berikan obat pengencer darah

Cara berikutnya yaitu dengan memberikan obat pengencer darah pada penderita stroke. Saat ini ada banyak merek yang beredar di pasaran dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Dengan memberikan obat pengencer darah diharapkan dapat memperlancar aliran darah penderita dan meredakan gejala stroke yang terjadi. Lebih baik jika obat yang diberikan sesuai dengan resep dokter. Karena jika tidak bisa memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

6. Berikan obat penghancur lemak

Ada beberapa macam penyakit stroke, termasuk stroke iskemik dan stroke hemoragik. Perbedaan stroke hemoragik dan iskemik yaitu pada tipe stroke yang terjadi. Kebanyakan serangan stroke akibat penyumbatan pembuluh darah oleh lemak. Karena itu sebaiknya segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan injeksi obat penghancur lemak darah.

Dengan demikian arteri yang tersumbat dapat kembali lancar dan kondisi tubuh dapat dipulihkan. Lain halnya bila terlambat memberi obat, maka bagian pembuluh darah yang tersumbat akan kekurangan oksigen sehingga fungsi saraf akan mati dan susah untuk dikembalikan seperti sedia kala.

Demikian beberapa cara mengatasi stroke mendadak yang penting untuk diingat. Sehingga dengan penanggulangan yang tepat, maka serangan stroke dapat segera diatasi dan dipulihkan. Yang paling penting yaitu tidak terlambat memberikan pertolongan. Karena setiap detik dari serangan stroke akan sangat berarti bagi kesembuhan termasuk nyawa penderita penyakit stroke.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke