Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Stroke Yang Efektif Dan Berkhasiat

Sponsors Link

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya yang butuh untuk segera ditangani dengan berbagai macam cara mengatasi stroke. Oleh sebab itu jika mendapati penderita stroke sebaiknya jangan dibiarkan saja, melainkan segera dicari cara pengobatan yang paling baik agar kondisi badan baik fisik maupun mental penderita dapat dipulihkan. Karena bahaya penyakit ciri-ciri orang terkena stroke ringan ini sangat banyak, termasuk resiko kelumpuhan maupun bahkan dapat berakibat pada kematian.

ads

Inilah sebabnya stroke bukan penyakit yang bisa disepelekan dan membutuhkan perhatian khusus dalam melakukan perawatannya. Sehingga penderita stroke dapat segera pulih dan dapat beraktivitas normal kembali seperti sedia kala. Minimal penderita stroke harus dapat kembali mandiri melakukan aktivitas pribadinya.

Tentunya mengatasi stroke juga bukan perkara yang mudah. Karena saat ini ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi badan yang sedang sakit tanda dan gejala stroke. Hanya saja semua metode yang tersedia bergantung pada kecocokan pada masing-masing penderita. Belum tentu ketika suatu metode diterapkan pada pasien yang satu akan cocok juga jika diterapkan pada pasien lainnya.

Sehingga perlu dipilih cara yang paling baik untuk kesembuhan yang paling efektif. Pastinya banyak yang bingung memilih metode terbaik dalam mengatasi penyakit ini. Karena itu berikut ini akan dibahas lebih lanjut tentang berbagai macam pilihan cara mengatasi stroke yang paling efektif dan manjur dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Sehingga ada beberapa pandangan tentang cara mana yang paling baik diterapkan pada penderita.

1. Pengobatan Medis

Cara utama yang biasanya akan ditempuh oleh sebagian penderita penyebab stroke di usia muda yaitu melalui pengobatan medis. Cara ini adalah langkah yang paling cepat dan mudah dilakukan karena segera dapat dilakukan begitu mendapat resep obat maupun saran dari dokter. Umumnya dokter akan memberikan resep berupa vitamin B yang membantu memperkuat saraf yang lemah. Kemudian juga dokter akan memberikan obat pengencer darah agar aliran darah pasien tidak mengalami hambatan dan semakin lancar. Pengobatan ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yaitu sebagai berikut.

Kelebihan pengobatan medis umumnya sebagai berikut:

  • Lebih cepat bekerja karena segera bekerja di pusat saraf otak, sehingga dapat membantu menyembuhkan stroke dengan tempo waktu yang lebih cepat.
  • Lebih efektif karena bekerja langsung pada pusat permasalahan.

Sedangkan kekurangan pengobatan medis yaitu sebagai berikut:

  • Lebih mahal karena proses pembuatan yang lebih susah sehingga memakan banyak biaya.
  • Memiliki efek samping karena dibuat dari bahan dasar kimia yang berbahaya bagi tubuh.

2. Pengobatan Herbal

Cara selanjutnya yang dapat ditempuh bagi penderita stroke yaitu dengan memilih pengobatan herbal yang lebih alami. Ada berbagai macam jenis pengobatan herbal yang dapat dilakukan. Baik dengan makan bawang putih tunggal maupun dengan minum berbagai macam ramuan herbal seperti jus mengkudu, sarang semut, dan sebagainya. Berikut kelebihan maupun kekurangan metode ini.

Sponsors Link

Kelebihan cara herbal yaitu:

  • Lebih murah karena bahan dasarnya alami dan tidak membutuhkan proses yang berbelit untuk memproduksinya.
  • Lebih minim efek samping karena terbuat dari bahan alami yang umumnya tidak berbahaya bagi tubuh manusia.

Sementara kekurangan cara ini yaitu:

  • Proses kesembuhan yang lama karena tidak langsung bekerja pada pokok permasalahan sehingga harus digunakan lebih teratur dan lebih sabar dalam prosesnya.
  • Masih mungkin menimbulkan alergi pada sebagian orang yang tidak tahan terhadap bahan-bahan tertentu.

3. Mengubah Gaya Hidup

Jika ingin mengatasi stroke supaya tidak terulang lagi, maka pilihan selanjutnya yaitu mengubah gaya hidup yang tidak baik. Misalnya dengan mulai rajin olah raga maupun dengan berhenti merokok ataupun menghindari makanan yang berlemak tinggi. Dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, maka resiko serangan macam-macam penyakit stroke akan dapat dihindari.

Namun umumnya cara seperti ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu termasuk penderita belum tentu konsisten saat menjalani pola hidup ini, sehingga resiko serangan stroke akan tetap muncul. Namun kelebihan metode ini, jika dilakukan dengan tepat maka dapat membantu penderita untuk hidup lebih sehat dan minim dari resiko serangan berbagai macam penyakit.

ads

4. Terapi Tusuk Jarum

Cara mengatasi stroke yang lain yaitu dengan menggunakan terapi tusuk jarum. Terapi ini banyak dipilih oleh sebagian besar penderita stroke karena langsung terasa manfaatnya. Adapun berikut ini beberapa kelemahan dan kelebihan penyembuhan stroke menggunakan terapi tusuk jarum.

Kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  • Langsung bekerja efektif pada peredaran darah yang tersumbat. Sehingga umumnya penderita langsung merasakan perubahannya dengan hanya beberapa kali terapi.
  • Mudah dilakukan karena saat ini banyak terapi tusuk jarum yang bersertifikat dimana-mana.

Sedangkan kelemahan metode ini yaitu:

  • Harus dilakukan tenaga terampil yang bersertifikat. Karena jika tidak maka dapat berbahaya dan menimbulkan cedera.
  • Pada beberapa penderita merasa kurang nyaman melakukan metode ini karena cara melakukan metode yang terkadang membuat penderita merasa takut.

5. Pijat Refleksi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pijat refleksi. Ini merupakan metode yang banyak pula dilakukan oleh para penderita stroke. Adapun berikut ini kelebihan maupun kekurangan jika memakai terapi berupa pijat refleksi.

Kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  • Bekerja tepat di pusat saraf yang terkena serangan stroke. Sehingga umumnya akan lebih efektif dan tepat pada sasaran untuk memulihkan kondisi tubuh penderita stroke.
  • Lebih nyaman pada sebagian penderita stroke karena mudah dilakukan dan prosesnya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sedangkan kelemahan memakai terapi ini yaitu:

  • Tidak bekerja dalam jangka waktu singkat atau membutuhkan waktu tertentu untuk dapat bekerja secara efektif. Sehingga dibutuhkan kesabaran dalam melakukan terapi ini agar bekerja maksimal menyembuhkan penyakit.
  • Harus dilakukan oleh petugas profesional yang bersertifikat. Ada banyak pelaku refleksi namun tidak semuanya resmi memiliki kompetensi menyembuhkan penyakit. Sehingga sebaiknya pilih yang kompeten dan ahli dalam terapi penanganan penyakit stroke.

6. Fisioterapi

Cara yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu dengan melakukan fisioterapi sesuai anjuran dokter. Kelebihan dari metode ini yaitu lebih terinci perkembangannya dan fokus pada bagian tubuh yang terserang stroke. Sehingga jika dilakukan dengan teratur akan membuahkan hasil yang positif. Namun kelemahannya yaitu harus dilakukan di beberapa rumah sakit tertentu yang menyediakan jasa fisioterapi yang kompeten. Karena saat ini tidak semua rumah sakit memiliki jasa ini. Sehingga harus sesuai dengan rekomendasi dokter dan melakukan di klinik atau rumah sakit yang sesuai.

Demikian beberapa cara mengatasi stroke yang dapat dijadikan pilihan untuk membantu memaksimalkan kesembuhan pada para penderita stroke. Dengan metode yang paling baik serta efektif dan berkhasiat, maka diharapkan penderita gejala awal penyakit stroke dapat segera pulih dan dapat kembali beraktivitas normal. Yang lebih penting lagi, yaitu menjaga agar penderita stroke tidak mendapatkan serangan kedua yang lebih fatal. Sehingga resiko penyakit stroke yang timbul akan menurun dan resiko seperti kelumpuhan dan bahkan kematian dapat dihindari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke