Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak Terampuh

Sponsors Link

Cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak adalah hal yang cukup penting. Hal ini dapat dilakukan sesegera mungkin agar tidak sampai terjadi resiko komplikasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak.

ads

1. CT Scan

CT Scan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memeriksa penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di otak. CT Scan ini memanfaatkan sinar X dalam melakukan pemeriksaan kepada pasien. Dengan menggunakan sinar X maka seluruh organ tubuh dapat tergambarkan dengan jelas.

Dengan demikian maka penyebab pembuluh darah di otak dapat diketahui dengan pasti. CT Scan juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada pendarahan otak, ataukah sel tumor, ataukah penyakit gejala awal stroke di dalamnya. Dengan mengetahui penyebab penyumbatan pembuluh darah tersebut maka pengobatan dapat dilakukan secara tepat sehingga pasien akan pulih kembali.

2. MRI

MRI singkatan dari Magnetic Resonance Imaging. Sama halnya dengan CT Scan ternyata MRI juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui penyebab penyumbatan pembuluh darah di otak. Namun bedanya MRI ini memanfaatkan gelombang radio magnet sehingga alat ini dapat menampilkan organ otak pasien secara rinci.

Alat ini juga seringkali digunakan untuk mendeteksi gejala infeksi otak serta berbagai kerusakan yang ada di otak sebagai akibat dari pendarahan dan penyakit gejala stroke ringan pada wanita. Pemeriksaan otak dengan menggunakan MRI merupakan cara modern yang kini semakin banyak dilakukan di berbagai rumah sakit.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah tanaman yang seringkali dijadikan sebagai rempah rempah serta sebagai tanaman obat. Bawang putih dipercaya dapat memulihkan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah di otak. Sebab pada bawang putih terdapat kandungan antioksidan dan berguna untuk mengatasi aksi radikal bebas yang ada pada tubuh.

Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat alami sehingga bebas dari bahan kimia. Selain itu harganya juga murah bila dibandingkan dengan obat berbahan kimia lainnya. Karena khasiatnya ini maka di zaman sekarang semakin banyak toko obat atau apotek yang menjual kapsul berisi bawang putih untuk pengobatan.

4. Delima

Delima juga dapat digunakan sebagai tanaman atau bahan alami yang bisa diolah untuk menyembuhkan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah di otak. Sama halnya dengan bawang putih ternyata delima juga memiliki kandungan berupa antioksidan yang tentunya dapat membantu Anda dalam menangani radikal bebas. Radikal bebas bisa saja menjadi penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah di otak.

Oleh karena itu mengonsumsi delima merupakan salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyumbatan tersebut. Cara mendapatkan buah delima juga sangat mudah sebab buah delima ini dijual di berbagai toko buah.

Sponsors Link

5. Teh Hijau

Teh hijau terbuat dari daun tanaman teh yang dipetik serta mengalami suatu proses pemanasan agar dapat mencegah oksidasi. Teh hijau sama halnya dengan bawang putih dan buah delima ternyata mengandung antioksidan yang berfungsi untuk cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak. Teh hijau juga biasa digunakan sebagai produk minuman untuk menjaga berat badan sekaligus untuk menjaga kesehatan jantung.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari teh hijau. Teh hijau sebagai minuman tradisional sebenarnya sudah dikonsumsi sejak dulu. Bahkan minuman ini juga digunakan sebagai salah satu metode pengobatan herbal.

6. Salisilat

Salisilat bisa berfungsi untuk mengencerkan darah secara alami. Darah yang encer tentu saja akan mengalir dengan lancar hingga tak mungkin menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat berakibat macam-macam penyakit stroke. Salisilat sendiri dapat diperoleh secara alami pada beberapa bahan makanan seperti misalnya bahan rempah, buah-buahan yang dikeringkan, kacang-kacangan, serta beberapa zat perasa dan pengawet makanan alami.

Salisilat pada dasarnya bekerja dengan cara memblokir vitamin K yang memiliki peran dalam proses pembekuan darah. Selain itu salisilat juga berperan dalam memperlancar aliran darah serta memperlancar metabolisme tubuh.

7. Vitamin E

Vitamin E memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Misalnya saja vitamin E dapat membantu mencegah terjadinya over oksidasi sehingga tubuh akan selalu sehat. Selain itu vitamin E juga seringkali digunakan untuk memperlambat proses pembekuan darah sehingga aliran darah akan tetap lancar.

ads

Bahkan bila mengonsumsi vitamin E secara bersamaan dengan beberapa obat pengencer darah maka resiko terjadinya memar dan pendarahan pada seseorang akan berkurang. Vitamin E bisa diperoleh dari beberapa bahan makanan misalnya seperti almond, sawi, bayam, paprika merah, kiwi, brokoli, gandum, dan minyak nabati.

8. Asam lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah pada seseorang. Selain itu asam lemak ini juga cenderung mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga darah tetap encer. Asam lemak omega-3 juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam kecemasan serta depresi.

Karena manfaatnya ini maka para ahli merekomendasikan konsumsi omega-3 dengan batasan porsi yaitu dua sampai dengan tiga kali dalam satu minggu. Sebab asam lemak omega-3 umumnya terdapat pada ikan. Namun saat ini semakin banyak ikan di tanah air yang terpapar kandungan merkuri.

9. Antibiotik Alami

Antibiotik alami bisa didapatkan pada beberapa makanan seperti bawang putih, madu, kayu manis, serta minyak zaitun. Beberapa bahan makanan tersebut terutama bawang putih seringkali dikonsumsi orang karena mengandung antibiotik alami. Karena itu bawang putih dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalam usus.

Selain itu konsumsi bahan makanan yang merupakan antibiotik alami dalam jangka panjang diduga dapat membuat darah cenderung lebih cair. Tentu saja hal ini akan membuat aliran darah menjadi lancar dan menekan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

10. Sinar Matahari

Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang paling dikenal dari sinar matahari adalah membantu proses pembentukan vitamin D yang akan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Selain itu sinar matahari pagi juga memiliki peran dalam melancarkan sistem peredaran darah.

Pembuluh darah yang terpapar sinar matahari pagi tentu saja akan melebar hingga mencapai ukuran yang maksimal sehingga sistem peredaran darah secara keseluruhan akan berlangsung secara normal. Lancarnya sistem peredaran darah tentu saja akan membantu cara mengatasi stroke.

11. Olahraga

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat dalam kehidupan Anda. Dengan berolahraga secara rutin maka tubuh akan menjadi bugar dan kesehatan akan selalu terjaga. Sebab olahraga dapat berguna untuk membantu melancarkan aliran darah dan memperkecil resiko terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Olahraga juga dapat membakar kalori yang ada dalam darah. Maka dari itu lakukan olahraga setiap hari secara rutin setidaknya selama 10-20 menit hingga tubuh Anda mengeluarkan keringat.

Cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak di atas umumnya cukup efektif. Sehingga resiko terjadi penyakit seperti ciri-ciri orang terkena stroke ringan dapat dicegah. Dengan demikian maka tubuh akan lebih sehat dan segar.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stroke