Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Penyakit Alzheimer Paling Manjur

Sponsors Link

Cara mengatasi penyakit alzheimer bisa dilakukan dengan beberapa macam langkah. Penyakit alzhimer sendiri pada dasarnya merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya gejala berupa lemahnya sel saraf otak. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan aktivitas seseorang menjadi terganggu. Sebab bila sel saraf otak mengalami gangguan maka saraf-saraf pada bagian tubuh lainnya juga akan mengalami gangguan.

ads

Hal ini bisa saja terjadi oleh karena setiap saraf pada tubuh manusia itu saling berhubungan. Dengan adanya kerusakan pada sel saraf otak maka respon tubuh secara otomatis menjadi lebih lamban dan semakin hari akan semakin lamban jika gejala dari definisi penyakit alzheimer itu tidak segera ditangani.

Oleh karena itu penanganan harus segera dilakukan untuk mengatasi alzheimer agar tidak menimbulkan risiko yang lebih besar lagi. Berikut ini kami berikan beberapa hal yang dapat dilakukan oleh penderita alzheimer dalam rangka mengatasi penyakitnya tersebut.

1. Memiliki Pola Hidup Sehat

Seseorang tentu akan terjaga kesehatannya bila ia memiliki pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa diperoleh melalui berbagai cara di antaranya adalah mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi cukup dan seimbang bagi tubuh.

Makanan sehat di antaranya adalah sayuran dan buah-buahan yang umumnya mengandung vitamin dan mineral. Nutrisi ini tentu diperlukan oleh otak agar kinerja otak bisa menjadi optimal. Di samping itu Anda juga perlu rutin berolahraga agar fungsi otak bisa berjalan secara maksimal. Dengan berolahraga maka pikiran dan daya ingat akan selalu terjaga. Selain itu olahraga dapat membuat sel-sel otak semakin sehat seiring dengan bertambahnya kesehatan pada tubuh.

Kesehatan otak tentu saja tidak hanya membutuhkan nutrisi dari makanan serta aktivitas yang dilakukan oleh seseorang saja. Namun kesehatan otak juga bisa dipengaruhi oleh frekuensi istirahat seseorang. Jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup maka kesehatan mental akan terjaga sehingga peluang untuk terjadinya kerusakan pada sel otak bisa semakin diperkecil.

2. Melatih Otak

Gejala penyakit alzheimer sering kali diidentikkan dengan hilangnya sebagian atau seluruh memori. Selain itu penyakit ini juga sering kali disebut sebagai penyebab dari timbulnya kepikunan terutama pada orang yang mulai masuk ke golongan usia lanjut. Namun sebenarnya hilangnya atau melemahnya fungsi otak dan memori ini sebenarnya bisa dicegah atau diatasi.

Salah satunya adalah dengan melatih otak agar otak terus melakukan aktivitas berpikir dan mengingat serta dengan mencari penyelesaian. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk melatih otaknya. Misalnya saja dengan cara memainkan berbagai permainan yang cenderung membuat seseorang untuk berpikir dan terus mengasah otaknya. Beberapa macam permainan tersebut antara lain permainan yang mengandung teka-teki, permainan catur, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Di samping itu untuk untuk mengasah atau melatih otak bisa juga dilakukan hal lain seperti menulis dan membaca. Dengan menulis dan membaca maka otak kita seolah dilatih untuk belajar kembali. Otak yang terus digunakan untuk berpikir tentu saja akan terpelihara kinerjanya sehingga peluang untuk mengalami disfungsi bisa diminimalkan.

3. Menyembuhkan Penyakit

Diketahui bahwa Alzheimer bisa saja timbul dan dialami oleh seseorang karena adanya suatu penyakit atau kondisi medis yang dialami oleh orang tersebut. Beberapa macam penyakit yang bisa menimbulkan alzheimer pada seseorang antara lain seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gejala awal stroke, dan penyakit jantung. Penyakit-penyakit tersebut memang tergolong sebagai jenis penyakit yang berbahaya dan umumnya dialami oleh seseorang karena adanya pola hidup tidak sehat.

Misalnya saja seseorang yang suka mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi serta seseorang yang jarang dan malas berolahraga. Penyakit tersebut juga bisa saja dialami oleh seseorang yang sering kali mengalami kesulitan saat tidur sehingga kurang istirahat. Akibatnya emosi menjadi labil dan orang tersebut lebih mudah mengalami depresi.

Dalam hal ini tentunya penyakit yang dialami oleh penderita Alzheimer harus diobati terlebih dahulu agar bisa menjadi sembuh. Bila penyakit tersebut telah berhasil disembuhkan maka gejala alzheimer yang timbul bisa diredakan secara bertahap. Namun proses penyembuhan alzheimer tentunya harus dibantu dengan cara mengatasi penyakit alzheimer melalui obat-obatan dari dokter serta beberapa jenis terapi.

ads

4. Tetap Beraktivitas

Untuk mengurangi atau meredakan gejala alzheimer tentunya seseorang perlu untuk terus beraktivitas sehingga fungsi kerja otak dapat tetap dijaga dan dipertahankan. Dengan tetap beraktivitas maka otak akan terus bekerja dengan cara terus berpikir serta mengingat sesuatu. Otak juga akan digunakan untuk terus mencari solusi atau penyelesaian dari suatu masalah.

Aktivitas yang dilakukan oleh seorang penderita alzheimer sebaiknya ringan-ringan saja dan jangan sampai terlalu berat. Sebab aktivitas yang terlalu berat justru dapat membuatnya menjadi sakit atau mungkin menimbulkan penyakit lainnya. Yang penting disini adalah aktivitas tersebut dilakukan secara rutin sehingga membuat otak untuk terus bekerja.

Aktivitas yang dilakukan bisa berupa apa saja termasuk olahraga. Beberapa contoh aktivitas olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita alzheimer terutama yang telah memasuki usia lanjut antara lain jalan santai, bersepeda santai, berenang, dan lain sebagainya.

Namun sebaiknya beberapa aktivitas olahraga tersebut dilakukan dengan dampingan dari orang lain. Sebab penderita alzheimer berisiko lupa terhadap jalan pulang bila berjalan atau bersepeda terlalu jauh dari rumah. Oleh sebab itu sebaiknya penderita alzheimer tidak dibiarkan melakukan segala sesuatunya sendiri namun tetap harus dilatih untuk menjadi lebih mandiri.

5. Menjalani Terapi

Untuk cara menyembuhkan alzheimer tentu saja penderita alzheimer akan disarankan oleh dokter untuk mengikuti beberapa jenis terapi. Terapi berguna untuk melatih penderita alzheimer agar terbiasa beraktivitas dengan keterbatasan kondisinya tersebut. Umumnya terapi yang dapat dijalani oleh penderita azheimer antara lain terapi musik. Melalui terapi musik maka penderita alzheimer akan mendengarkan musik sekaligus sedikit bernyanyi untuk mengikuti musik yang didengarkan.

Terapi ini bisa membuat seseorang mengingat kembali beberapa kenangan di masa lalu sehingga otak akan bekerja untuk mengingat. Selain itu ada pula jenis terapi lain yang bisa diikuti yaitu terapi kognitif yang akan membantu penderita alzheimer untuk meningkatkan daya ingatnya serta berlatih melakukan segala sesuatunya secara mandiri.

Ada pula terapi psikologi yang juga perlu diikuti oleh penderita alzheimer dengan tujuan untuk meredakan ketegangan yang dialaminya. Dengan mengikuti terapi psikologi maka kondisi penderita alzheimer diharapkan agar bisa menjadi tenang sehingga ia tidak mudah mengalami kegelisahan ataupun disorientasi.

Cara mengatasi penyakit alzheimer yang telah diuraikan di atas tampaknya bisa membuahkan hasil walaupun obat untuk alzheimer belum tentu bisa disembuhkan secara sepenuhnya. Namun tentunya beberapa cara yang telah kami sarankan tersebut harus dilakukan dengan rutin agar bisa memberikan hasil secara optimal. Dengan melakukan beberapa langkah tersebut maka gejala alzheimer diharapkan dapat segera mereda dan bahkan hilang.

, ,
Oleh :
Kategori : Alzheimer