Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Multiple Sclerosis Paling Efektif Dan Berhasil

Sponsors Link

Cara mengatasi multiple sclerosis sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa tips. Penyakit multiple sclerosis pada dasarnya merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena adanya serangan dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap mielin. Mielin sendiri sebenarnya merupakan pembungkus dari serabut saraf yang teletak pada tulang belakang.

ads

Bila mielin terluka maka saraf yang ada di dalamnya pun bisa saja terluka dan akhirnya mengalami kerusakan. Akibatnya penderita definisi multiple sclerosis mengalami beberapa gejala yang membuat kondisi fisiknya semakin lemah sekaligus mengalami gangguan psikis.

Untuk itu kondisi pasien penderita multiple sclerosis haruslah segera diatasi agar pasien tidak semakin terpuruk dengan keadaannya dan dapat beraktivitas kembali secara normal. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menekan timbulnya gejala pada penderita multiple sclerosis. Beberapa cara mengatasi multiple sclerosis antara lain sebagai berikut.

1. Konsumsi Obat

Penyakit multiple sclerosis memang tidak dapat disembuhkan bahkan dengan obat sekalipun. Namun jika Anda memeriksakan diri ke dokter maka dokter tentu akan memberikan beberapa resep obat kepada Anda. Pemberian resep obat oleh dokter tidak lain bertujuan untuk meringankan berbagai gejala yang muncul dan dialami oleh penderita multiple sclerosis.

Selain itu obat juga dapat berfungsi untuk memperlambat perkembangan penyakit dan bahkan diharapkan agar penyakit tidak semakin berkembang. Adapun beberapa jenis obat yang akan diresepkan oleh dokter untuk mengatasi multiple sclerosis antara lain obat jenis relaksan otot yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala otot kaku.

Selain itu ada pula obat kortikosteroid yang dapat berguna untuk mengurangi serangan kejang yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Masih ada pula jenis obat lainnya yaitu antidepresan yang digunakan untuk mengatasi kelelahan. Sedangkan obat jenis anti kolvusan digunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang biasanya dialami oleh pasien untuk perawatan sklerosis multiple.

Penggunaan setiap jenis obat oleh pasien haruslah berdasarkan pada resep dan anjuran dokter. Konsumsi obat tidak boleh dilakukan secara bebas sebab biasanya obat bersifat keras dan cukup berbahaya.

2. Menjalani Terapi Fisik

Seseorang yang menjalani terapi fisik tentu akan menjalani serangkaian aktivitas yang dilakukan dengan cara mengombinasikan beberapa gerakan tertentu. Terapi fisik umunya dilakukan oleh seorang terapis atas anjuran dokter dan di bawah pengawasan dokter. Terapi ini sering kali dianjurkan oleh dokter kepada pasien penderita multiple sclerosis.

Pasien penderita multiple sclerosis diharapkan agar dapat memperoleh kesembuhan secara perlahan. Setidaknya berbagai macam gejala yang dialaminya bisa ditekan atau diredakan. Melalui terapi fisik akan diajarkan berbagai gerakan sehingga pasien dapat melakukan berbagai gerakan tersebut di bawah pengawasan terapis.

Sponsors Link

Berbagai gerakan tersebut juga dapat dilakukan di rumah tentunya bila pasien sudah mengerti cara melakukannya dengan tepat. Berbagai macam gerakan yang dilakukan pada terapi fisik akan meningkatkan kekuatan otot pasien. Selain itu keseimbangan pasien juga dapat ditingkatkan sehingga beberapa gejala yang dialami oleh penderita gejala multiple sclerosis dapat berkurang secara perlahan.

Gerakan dalam terapi fisik umumnya meliputi gerakan tangan dan kaki dan juga gerakan pinggul. Gerakan dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keseimbangan tubuh secara maksimal. Gerakan juga bertujuan untuk melancarkan sistem koordinasi saraf agar penderita multiple sclerosis tetap dapat melakukan gerakan secara terpadu.

3. Menjalani Terapi Herbal

Kebanyakan pasien penderita multiple sclerosis juga dianjurkan untuk mencoba menjalani terapi herbal sebagai cara mengatasi multiple sclerosis. Terapi herbal tentunya menggunakan bahan dasar berupa tanaman yang kemudian diolah dan diracik hingga menjadi suatu jenis ramuan herbal. Umumnya tanaman yang digunakan merupakan jenis tanaman toga yang sekiranya dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit multiple sclerosis.

Tanaman yang sering kali digunakan untuk dijadikan toga antara lain meliputi tanaman kunyit, temulawak, dan juga kayu manis. Kebanyakan penderita multiple sclerosis mengonsumsi ramuan atau racikan yang dibuat dari bahan alami tersebut karena tanaman tersebut dipercaya dapat memberikan kesembuhan. Untuk membuat ramuan atau racikan dari tanaman tersebut dapat dilakukan berbagai cara.

ads

Cara pengolahan tanaman tersebut pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil ekstrak dari tanaman toga tersebut sehingga ekstrak tersebut bisa dikonsumsi. Tentunya ramuan herbal tersebut harus dikonsumsi secara rutin agar dapat menimbulkan khasiat bagi kesehatan dan kesembuhan Anda. Ramuan bisa diminum sebanyak dua kali dalam sehari agar khasiatnya dapat berfungsi secara optimal.

Di lain hal beberapa penderita penyebab multiple sclerosis mencoba meredakan gejala yang dialaminya dengan menggunakan bahan air hangat. Air hangat dijadikan sebagai bahan kompres dan diletakkan pada beberapa bagian tubuh yang terasa kaku dan tidak enak. Air hangat memang dianggap dapat meredakan ketegangan serta memberikan kenyamanan pada penderita penyakit saraf.

4. Rutin Berolahraga

Penderita penyakit multiple sclerosis sudah seharusnya melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas fisik. Hal ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot serta menghilangkan kekakuan otot pada penderita multiple sclerosis sehingga tubuhnya dapat menjadi lebih mudah untuk digerakkan. Aktivitas fisik juga dapat berguna untuk melatih keseimbangan pasien.

Aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh penderita multiple sclerosis antara lain berupa olahraga. Anda dapat melakukan olahraga ringan dan tidak terlalu berat. Misalnya saja olahraga lari kecil dan berjalan-jalan sambil menggerakkan beberapa bagian tubuh seperti misalnya tangan dan kaki. Olahraga juga seharusnya dilakukan dengan hati-hati agar tidak sampai mencederai diri.

Setidaknya olahraga dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga secara rutin maka maka keseimbangan tubuh bisa Anda peroleh secara alami. Adapun olahraga sebenarnya merupakan sejenis terapi bagi setiap orang sebab olahraga yang dilakukan secara rutin dapat berguna untuk memelihara dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

Tubuh yang kurang berolahraga tentu akan memiliki stamina yang lemah. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat seseorang lebih mudah terserang berbagai macam jenis penyakit yang pada akhirnya akan berujung pada timbulnya multiple sclerosis.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh tentu saja akan berpengaruh secara langsung pada kesehatan seseorang. Karena itu sudah seharusnya tiap orang mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Makanan sehat berarti makanan yang mengandung gizi serta nutrisi yang cukup. Tubuh tentu memerlukan berbagai makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup.

Tentu saja hal ini juga berlaku bagi penderita penyakit multiple sclerosis. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang terutama sayuran dan buah-buahan karena sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Anda juga perlu menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolestrol tinggi sebab kandungan tersebut justru akan semakin memperparah kondisi ciri penyakit sklerosis yang sedang diderita oleh seseorang.

Cara mengatasi multiple sclerosis seperti yang tertera di atas bisa saja Anda lakukan. Namun sebaiknya berbagai upaya untuk mengatasi multiple sclerosis dilakukan secara rutin sehingga Anda mampu menekan gejala yang timbul.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sklerosis Multipel