Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Migrain Berkepanjangan Paling Mudah dan Aman

Sponsors Link

Cara mengatasi migrain berkepanjangan perlu Anda ketahui lebih lanjut agar migrain dapat mereda dan tidak kambuh lagi. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi migrain berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh.

ads

1. Konsumsi Obat

Beberapa jenis obat bisa dikonsumsi oleh penderita migrain untuk mengatasi kondisinya tersebut. Salah satu jenis obat yang bisa dikonsumsi adalah paracetamol atau aspirin yang biasanya digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada kasus migrain.

Selain itu ada pula obat berjenis triptan yang yang dapat meredam perubahan zat kimia di dalam otak sebagai penyebab terjadinya migrain. Sedangkan untuk mnegatasi mual yang kemungkinan terjadi saat seseorang menderita migrain bisa diatasi dengan pemberian obat anti mual yang biasanya diresepkan secara bersamaan dengan obat perda nyeri dan triptan.

Tentunya penggunaan obat ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar penggunaan obat tidak sampai melebihi dosis yang sudah ditentukan.

2. Istirahat dan Tidur

Saat gejala migrain menyerang maka sebaiknya Anda segera beristirahat dan menghentikan seluruh aktivitas Anda. Istirahat sangat penting terutama bila Anda sedang menderita sakit kepala. Selain itu penderita migrain juga seharusnya memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Terutama saat tidur malam hari sudah seharusnya penderita tidur memiliki jam yang cukup. Waktu tidur pada penderita migrain haruslah sesuai dan cukup agar kondisi penderita penyebab migrain bisa segera pulih.

Dengan adanya waktu istirahat yang cukup maka penyakit migrain secara berangsur-angsur akan mereda dan menghilang sehingga Anda terbebas dari penyakit tersebut.

3. Akupuntur

Teknik pengobatan akupuntur sebenarnya merupakan suatu metode penyembuhan penyakit yang sudah ada sejak lama. Dalam pengobatan ini digunakan media jarum yang telah dibersihkan dan telah disterilkan sehingga tidak mengandung kuman atau bakteri.

Pada metode ini jarum akan dimasukkan ke dalam tubuh pasien pada beberapa titik saja. Teknik pengobatan akupuntur ini dikenal dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk diantaranya migrain.

Namun hal ini harus dilakukan oleh terapis yang berpengalaman dan tahu benar di mana letak titik yang harus diberi jarum. Tentu saja akupuntur harus dijalani secara berkala agar penyakit migrain dapat benar-benar sembuh dan tidak mudah kambuh lagi.

Sponsors Link

4. Pijat Kepala

Saat seseorang sedang menderita sakit kepala sering kali ia memijat kepalanya sendiri. Hal ini merupakan salah satu cara instan yang dilakukan oleh banyak orang.

Banyak kasus migrain yang diredakan dengan cara memijat kepala. Pemijatan kepala secara rutin dan berkala dianggap dapat meredakan dan mengatasi penyakit migrain yang sering kali kambuh pada seseorang. Namun memijat kepala harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Hal ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab pemijatan yang ceroboh justru dapat merusak bagian saraf lainnya. Oleh karena itu sebaiknya pemijatan kepala dilakukan oleh orang yang ahli dan telah berpengalaman di bidangnya.

5. Kompres Dingin

Saat seseorang merasakan sakit atau nyeri pada bagian tubuhnya maka ia bisa mengatasinya dengan cara memberikan kompres dingin. Kompres dingin juga dapat dilakukan saat seseorang sedang menderita gejala migrain sehingga nyeri yang ditimbulkannya menjadi semakin mereda.

Kompres dingin bisa dilakukan secara rutin misalnya saat menjelang tidur. Kompres dingin bisa diletakkan di beberapa bagian tubuh atau kepala. Misalnya di bawah dagu sehingga kepala akan terasa lebih ringan dan rasa nyeri yang biasanya timbul bisa semakin berkurang atau mereda.

Sebaiknya kompres dingin juga disertai dengan adanya wkatu istirahat yang cukup dan berkualitas sehingga migrain tidak akan kambuh lagi.

ads

6. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat pada dasarnya adalah makanan yang mengandung nutrisi cukup dan sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang diperlukan tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda. Bagi penderita migrain sebaiknya selalu mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi dan tidak mengandung lemak atau kolesterol dengan kadar yang tinggi.

Sebab lemak dan kolesterol justru dapat menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah dan hal ini berdampak buruk pada saraf. Sebaliknya Anda perlu mengonsumsi jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Makanan sehat diperlukan oleh semua orang agar terhindar dari berbagai jenis penyakit termasuk sakit kepala atau migrain.

7. Olahraga Teratur

Selain mengonsumsi makanan sehat dan istirahat secara teratur tentunya pola hidup sehat menjadi tidak lengkap tanpa olahraga. Olahraga merupakan hal penting yang harus dilakukan secara rutin demi menjaga kesehatan. Jika Anda rajin berolahraga maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk sakit kepala atau migrain.

Untuk mengatasi migrain sebenarnya tidak perlu melakukan olahraga berat. Olahraga yang dilakukan cukup ringan saja namun sering dilakukan dan bahkan hampir setiap hari.

Setidaknya 3 hingga 4 kali seminggu olahraga perlu dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga juga diketahui bisa dijadikan sebagai cara untuk meredakan berbagai jenis sakit kepala yang dialami seseorang.

8. Hindari Suara Bising

Suara bising dapat memperparah keadaan migrain yang sedang dialami oleh seseorang. Tidak hanya itu namun suara bising yang terlalu keras juga bisa saja membuat migrain yang mereda menjadi kambuh kembali. Agar migrain tidak kambuh lagi maka Anda harus menghindari tempat dengan adanya suara yang keras dan bising.

Anda juga bisa melindungi telinga Anda dengan suatu alat pelindung bila berada di tempat yang bising sebagai salah satu langkah pencegahan maupun pengobatan migrain supaya tidak sampai menyerang Anda. Sebab suara bising memang bisa membuat kepala menjadi pusing dan terasa sakit.

9. Hindari Kondisi Terang

Tidak hanya suara bising saja yang dapat menyebabkan seseorang terserang gejala migrain. Rupanya nyala lampu yang terlalu terang juga bisa saja menimbulkan gejala migrain pada seseorang. Oleh karena itu Anda perlu menghindari nyala lampu yang terlalu terang untuk mengatasi kondisi migrain yang mengganggu.

Migrain tentu akan mereda dan tidak akan kambuh lagi jika Anda selalu menjaga diri dan berhati-hati misalnya dengan menghindari cahaya yang terlalu terang.

Sponsors Link

Saat tidur malam pun sebaiknya Anda menggunakan lampu dengan cahaya redup atau lampu dengan watt yang cukup kecil sehingga tidak akan menimbulkan migrain. Dengan demikian kondisi migrain bisa semakin mereda.

10. Mengendalikan Emosi

Semakin seseorang memiliki emosi yang tinggi maka semakin besar pula peluang pada orang tersebut untuk menderita migrain. Emosi yang tinggi bisa menimbulkan stres yang berkepanjangan sehingga menjadi depresi. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan migrain pada seseorang.

Oleh karena itu Anda harus dapat mengelola emosi dengan baik agar tidak sampai mengalami stres atau depresi yang akan semakin memicu terjadinya migrain. Dengan mengendalikan emosi maka secara tidak langsung dapat menjadi terapi migrain yang cukup ampuh.

Cara mengatasi migrain berkepanjangan tersebut di atas dapat dilakukan dengan rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Selain itu hal tersebut di atas juga membantu terciptanya hidup yang lebih sehat. Sehingga kondisi tubuh nyaman dan dapat beraktifitas dengan normal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Migrain