Sponsors Link

10 Cara Mencerdaskan Otak Secara Rutin

Sponsors Link

Cara mencerdaskan otak dapat dilakukan dengan berbagai macam model. Kecerdasan otak memang penting dan selalu diperlukan dalam menghadapi berbagai hal yang terjadi di kehidupan. Untuk itu kecerdasan otak ini perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Berikut ini cara mencerdaskan otak yang dapat dilakukan.

ads

1. Istirahat Cukup

Otak tidak dapat dipaksakan untuk bekerja secara terus-menerus. Otak juga memerlukan istirahat sama halnya dengan tubuh kita. Oleh karena itu bila ada waktu senggang sebaiknya gunakan untuk beristirahat agar otak bisa ikut beristirahat. Istirahat terutama di siang hari bisa ditempuh kurang lebih selama 10-20 menit. Setelah beristirahat tentu saja otak akan menjadi segar dan siap untuk bekerja kembali.

Demikian juga pada saat malam hari sebaiknya tidur dilakukan dengan lelap dan jangan sampai kurang. Saat tidur otak akan merekap seluruh informasi yang telah didapat sehingga pada saat bangun seseorang dapat mengingat kembali mengenai berbagai informasi di masa yang telah lalu maupun yang akan datang.

2. Sarapan Rutin

Banyak orang yang menyepelekan sarapan dan tidak menyediakan waktunya untuk sarapan. Padahal sebenarnya sarapan merupakan hal terpenting. Menu makanan yang dikonsumsi oleh seseorang pada saat sarapan sangat berpengaruh terhadap kinerja otak. Sarapan juga berpengaruh terhadap mental dan emosi pada seseorang.

Sarapan juga memberikan nutrisi serta asupan gizi yang pertama kali bagi tubuh sehingga tubuh bisa beraktivitas dari pagi sampai dengan malam hari. Biasakanlah untuk sarapan di bawah jam 9 pagi agar otak dapat bekerja secara maksimal. Dengan membiasakan diri untuk sarapan maka cara mengembalikan ingatan orang amnesia termasuk kecerdasan akan meningkat dan kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

3. Olahraga Rutin

Tubuh yang sehat dan bugar bisa tetap terjaga jika kita melakukan olahraga secara rutin. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan organ tubuh kita. Dengan berolahraga maka aliran darah pada pembuluh darah dapat berjalan dengan lancar. Sebab olahraga dapat berfungsi untuk membakar lemak dan kalori yang ada pada pembuluh darah.

Dengan terbakarnya lemak jahat dan kalori maka aliran darah pada pembuluh darah menjadi lancar. Demikian juga suplai oksigen yang menuju ke otak juga akan berjalan lancar. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat sel otak menjadi sehat sehingga otak dapat bekerja dengan baik.

4. Makanan Sehat

Menu makanan yang dikonsumsi setiap hari sebenarnya turut berpengaruh pada kesehatan tubuh dan otak kita. Sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung gula dan kalori tinggi seperti misalnya makanan junk food. Sebaliknya makanlah makanan sehat yaitu makanan yang mengandung gizi dan nutrisi seimbang terutama buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan dan sayuran diketahui mengandung berbagai jenis vitamin serta mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

Selain itu buah dan sayur merupakan makanan yang berasal dari tanaman sehingga tidak mengandung lemak dan kolesterol jahat. Tentu saja makanan jenis ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak kita.

Sponsors Link

5. Konsumsi Antioksidan

Antioksidan pada dasarnya sangat bagus dan berguna bagi kesehatan otak. Antioksidan dapat berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu antioksidan diketahui dapat berfungsi untuk melindungi berbagai sel yang ada di dalam otak sehingga otak akan tetap terjaga kesehatannya. Jika otak dalam kondisi yang sehat maka otak dapat bekerja dan berfungsi secara lebih efektif.

Kondisi ini berdampak pada meningkatnya kecerdasan otak pada seseorang. Umumnya antioksidan bisa didapat dengan mengonsumsi beberapa macam buah-buahan seperti misalnya apel, jeruk, stroberi, dan lainnya. Antioksidan juga bisa diperoleh dari sayur bayam. Selain itu antioksidan juga bisa didapatkan pada bawang putih.

6. Konsumsi Suplemen

Beberapa jenis suplemen ternyata juga diperlukan oleh tubuh dan otak. Suplemen sebenarnya merupakan pelengkap makanan. Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan jika nutrisi dan gizi yang diperlukan masih belum terpenuhi melalui makanan yang Anda makan. Suplemen yang selalu dicari orang untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak yaitu suplemen yang mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak ini diketahui berpengaruh terhadap daya kerja otak serta terhadap kesehatan sel otak. Pada kenyataannya banyak anak yang mengonsumsi asam lemak jenis ini untuk meningkatkan kecerdasan otaknya sehingga prestasi belajar anak semakin meningkat. Demikian juga beberapa orang dewasa mengonsumsi asam lemak ini untuk mempertahankan daya ingatnya atau melakukan pencegahan amnesia.

ads

7. Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kita. Selain sebagai penghilang dahaga ternyata air putih dapat juga digunakan untuk melancarkan kinerja organ tubuh kita serta cara mencerdaskan otak. Jika Anda kurang mengonsumsi air putih selama satu hari maka otak Anda akan melemah sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya timbullah peristiwa kurang konsentrasi serta gagal fokus.

Seseorang yang kekurangan konsumsi air putih juga akan lebih mudah emosi atau mudah marah. Air putih sebaiknya dikonsumsi terutama setelah bangun dari tidur malam. Sebab saat tidur malam tubuh tentu saja tidak mendapatkan asupan cairan.

8. Kelola Emosi

Saat ini bukan hanya IQ yang dinilai dari seseorang tetapi juga EQ. Pada dasarnya EQ lebih menekankan pada kecerdasan emosi seseorang. Namun EQ ternyata turut berpengaruh pada kesuksesan seseorang. EQ sebenarnya juga berpengaruh pada kesehatan otak. Semakin seseorang dapat mengelola emosinya maka kinerja otaknya akan semakin baik dan efektif.

Sebab orang yang pandai mengelola emosi cenderung memiliki pemikiran-pemikiran yang bersifat positif. Mengelola emosi memang merupakan bagian yang terpenting dalam hidup. Biasakan untuk tetap tenang dalam mengatasi segala sesuatu agar otak dapat bekerja dengan maksimal. Milikilah pengelolaan emosi yang baik untuk menunjang pertolongan pertama pada gegar otak ringan.

9. Belajar Musik

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak ialah bermain alat musik. Dengan memainkan alat musik maka Anda akan dituntut untuk selalu berlatih agar permainan musik yang dilakukan semakin hari semakin bagus. Memainkan alat musik ternyata dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan nilai IQ atau meniingkatkan kecerdasan pada seseorang.

Ditambah lagi jika bermain alat musik itu dilakukan setiap hari. Maka tentu saja secara lama-kelamaan orang yang bemain alat musik itu semakin tertantang untuk berkreasi dan menciptakan permainan musik yang lebih bagus lagi.

10. Bermain Game

Game tidak selamanya memberikan kesan negatif bagi kita. Terkadang justru seseorang perlu bermain game dengan tujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otaknya serta untuk sekedar menghibur diri atau refreshing.

Seorang anak ataupun bisa juga orang dewasa tentu saja akan berusaha keras untuk memenangkan suatu game. Dengan begitu maka pemulihan gegar otak ringan akan semakin terlatih. Akibatnya otak juga akan semakin berkembang dan menjadi lebih cerdas.

Cara mencerdaskan otak bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga otak bisa lebih fokus dalam mengatasi berbagai hal. Hal ini tentu juga dapat membantu kegiatan berjalan lebih efektif.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf