Sponsors Link

22 Cara Mencegah Stroke Sudah Teruji Paling Ampuh

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang disebabkan pecahnya pembuluh darah dalam otak adalah stroke. Penyakit yang sangat tidak diinginkan banyak orang karena akan mengakibatkan penderita mengalami lumpuh secara total. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara mencegah stroke. Berikut adalah 22 cara mencegah stroke yang dapat Anda lakukan:

ads
  1. Carilah penyebab terjadinya stroke

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari tahu apay yang akan menyebabkan seseorang terkena stroke. Pada umumnya stroke sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Misalnya saja, orang yang beresiko terkena stroke adalah yang mempunyai penyumbatan dan juga pecah pembuluh darah. Stroke juga bisa disebabkan seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti hipertensi, jantung atau diabetes. Sehingga ada baik Anda memeriksakan kondisi kesehatan Anda dengan baik.

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Anda juga sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok karena bisa mengakibatkan resiko terserang stroke menjadi 3 kali lebih cepat. Ini disebabkan zat nikotin yang masuk dalam pembuluh darah akan sangat mempengaruhi fungsinya. Asap rokok yang masuk dalam tubuh juga merupakan salah satu sumber penyakit yang akan menyebabkan adanya penyempitan pada pembuluh darah, jika penyempitan ini terus terjadi maka asupan darah dan juga oksigen tidak akan sampai ke otak.

Rokok juga bisa mengakibatkan adanya pengerasan pada dinding pembuluh darah dan juga mengakibatkan resiko pecah pembuluh darah semakin tinggi. Efek samping rokok selanjutnya adalah bisa menyebabkan adanya plak yang tertimbun dalam pembuluh darah, sehingga pembuluh darah akan mengalami penyempitan. Tidak hanya akan terjadi pada perokok aktif, namun perokok pasif juga bisa mendapatkan resiko ini. Sehingga hal terbaik adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

  1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah hal yang bisa mencegah terjadinya stroke. Karena kelebihan berat badan atau obesitas, merupakan penyebab seseorang bisa terserang stroke. Penimbunan lemak yang ada pada tubuh akan menyebabkan adanya penyumbatan dan juga penyempitan pada pembuluh darah.

Oleh karena itu salah satu cara efektif untuk bisa mencegah stroke adalah dengan cara menjaga berat badan agar tetap ideal. Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat mengurangi asupan makanan berlemak seperti kulit ayam, daging, dan jeroan. Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kalori berlebihan karena bisa memicu terjadinya obesitas. Anda juga sebaiknya benar-benar mengurangi asupan gorengan, sebab kandungan minyak yang ada dalam gorengan memiliki lemak jenuh yang sangat jahat dan akan membahayakan kesehatan.

  1. Rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan pada tekanan darah dengan rutin. Jika tekanan darah bisa di pantau dengan baik dan dalam keadaan normal maka kemungkinan untuk terkena stroke akan sangat rendah, begitu pun sebalik nya. Jika tekanan darah tinggi, maka resiko terserang stroke juga akan semakin tinggi. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar tekanan darahnya tidak selalu meningkat.

Sponsors Link

  1. Menjaga emosi

Emosi adalah satu hal yang sangat sederhana namun bisa mengundang penyakit. Tidak jarang orang yang memiliki emosi buruk sering mengalami sakit-sakitan. Emosi biasanya akan memicu peningkatan kerja jantung menjadi tidak wajar seperti berdetak dengan cepat, nyeri pada bagian ulu hati dan juga mengalami sakit kepala. Hal ini jika terus terjadi akan sangat berbahaya dan bisa memicu beberapa penyakit yang akan menyebabkan stroke seperti hipertensi dan jantung. Anda juga sebaiknya menghindari kondisi stress, karena bisa mengakibatkan terjadinya stroke.

  1. Melakukan yoga

Untuk mengatasi tubuh Anda dan menghindari kondisi stress agar tidak berujung dengan stroke, Anda bisa coba melakukan yoga. Olahraga ini diyakini bisa mengolah emosi menjadi lebih baik lagi. Anda akan belajar bagaimana caranya fokus dan menenangkan diri dengan yoga.

  1. Melakukan meditasi

Selain dengan yoga, Anda juga bisa coba untuk bermeditasi. Mengapa meditasi bisa mengatasi stroke? Karena ketika Anda melakukan meditasi, maka Anda akan mencoba untuk menyeimbangkan pikiran dan juga menghilangkan beban yang ada dalam tubuh. Anda bisa melakukan meditasi di tempat yang tenang dan terhindar dari bising.

  1. Senyum

Sangat sederhana, Anda hanya melakukan senyum dan Anda bisa menghindari stroke. Karena dengan melakukan senyum Anda bisa melatih otot kepala menjadi rileks dan tidak tegang. Senyum juga akan membuat emosi Anda semakin baik.

  1. Menghindari trauma otak atau cidera

Trauma otak atau cidera pada otak yang disebabkan adanya benturan bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi buruk pada otak seperti pecah pembuluh darah. Kondisi pecah pembuluh darah adalah sebab utama seseorang bisa terkena stroke. Karena biasanya seseorang yang mengalami pendarahan di kepala akibat trauma akan mengalami kelumpuhan karena terganggu nya bagian syaraf pusat otak.

  1. Menghindari vertigo

Bagi Anda yang mempunyai keturunan vertiko dari keluarga sebaiknya sangat berhati-hati. Pada dasarnya vertigo memang bukan penyakit, namun salah satu tanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami gangguan. Orang yang sering merasakan vertigo akan diperiksa dimana penyebab gangguan pada tubuhnya. Cukup banyak penderita vertigo memiliki gangguan pada syaraf pusat sehingga akan mengakibatkan penderita mengalami resiko terkena stroke.

  1. Membatasi asupan garam

Cara mencegah stroke selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan membatasi asupan garam, karena kelebihan asupan garam bisa menyebabkan seseorang untuk terkena hipertensi. Jika penderita stroke memiliki komplikasi penyakit hipertensi, maka keadaannya bisa semakin memburuk. Sehingga untuk pencegahan terjadinya stroke dan hipertensi sebaiknya Anda benar benar membatasi asupan garam.

ads
  1. Memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh

Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin pada kadar kolesterol tubuh agar bisa menghindari terjadinya resiko stroke. Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan seseorang terkena stroke. Kondisi ini bisa terjadi karena kadar kolesterol yang sangat tinggi akan menyebabkan darah menjadi kental dan tidak sehat. Darah yang kental juga akan membuat aliran darah yang akan menuju otak terhambat dan tidak lancar.

  1. Memeriksakan keadaan gula darah

Kelebihan gula darah atau diabetes juga bisa menjadi salah satu penyakit kompilasi yang akan menyebabkan seseorang terkena resiko stroke. Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes akan menyebabkan adanya pengentalan pada darah yang bisa membuat beberapa organ tubuh mengalami kondisi yang buruk, bahkan otak, jantung dan ginjal juga akan ikut terganggu. Sehingga ada baiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan gula darah, jika memang sudah mengalami peningkatan segeralah diatasi.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung potassium

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung potassium dalam julah banyak bisa mencegah terjadinya seseorang untuk terkena stroke hingga 40%. Anda bisa mengkonsumsi potassium secara rutin. Salah satu makanan yang miliki kandungan potassium adalah kentang.

  1. Tidak menggunakan aspirin dengan berlebihan

Aspirin tidak begitu berbahaya jika digunakan oleh mereka yang belum mendapatkan gejala terkena stroke. Aspirin bisa dijadikan pencegahan. Namun jika Anda sudah mendapatkan gejala stroke dan memiliki komplikasi yang akan menyebabkan stroke seperti hipertensi, diabetes atau jantung, sebaiknya Anda menghindari konsumsi aspirin.

  1. Konsumsi makanan mengandung beta karoten

Anda juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan beta karoten tinggi. Zat beta karoten bisa Anda dapatkan pada buah dan juga sayuran. Beta karoten merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Mencegah terjadinya anemia

Anda juga sebaiknya menghindari resiko terkena anemia, karena anemia bisa menyebabkan beberapa gangguan pada syaraf otak. Anda tidak boleh menyepelekan anemia, beberapa keluhan yang mungkin tanda-tanda dari anemia seperti pusing. Anemia juga bisa mengakibatkan seseroang mengalami kelainan darah dan memiliki jumlah sel darah merah sedikit. Jika sel darah merah sediki maka otak tidak akan menerima asupan yang cukup, akibatnya otak akan mengalami kekurangan akan oksigen dan juga sel darah merah. Kondisi ini lah yang menyebabkan seseorang bisa terkena stroke.

  1. Mengkonsumsi suplemen penambahh darah

Konsumsi suplemen untuk menambah darah adalah salah satu untuk mengatasi anemia yang akan memicu terjadinya stroke. Anda bisa mengkonsumsi suplemen untuk memproduksi sel darah merah, sehingga asupan darah merah ke seluruh tubuh bisa tercukupi dan terpenuhi. Tidak hanya suplemen, Anda juga sebaiknya mengimbangi dengan makanan yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi seperti bayam.

  1. Konsumsi sayuran hijau

Konsumsi sayuran hijau juga bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Ini dikarenakan adanya banyak sekali kandungan vitamin, mineral serta nutrisi yang akan sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga bisa menghindari resiko terkena stroke.

  1. Menghindari terjadinya dehidrasi

Untuk mencegah terjadinya stroke sebaiknya Anda juga mencukupi apa yang dibutuhkan tubuh salah satunya adalah cairan yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Mengapa hal ini sangat berpengaruh pada stroke? Karena saat terjadi dehidrasi aliran darah dan juga oksigen yang masuk dalam otak menjadi sangat kurang dan tidak maksimal. Sehingga Anda sebaiknya Anda benar-benar menghindari dehidrasi dengan mengkonsumsi air secukupnya.

Sponsors Link

  1. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang akan membantu tubuh agar bisa tetap sehat dan menghindari tubuh dari serangan beberapa penyakit. Anda bisa melakukan olahraga dengan rutin untuk menghindari resiko terserang stroke. Rutin melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari akan sangat bermanfaat untuk kondisi tubuh. Manfaat dari olahraga adalah mampu membakar adanya lemak jahat yang tersimpan dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap berada dalam kondisi berat yang sangat ideal dan terhindar dari stroke.

Olahraga juga bisa membersihkan lemak jahat yang menempel pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah sedikit demi sedikit akan terbebas dari tumpukan lemak jahat dan pembuluh darah tidak akan mengalami resiko penyempitan. Olahraga juga akan membantu darah agar alirannya bisa sampai ke otak tanpa ada gangguan, sebab jika hal tersebut terjadi otak akan kekurangan darah dan oksigen yang memicu terjadinya stroke.

  1. Menghindari konsumsi alkohol

Salah satu pemicu seseorang terkena stroke adalah karena mengkonsumsi alkohol yang terlalu berlebihan. Sehingga Anda sebaiknya menghindari alkohol agar kondisi tubuh menjadi sehat. Selain bisa menyebabkan stroke, alkohol juga memang sudah dinilai sangat buruk untuk kesehatan karena akan menyebabkan adanya penumpukan kalori dan mengakibatkan seseorang terkena obesitas. Darah dalam tubuh juga menjadi semakin tidak sehat karena sudah tercampur dengan alkohol.

Itulah 22 cara mencegah stroke yang dapat Anda ketahui agar terhindar dari stroke. Sebaiknya Anda benar-benar melakukan hal di atas agar kondisi kesehatan menjadi lebih baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke