Sponsors Link

8 Cara Mencegah Multiple Sclerosis Yang Penting Diketahui

Sponsors Link

Cara mencegah multiple sclerosis ada berbagai macam. Beberapa cara tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda namun harus dilakukan dengan langkah yang benar. Berikut ini kami berikan beberapa cara dan upaya yang dapat dilakukan oleh Anda dalam mencegah multiple sclerosis yang cukup berbahaya.

ads

1. Rutin Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari pagi memang berguna untuk kesehatan. Terutama bila hal ini dilakukan secara rutin di setiap pagi. Berjemur sebaiknya dilakukan di bawah jam 9 pagi dengan durasi waktu kira-kira 30 menit. Sinar matahari diketahui dapat mencegah terjadinya penyakit multiple sclerosis pada seseorang. Sebab sinar matahari dapat membantu membunuh kuman bakteri ataupun virus yang sedang menyerang seseorang.

Misalnya saja membunuh virus EBV yang seringkali menjadi penyebab bagi terjadinya gejala multiple sclerosis. Hal ini pada akhirnya dikaitkan pula dengan vitamin D. Sebaiknya asupan vitamin D tidak boleh sampai kurang agar seseorang dapat terhindar dari penyakit multiple sclerosis.

Adapun seseorang yang kurang terpapar sinar matahari diketahui lebih beresiko mengalami penyakit multiple sclerosis. Oleh karena itu lakukan aktivitas berjemur di setiap hari.

2. Berhenti Merokok

Rokok dapat membuat seseorang menjadi kecanduan sehingga ia akan mengalami berbagai macam jenis penyakit. Umumnya para pecandu rokok mengalami gangguan pernapasan yang sering kali disertai dengan adanya sakit batuk kering.

Rokok juga dapat menimbulkan nyeri pada organ paru-paru. Rokok juga dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit lainnya yang memiliki tingkat keparahan yang cukup serius seperti serangan jantung dan penyakit stroke termasuk penyebab multiple sclerosis.

Rokok mengandung berbagai zat beracun sehingga rokok sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh siapapun. Tentu saja rokok sangat berbahaya bagi organ tubuh. Zat beracun yang ada pada rokok akan membuat imunitas tubuh semakin lemah. Imunitas tubuh yang lemah akan memungkinkan terjadinya peningkatan multiple sclerosis.

3. Konsumsi Ikan

Sistem kekebalan tubuh yang lemah cenderung menyebabkan seseorang mengalami multiple sclerosis. Oleh karena itu seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi ikan agar bisa terhindar dari penyakit jenis tersebut. Ikan diketahui memiliki asam lemak tak jenuh ganda yang biasa disebut dengan istilah omega 3.

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan diketahui bersifat neuroprotektif atau dengan kata lain dapat menjaga kesehatan dan fungsi saraf. Asam lemak omega 3 diketahui juga dapat mencegah terjadinya peradangan sehingga kandungan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Pada akhirnya asam lemak omega 3 juga diketahui dapat berfungsi untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit multiple sclerosis. Setidaknya satu porsi ikan dikonsumsi sebanyak satu kali dalam seminggu.

Sponsors Link

4. Pola Makan Sehat

Setiap orang tentunya dapat selalu menjaga kesehatannya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang dimaksudkan di sini adalah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Makanan yang dikonsumsi juga seharusnya mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh.

Vitamin dan mineral yang terkandung pada makanan bisa saja turut membantu Anda dalam mencegah resiko terjadinya multiple sclerosis. Selain itu sudah seharusnya Anda menghindari makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi. Jauhi pula makanan yang terlalu manis karena mengandung gula secara berlebihan.

Gula yang cenderung tertimbun dalam darah hingga menyebabkan terjadinya penyakit diabetes akan memicu timbulnya gejala awal stroke pada seseorang. Oleh karena itu perhatikanlah pola makan Anda apakah makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat atau bukan.

5. Olahraga Teratur

Untuk menghindari penyakit multiple sclerosis salah satunya bisa melalui aktivitas olahraga yang melibatkan kegiatan fisik. Olahraga bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kekuatan otot dan menghilangkan kekakuan otot. Jadi tubuh dapat digerakkan dengan lebih mudah.

ads

Olahraga juga dapat berguna untuk melatih keseimbangan seseorang terutama bagi penderita penyakit multiple sclerosis. Berolahraga cukup dengan melakukan hal ringan saja dan sebaiknya tidak terlalu berat. Anda juga perlu melakukannya dengan hati-hati agar tidak sampai terjadi cedera. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin agar olahraga tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Olahraga memang memiliki banyak manfaat diantaranya membuat tubuh tetap bugar dan sehat sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga juga dapat berfungsi untuk melatih kekuatan otot dan sejenisnya.

Olahraga juga berpengaruh positif pada pikiran dan emosi seseorang sehingga orang yang suka berolahraga cenderung suka berpikir positif. Olahraga pada akhirnya juga bisa berfungsi menghindarkan seseorang sekaligus membantu sebagai cara mengatasi penyakit sklerosis.

6. Istirahat Cukup

Istirahat dalam kurun waktu yang cukup tentu akan memberikan dampak positif bagi kita. Tidak hanya dalam hal fisik saja namun juga dalam hal psikis. Beberapa ahli menganjurkan adanya istirahat di siang hari di sela-sela aktivitas dan pekerjaan kita. Istirahat bisa dilakukan dalam kurun waktu yang cukup singkat yaitu 10 hingga 30 menit.

Dengan beristirahat siang maka kita dapat memulihkan tenaga kembali. Selain istirahat siang tentunya kita juga sudah seharusnya memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari. Dengan demikian kita akan memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur yang berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit multiple sclerosis.

7. Mengurangi Stres

Pikiran positif dan emosi yang tenang cenderung membantu menjaga kesehatan Anda. Oleh karena itu biasakan untuk selalu mengelola emosi dengan baik agar tidak sampai mengalami tekanan atau stres. Mengurangi stres agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk ciri penyakit sklerosis dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya saja dengan melakukan olahraga atau meditasi sehingga jiwa bisa menjadi lebih tenang. Di samping itu Anda juga bisa meningkatkan intensitas olahraga agar emosi dapat semakin dikelola dengan baik. Anda juga seharusnya memiliki waktu istirahat yang cukup sebab istirahat juga dapat berfungsi membantu mengurangi stres.

Dengan adanya pengelolaan emosi maka stres dapat dihindari. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada berkurangnya stres atau tekanan pada seseorang.

8. Pemeriksaan Rutin

Untuk menghindarkan diri dari kemungkinan adanya penyakit sebaiknya lakukan pemeriksaan fisik kepada dokter atau tenaga ahli medis secara rutin. Pemeriksaan kesehatan secara berkala sebenarnya cukup penting untuk dilakukan. Melalui pemeriksaan berkala tersebut maka Anda akan mengetahui tingkat kesehatan Anda. Segala jenis penyakit juga akan terdiagnosis melalui pemeriksaan fisik yang umumnya melibatkan tes di laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin perlu dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Namun jika terdiagnosis suatu jenis penyakit maka penyakit tersebut dapat segera ditangani sebelum menjadi parah dan menimbulkan komplikasi pada kesehatan Anda. Tentu saja hal ini merupakan salah satu upaya untuk menghindarkan Anda dari multiple sclerosis.

Cara mencegah multiple sclerosis seperti yang telah dijabarkan di atas sebaiknya dilakukan dengan rutin. Kemudian juga lakukan dengan cara yang tepat. Sehingga penyakit dapat segera pulih dan penderitanya mampu beraktivitas normal kembali.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sklerosis Multipel