Sponsors Link

15 Cara Memperkuat Ingatan Secara Alami Paling Efektif

Sponsors Link

Cara memperkuat ingatan ada beberapa. Sehingga beberapa gejala yang berkaitan dengan kehilangan ingatan dapat diatasi. Berikut ini beberapa tips cara memperkuat ingatan tersebut.

ads

1. Konsumsi vitamin B1.

Vitamin B12 diketahui dapat membantu seseorang dalam memperkuat ingatannya sehingga ia tidak mudah lupa dan selalu ingat. Vitamin B12 memang dapat membantu otak dalam bekerja sehingga otak akan berfungsi secara maksimal. Vitamin B12 bisa diperoleh melalui konsumsi makanan seperti misalnya kacang-kacangan. Namun bila kebutuhan akan vitamin B1 ini masih belum terpenuhi maka sebaiknya segera membeli vitamin B12 yang dijual secara bebas di apotek.

2. Konsumsi vitamin C.

Selain vitamin B12 ternyata vitamin C juga berperan dalam perbaikan penyebab penyempitan saraf otak yang mengalami kerusakan. Vitamin C bisa didapatkan pada beberapa macam buah-buahan seperti misalnya apel, jeruk, tomat, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan vitamin B12 jika kebutuhan seseorang akan vitamin C ini masih belum terpenuhi maka segera membeli vitamin C dalam bentuk sirup atau tablet atau kapsul di toko obat atau apotek terdekat.

3. Konsumsi asam omega-3.

Asam lemak omega-3 sudah dikenal sebagai suatu suplemen yang dapat membantu meningkatkan daya kerja otak. Asam lemak omega-3 bisa dikonsumsi oleh setiap orang yang ingin meningkatkan daya ingatnya dan memaksimalkan kinerja otaknya. Beberapa anak sekolah cenderung mengonsumsi suplemen ini agar memiliki daya ingat yang baik. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. Dengan adanya daya ingat yang baik maka proses belajar akan menjadi lebih mudah.

4. Konsumsi sayuran.

Sayur-sayuran mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak pada seseorang. Beberapa contoh sayuran yang dapat dikonsumsi misalnya seperti brokoli, kol, serta sayuran hijau. Sayuran-sayuran tersebut tentunya dapat membantu Anda dalam meningkatkan ingatan sehingga Anda tidak akan mudah lupa. Sayuran memang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Sebab sayuran tidak hanya mengandung antioksidan tetapi juga mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Olahraga rutin.

Dengan berolahraga maka tubuh kita akan selalu sehat dan bugar di setiap harinya. Sebab olahraga dapat membakar timbunan kalori di dalam tubuh yang dapat menghambat aliran darah yang menuju ke otak. Jika aliran darah yang menuju ke otak berjalan dengan lancar maka kinerja otak akan semakin lancar sehingga cara mengembalikan ingatan orang amnesia juga akan semakin meningkat. Kesehatan otak dapat diperoleh jika Anda mau berolahraga secara rutin.

Sponsors Link

6. Istirahat cukup.

Pada saat tidur sebenarnya seluruh informasi yang telah lama dan baru saja diterima mulai direkap sehingga saat terbangun kemungkinan Anda akan mengingat semua informasi yang telah diterima. Saat tidur tentu saja seseorang mengistirahatkan otaknya. Hal ini perlu sebab otak tidak boleh dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus.

Otak juga perlu diistirahatkan sama halnya dengan tubuh kita. Oleh karena itu saat siang hari sebisa mungkin ambillah waktu untuk beristirahat sejenak. Sedangkan saat malam hari milikilah jam tidur yang cukup dengan kualitas yang baik.

7. Banyak tertawa.

Tertawa ternyata tidak hanya membuat suasana hati menjadi cerah saja. Namun tertawa juga memberikan dampak positif bagi ingatan seseorang. Salah satunya adalah cara memperkuat ingatan jangka pendek pada seseorang terutama pada orang yang mulai masuk ke dalam usia lanjut. Tertawa seolah menjadi obat bagi setiap orang dan menghindarkan seseorang dari pikun. Maka tertawalah sebanyak mungkin dengan disertai perasaan yang senang dan hati yang gembira.

8. Melatih otak.

Anda bisa bermain teka-teki silang untuk melatih kemampuan otak. Selain itu bermain puzzle dan banyak menghafal sesuatu juga dapat dilakukan untuk melatih kemampuan otak. Pemulihan gegar otak ringan yang terstruktur ini akan menjadi terbiasa untuk mengingat suatu informasi. Melatih otak juga dapat dilakukan dengan cara membuat suatu catatan kecil atau memasang alarm pengingat.

ads

9. Berlatih musik.

Jika ingin mengembangkan kecerdasan maka tidak ada salahnya bila Anda mencoba memainkan alat musik atau mendengarkan musik. Musik bisa berfungsi untuk menstimulus pembangkit ingatan ke masa lalu seseorang. Dengan begitu maka seseorang akan berusaha untuk mengingat kembali mengenai berbagai hal yang telah dilaluinya. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus maka daya ingat akan terus berkembang sehingga bisa berfungsi dengan baik.

10. Mengembangkan kreativitas.

Berkreasi dan berkreativitas dalam menciptakan suatu hasil karya juga cenderung membuat otak terbiasa dan terlatih untuk berpikir dan bekerja. Pada dasarnya hal ini berhubungan dengan seni dan ketrampilan. Sama halnya dengan berlatih musik maka seni dan ketrampilan juga akan mengasah otak seseorang agar dapat menciptakan suatu hasil karya yang bagus.

11. Memanfaatkan media elektronik.

Gadget yang semakin canggih di zaman sekarang ini tidak selalu memberikan dampak negatif. Sebab melalui gadget tentunya seseorang dapat meningkatkan dan melatih cara mengobati gegar otak ringan. Contohnya saja bila seseorang memainkan game atau permainan di gadget yang dapat mengasah otaknya. Permainan juga bisa dilakukan melalui komputer ataupun media elektronik lainnya.

12. Memakai alarm.

Alarm dapat dijadikan sebagai benda yang berfungsi untuk mengingatkan seseorang akan suatu rencana. Pasanglah alarm pada jam-jam tertentu saat Anda berencana untuk melakukan suatu hal. Alarm manual pada dasarnya hanya akan membantu mengingatkan soal waktu saja. Namun alarm yang ada pada gadget bisa digunakan untuk mengingat waktu sekaligus agenda Anda di hari itu.

13. Membuat jadwal.

Selain alarm tentunya Anda juga bisa membuat sebuah jadwal yang berisi tentang rencana kegiatan di hari itu. Dengan adanya jadwal maka otak akan terlatih untuk kembali mengingat suatu hal atau rencana. Suatu jadwal yang telah dibuat secara lambat laun akan membiasakan otak Anda untuk mengingat kebiasaan-kebiasaan Anda di hari dan jam yang sama. Sebagai langkah awal Anda mungkin beraktivitas sesuai jadwal. Namun lama-kelamaan aktivitas yang dilakukan akan menjadi kebiasaan sehingga Anda tak perlu lagi melihat jadwal kegiatan.

14. Membuat catatan.

Catatan juga perlu dibuat oleh seseorang yang mudah lupa. Catatan akan membantu seseorang agar tidak sampai melupakan suatu hal. Catatan bisa diperuntukkan khusus untuk mencatat berbagai kegiatan yang telah dan akan dilakukan. Dengan membuat catatan maka seseorang akan mengingat kembali mengenai suatu hal sehingga daya ingatnya akan terlatih dan semakin berkembang.

15. Konsultasi pada psikiater.

Beberapa orang yang mengalami hilang ingatan dianjurkan untuk melakukan terapi pada psikiater. Psikiater akan membantunya untuk mengingat kembali masa lalunya. Proses ini akan berjalan dengan tidak terburu-buru sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama agar penderita hilang ingatan dapat pulih kembali. Terkadang konsultasi yang dilakukan oleh pasien disertai dengan adanya pemberian obat dari psikiater agar daya ingat pasien dapat berfungsi maksimal.

Cara memperkuat ingatan di atas semoga bisa menjadi jalan keluar. Terutama bagi yang ingin meningkatkan ketajaman ingatan. Termasuk sebagai salah satu cara mengatasi demensia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia