Sponsors Link

12 Cara Melegakan Migrain yang Cukup Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Cara melegakan migrain ada beberapa jenis. Anda dapat melakukannya untuk meringankan gejala migrain dan membuat kepala Anda menjadi pulih kembali serta merasa lega. Apabila ingin tahu lebih lanjut, cara melegakan migrain tersebut antara lain sebagai berikut.

ads

1. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Anda bisa mengonsumsi obat anti inflamasi non steroid dan obat analgesik untuk mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh migrain sehingga Anda bisa menjadi lebih lega. Kepala pun akan terasa ringan setelah mengonsumsi obat tersebut.

Mengonsumsi obat memang merupakan salah satu cara pengobatan yang dinilai cukup efektif dalam menghilangkan rasa sakita atau nyeri secara cepat. Namun mengonsumsi obat tidak seharusnya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama agar tidak sampai memberikan efek samping pada bagian organ tubuh lainnya.

2. Menghirup aroma minyak esensial lavender

Aroma minyak esensial lavender tampaknya dapat meredakan sakit kepala termasuk jenis migrain. Terlebih lagi jika migrain tersebut disebabkan oleh adanya stres yang dialami oleh seseorang. Diketahui bahwa seseorang yang menghirup aroma lavender dapat mengalami kesembuhan dari migrain yang lebih cepat sehingga kepala akan terasa lebih ringan dan lega. Aroma lavender juga akan menambah kualitas tidur.

3. Menjalani teknik pengobatan alternatif akupresur

Akupresur adalah suatu jenis praktek pengobatan alternatif. Metode pengobatan jenis ini dilakukan dengan teknik menekan beberapa titik pada tubuh tertentu. Penekanan ini dilakukan dengan menggunakan jari sehingga bisa meredakan dan menghilangkan rasa sakit.

Akupresur dinilai sebagai cara yang efektif dalam mengatasi sakit kepala kronis atau sakit kepala jenis lainnya termasuk migrain. Akupresur dapat meredakan gejala migrain dan melegakan kondisi pengidap migrain hingga pulih kembali.

4. Mengonsumsi jahe hangat

Jahe merupakan salah satu jenis rempah alami yang sering kali digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satu kegunaan dari jahe adalah untuk mengatasi migrain. Anda yang mengidap migrain bisa saja mengonsumsi jahe dengan rutin.

Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan menyeduhnya bersama teh sehingga akan tercipta teh jahe yang nikmat dan aroma yang wangi. Anda bisa menggunakan jahe bubuk untuk menyeduhnya sehingga akan lebih mudah dalam membuatnya.

5. Mengoleskan minyak peppermint di beberapa bagian wajah

Gejala penyebab migrain yang kambuh dan menyerang seseorang secara tiba-tiba bisa diredakan salah satunya dengan menggunakan peppermint. Minyak peppermint pada dasarnya mengandung mentol dan dapat berguna untuk meredakan gejala migrain yang sedang kambuh.

Minyak peppermint ini bisa digunakan dengan cara dioleskan di beberapa bagian seperti misalnya di dahi dan di pelipis. Mengoleskan minyak peppermint pada bagian dahi dan pelipis dinilai lebih efektif dalam meredakan nyeri dan mual yang dialami oleh pengidap migrain.

Sponsors Link

6. Melakukan yoga

Yoga juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meredakan penyakit migrain secara alami. Memang cara ini cukup jarang diketahui orang namun yoga yang dilakukan secara rutin bisa melegakan migrain. Beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk meredakan migrain antara lain gerakan-gerakan yang melibatkan pengaturan napas.

Selain itu bisa juga dilakukan meditasi untuk menyingkirkan stres yang bisa saja memicu timbulnya migrain. Intensitas gejala migrain bisa berkurang jika Anda rutin melakukan yoga. Frekuensi dan durasi yoga bisa berkurang dengan melakukan beberapa gerakan yoga sehingga Anda bisa menjadi lebih sehat.

7. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium merupakan salah satu zat yang bisa membantu seseorang dalam meredakan penyakit migrain yang dialaminya sehingga kondisinya bisa membaik. Seseorang yang kekurangan zat magnesium bisa saja mengalami sakit kepala sehingga migrain lebih sering kambuh.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung magnesium oksida dapat membantu seseorang untuk mencegah migrain. Oleh karena itu Anda yang mengidap migrain sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium agar kondisi Anda bisa menjadi lebih lega.

8. Mengonsumsi lemak sehat

Penyakit migrain yang dialami oleh seseorang bisa saja disebabkan oleh adanya peradangan. Kondisi peradangan sebenarnya bisa diatasi salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan sehat untuk penderita stroke yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi.

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan oleh setiap orang. Bila seseorang sering mengonsumsi asam lemak ini maka migrain tidak akan sering kambuh. Asam lemak omega-3 bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti misalnya minyak zaitun dan ikan salmon atau tuna.

ads

9. Mengompres kepala

Meringankan gejala migrain dan melegakan penderitanya juga bisa dilakukan dengan cara mengompres kepala. Kompres kepala bisa dilakukan dengan menggunakan es atau air dingin. Mengompres kepala dengan menggunakan es atau air dingin merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melegakan migrain dengan cepat.

Kepala akan terasa lebih ringan setelahnya dan nyeri pada bagian kepala akan mereda. Mengompres kepala sebaiknya dilakukan dengan posisi berbaring. Anda bisa mengambil posisi terbaik yang membuat Anda merasa nyaman dan segera melakukan kompres pada bagian kepala yang sakit. Kompres juga bisa diletakkan di bawah dagu sehingga rasa nyeri bisa terasa semakin mereda.

10. Mengonsumsi suplemen

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen dapat digunakan untuk membantu menyingkirkan migrain. Terutama suplemen yang mengandung vitamin B2 dan magnesium. Di samping itu ada pula kandungan lain yang juga bisa meredakan migrain dan terdapat di dalam suplemen.

Seperti misalnya kandungan daun sedar dan melatonin serta koenzim Q10. Ada pula kandungan lain pada suplemen yaitu butterbur yang bisa bermanfaat untuk mencegah migrain dan mengurangi tingkat keparahan migrain. Suplemen juga bisa membantu kelancaran peredaran darah sehingga meredakan migrain.

11. Mengurangi konsumsi kafein

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak bisa saja menimbulkan migrain. Memang saat gejala migrain mereda tampaknya mengonsumsi sedikit kafein bisa sedikit melegakan dan menjadi salah satu langkah pencegahan migrain. Namun konsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak bisa merugikan.

Beberapa orang memang mengalami migrain karena mengonsumsi kafein sehingga kafein tersebut bisa menimbulkan reaksi berupa nyeri dan sakit kepala pada orang yang mengonsumsinya. Oleh karena itu konsumsi kafein perlu dibatasi dan harus disertai pula dengan menjalani gaya hidup sehat.

12. Melakukan aerobik ringan

Aerobik ringan diketahui dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar termasuk pula aliran darah yang menuju ke kepala. Aliran darah yang lancar ini tentunya akan menghilangkan migrain. Beberapa macam latihan aerobik ringan yang dapat dilakukan misalnya seperti jalan cepat dan lari kecil.

Atau bisa juga Anda melakukan aerobik ringan seperti bersepeda dan berenang. Olahraga bisa berfungsi untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan stamina tubuh serta menyingkirkan stres yang cenderung memicu timbulnya migrain.

Cara melegakan migrain seperti yang telah dipaparkan di atas tentu akan menjadi efektif bila dilakukan secara rutin. Selain itu milikilah pula gaya hidup sehat untuk meredakan migrain. Sehingga kondisi fisik Anda dapat semakin membaik dan tidak terganggu oleh resiko sakit kepala berkepanjangan tersebut.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Migrain