Sponsors Link

Biaya Operasi Syaraf Kejepit di Berbagai Rumah Sakit Indonesia

Sponsors Link

Banyak orang yang merasa khawatir akan biaya operasi syaraf kejepit jika mengalami masalah dengan syarafnya. Hal ini wajar karena di masa sekarang biaya operasi tentunya membutuhkan nilai yang tidak sedikit, tergantung dari komplikasi penyakit yang terjadi. Namun demikian, sedikit sekali informasi yang diberikan mengenai besarnya biaya ini. Sehingga orang banyak yang bertanya-tanya berapa kisaran biaya yang perlu disiapkan untuk melaksanakan operasi di rumah sakit yang baik.

ads

Melihat hal tersebut di atas, berikut ini akan dibahas sedikit banyak tentang kisaran biayanya. Sehingga jika ada yang terdiagnosa dengan kondisi membutuhkan operasi untuk kasus macam-macam penyakit saraf yang dialami, tidak perlu merasa bingung dalam mempersiapkan besar dana yang diperlukan.

Adapun jumlah biaya ini bisa berbeda-beda besarnya. Agar lebih jelas dalam menerima informasi ini, silahkan simak berikut ini penjelasan biaya operasi syaraf kejepit, termasuk apa penentu besarannya, berapa besar biayanya serta bagaimana sistem pembayaran biaya operasinya.

Penentu Besar Biaya 

Dalam operasi syaraf yang terjepit, ada beberapa faktor komponen yang akan mempengaruhi besar biaya operasi syaraf kejepit di pergelangan tangan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Tempat atau rumah sakit yang dituju untuk melakukan operasi, dimana tiap rumah sakit memiliki standar yang berbeda untuk menentukan biayanya. Umumnya rumah sakit umum milik pemerintah akan membutuhkan biaya yang lebih kecil dari rumah sakit swasta. Sehingga ada baiknya untuk memilih melakukan operasi di rumah sakit umum daerah.
  • Kamar yang dipilih, dalam menentukan biaya tentu akan tergantung pada kamar yang dipilih, apakah kamar kelas utama, kelas 2 ataukah VIP. Karena hal ini akan mempengaruhi fasilitas yang disediakan. Sehingga semakin baik kelas yang dipilih tentu fasilitasnya juga akan makin mahal, termasuk obat penunjang operasi yang diberikan juga akan makin mahal biayanya. Oleh karena itu sesuaikan kelas yang dipilih sesuai dana yang tersedia.
  • Tingkat kesulitan operasi juga bisa menentukan biaya dari operasi bahaya syaraf terjepit. Misalnya jika jenis operasi ringan tentu harganya akan lebih murah dibanding tingkat operasi berat yang membutuhkan bius total. Menggunakan bius sebagian dan bius total akan memerlukan biaya yang berbeda. Oleh sebab itu konsultasikan dahulu tingkat keparahan penyakit saraf yang diderita dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan operasi.

Kisaran Besar Biaya

Berikut ini beberapa kisaran besar biaya untuk melakukan operasi syaraf terjepit di beberapa lokasi rumah sakit terutama di kota-kota besar di Indonesia. Sebagai catatan penting bahwa dalam menentukan biaya operasi kembali pada unsur di atas yang telah dijelaskan sebelumnya, sehingga bisa bereda-beda.

Selain itu mengingat eskalasi biaya, maka biaya yang diberikan disini hanya bersifat estimasi dan dapat berubah sewaktu-waktu. Disarankan untuk lebih jelasnya hubungi pusat informasi rumah sakit tempat akan melakukan biaya operasi syaraf terjepit supaya mendapat gambaran rincian yang lebih jelas. Namun demikian, berikut ini beberapa kisaran biayanya.

Sponsors Link

1. RS Pertamina Pusat Jakarta

Berdasarkan informasi dari salah seorang pelanggan, biaya operasi untuk kamar VIP di RSPP pada tahun 2006 menghabiskan dana sekitar 67 juta. Mengingat harga ini sudah cukup lama disarankan untuk menghubungi pihak rumah sakit mengenai update biaya terbaru. Karena tentunya ada eskalasi biaya dari tahun ke tahun yang diperhitungkan pihak rumah sakit sebagai faktor peningkatan biaya.

2. RS Premiere Bintaro

Beberapa pasien yang telah melakukan operasi di RS Premiere Bintaro menyatakan bahwa kisaran biaya untuk operasi saraf terjepit di rumah sakit ini minimal di angka kurang lebih 50 juta untuk tahun 2015. Biaya operasi ini merupakan biaya dasar yang belum termasuk tambahan obat-obatan serta tergantung jenis kelas yang diinginkan maupun dokter yang digunakan untuk melakukan tindakan operasi.

Karena biaya dokter yang satu dengan yang lain, terutama dokter dengan spesialisasi khusus , tentu akan berbeda dan jauh lebih mahal. Untuk lebih jelasnya hubungi pihak rumah sakit secara langsung melalui telepon atau langsung menuju pusat pelayanan pelanggan di rumah sakit tersebut.

ads

3. RS Panti Rapih Jogjakarta

Beberapa sumber yang telah berhasil melakukan operasi syaraf terjepit di RS ini menyebutkan bahwa kisaran biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi ada di angka sekitar kurang lebih 30 juta, tergantung dari kamar serta dokter yang dipilih. Untuk diingat bahwa ini merupakan kisaran harga yang diberikan pada tahun 2016. Sehingga untuk biaya terbaru tentunya lebih baik jika menghubungi pihak rumah sakit secara langsung.

4. RS Borromeus Bandung

Berdasarkan informasi dari salah satu sumber yang menyebutkan pernah melakukan operasi di rumah sakit ini, biaya untuk operasi syaraf terjepit di kamar kelas 3 membutuhkan dana kurang lebih sebesar 30-35 juta. Biaya ini masih belum termasuk biaya perawatan per-hari yang berada di kisaran 1-1.2 juta. Sehingga bisa dilakukan estimasi sendiri biaya total yang dikeluarkan saat melakukan operasi di RS Borromeus Bandung. Ini adalah gambaran biaya untuk tindakan operasi di tahun 2017.

Sistem Pembayaran

Melihat besaran biaya operasi di atas, tentu nilainya berada di angka fantastis. Mulai dari 30 juta hingga bahkan bisa mencapai ratusan juta. Oleh karena itu tak jarang banyak penderita ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang yang merasa kewalahan untuk melakukan tindakan operasi sekalipun diperlukan. Namun dengan kemudahan sistem, sebenarnya biaya tersebut dapat diringankan. Berikut ini sistem pembayaran operasi yang dapat dilakukan:

  • Secara tunai, bagi penderita yang memiliki cukup dana dan tidak terbentur alasan ekonomi, ini adalah cara pembayaran yang paling utama. Selain tidak ribet juga prosesnya lebih cepat.
  • Memakai asuransi swasta, sudah banyak asuransi swasta yang menawarkan jasanya baik untuk rawat jalan maupun rawat inap. Sehingga umumnya para pegawai swasta dibekali oleh asuransi swasta dari pihak pemberi kerja atau kantor yang bersangkutan. Biasanya pada rentan biaya operasi atau rawat inap batasan pagunya cukup tinggi dan bahkan tidak terbatas, tergantung sistem asuransi yang ditawarkan. Sehingga lebih mudah jika menggunakan asuransi swasta, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
  • Memakai BPJS, ini adalah alternatif bagi penderita syaraf kejepit yang memiliki keterbatasan dana dan ekonomi. Tidak perlu khawatir dengan biaya operasi yang tinggi dan mahal. Cukup gunakan kartu BPJS di rumah sakit-rumah sakit umum daerah dan dapatkan jadwal operasi setelah berkonsultasi dengan dokter. Biaya operasi sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah. Pengeluaran kecil umumnya hanya berupa biaya transportasi dan konsumsi sehari-hari.

Itulah gambaran mengenai biaya operasi syaraf kejepit. Menderita penyakit ini memang tidak menyenangkan. Oleh sebab itu diagnosa untuk melakukan operasi bisa jadi merupakan jalan keluar terakhir yang ingin ditempuh. Apabila memungkinkan masih banyak yang lebih memilih terapi alternatif atau pengobatan rawat jalan.

Karena efek positif dan negatif dari operasi tentu akan selalu ada. Oleh karena itu sebaiknya jaga kesehatan saraf dengan hati-hati dan optimal, supaya resiko gejala saraf terjepit di pinggang dapat dihindari.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup