Sponsors Link

Berapa Lama Stroke Bisa Sembuh Dengan Sendirinya?

Sponsors Link

Jika terkena penyakit stroke, tentu banyak yang berpikir pesimis tentang berapa lama stroke bisa sembuh. Tentu tidak menyenangkan jika memiliki keterbatasan fisik akibat penyakit stroke. Karenanya, mengusahakan kesembuhan dengan penuh kesabaran merupakan kunci dari proses penyembuhan stroke. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan tentang berapa lama stroke bisa sembuh.

ads

Kesembuhan Penderita Stroke Ringan

Kesembuhan stroke sebenarnya bergantung pada gejala yang dialami oleh penderita. Sehingga waktu dan lamanya kesembuhan tidak sama pada setiap jenis penyakit stroke. Perhatikan beberapa tips kesembuhan stroke ringan berikut ini:

  1. Yang pertama yaitu bagi penderita stroke ringan. Patut diketahui terlebih dahulu bahwa stroke ringan umumnya memiliki gejala mudah kesemutan, sering merasa kebas ataupun merasa mulai kehilangan daya ingat. Efek stroke ringan ini sederhana namun tidak seberapa fatal. Sehingga penderita stroke ringan dapat kembali pulih dalam hitungan bulan
  2. Untuk mempercepat pengobatan stroke ringan, sebaiknya penderita mulai mengubah gaya hidup yang kurang baik. Misalnya seperti kebanyakan merokok atau malas berolah raga. Karena biasanya stroke ringan terjadi akibat mulai tersumbatnya pembuluh darah dengan lemak dalam darah.
  3. Dengan demikian cara penyembuhan stroke yang paling efektif yaitu dengan membatasi makanan penyebab stroke dan berolah raga secara teratur. Dengan demikian maka metabolism tubuh meningkat dan penyakit dapat sembuh dengan sendirinya.
  4. Jika ingin mempercepat kesembuhan, sebaiknya konsumsi suplemen tambahan seperti vitamin atau minyak ikan.
  5. Bisa juga dengan rajin mengkonsumsi oat yang dapat menyerap kolesterol dalam darah. Jika gaya hidup penderita berubah, maka dalam hitungan bulan penyakit maupun gejala stroke ringan dapat sembuh dan penderita dapat beraktivitas lagi dengan normal.

Kesembuhan Penderita Stroke Berat

Sebelumnya telah kita ketahui ada beberapa macam-macam stroke dan penyebabnya. Gejala stroke yang lebih besar dampaknya yaitu pada serangan stroke berat. Misalnya terjadi kelumpuhan akibat pecahnya pembuluh darah pada otak. Sehingga gerak dan aktivitas penderita menjadi terhambat. Jika sudah demikian maka tahapan stroke termasuk parah dan sulit disembuhkan. Apabila sembuh biasanya tidak sempurna dan meninggalkan bekas. Misalnya cara bicara yang tidak sebaik sebelum menderita penyakit stroke. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pada pengobatan stroke berat:

  1. Beberapa cara mengobati stroke berat yaitu dengan terapi, akupuntur dan konsumsi obat-obatan dokter. Intinya yaitu berusaha menghentikan pendarahan supaya pembuluh darah yang pecah dapat terpulihkan dan peredaran darah dapat dinormalkan kembali.
  2. Sebaiknya jika terserang penyakit stroke yang berat harus bersikap optimis dan pantang menyerah. Karena proses kesembuhan bisa jadi memakan waktu bertahun-tahun.
  3. Ingatlah bahwa fisioterapi maupun akupuntur tidak dapat memperlihatkan hasil secara instan. Proses pemulihan saraf dan otot tubuh pastinya memakan waktu cukup lama.
  4. Sekalipun lama, dengan rajin melakukan terapi dan pengobatan, maka stroke berat dapat sembuh dalam beberapa tahun. Asalkan penderita cukup sabar dalam menjalaninya. Karena tentu menjalani terapi kesembuhan bertahun-tahun bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilakukan.
  5. Dengan bersabar maka penderita stroke berat dengan efek kelumpuhan akan dapat sembuh. Sekalipun tidak 100% sempurna dan masih ada beberapa keterbatasan. Paling tidak dapat membuat penderita kembali mandiri melakukan aktivitasnya.

Demikian beberapa penjelasan tentang berapa lama stroke bisa sembuh. Jika ingin cepat sembuh sebaiknya segera ubah pola makan dengan makanan yang sehat serta kaya nutrisi. Hindari makanan penyebab stroke termasuk makanan yang bersantan atau berlemak. Lakukan olah raga secara rutin minimal seminggu sekali. Jika tubuh sehat dan peredaran darah lancar, maka penyakit stroke dapat dihindari serta akan cepat disembuhkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke