Sponsors Link

8 Fakta Apakah Multiple Sclerosis Bisa Disembuhkan Wajib Diketahui!

Sponsors Link

Apakah multiple sclerosis bisa disembuhkan? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam benak pasien. Beberapa pasien khawatir akan penyakit yang dideritanya tersebut karena penyakit dianggap berbahaya dan mengancam jiwanya. Padahal penyakit multiple sclerosis tidak begitu menakutkan seperti yang selama ini ada di pikiran beberapa orang.

ads

Untuk lebih jelasnya mengenai definisi multiple sclerosis maka kami berikan beberapa fakta dan penjelasan mengenai penyakit multiple sclerosis. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit multiple sclerosis.

1. Bukanlah merupakan penyakit yang fatal.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa penyakit multiple sclerosis merupakan suatu jenis penyakit yang berbahaya dan bahkan bisa mengancam jiwa penderitanya. Namun sebenarnya anggapan ini tidaklah benar. Jika dilihat pada kenyataannya diketahui bahwa kebanyakan pasien penderita multiple sclerosis memiliki harapan hidup yang normal.

Bahkan sering kali penderita multiple sclerosis meninggal karena adanya penyebab yang tidak berhubungan sama sekali dengan penyakit multiple sclerosis itu sendiri. Multiple sclerosis pada dasarnya hanya mengganggu fungsi atau kinerja tubuh saja.

Dan beberapa penderita multiple sclerosis merasakan depresi atau mengalami gangguan mental dan emosional sehingga merasa ingin mengakhiri hidupnya. Namun sebenarnya Anda bisa bertahan hidup dengan penyakit ini. Anda bisa melakukan terapi agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan normal dan melakukan pengobatan agar tidak sampai mengalami gejala.

2. Tergolong penyakit auto imun.

Penyebab multiple sclerosis pada dasarnya merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang selubung pelindung saraf antara otak dan bagian tubuh lainnya. Kondisi ini pada akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sel saraf. Pada kasus ini maka yang akan terjadi adalah sistem daya tahan tubuh menyerang jaringan tubuh itu sendiri.

Secara khusus dapat digambarkan bahwa sistem daya tahan tubuh menyerang pembungkus sel saraf yang menyelimuti serabut saraf. Oleh karena itu penyakit ini dianggap sebagai salah satu jenis penyakit auto imun karena daya tahan tubuh seseorang menyerang saraf dalam tubuh itu sendiri.

Tentu saja penyakit auto imun tidak dapat diobati. Bahkan sampai sekarang belum ditemukan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit auto imun.

3. Sel saraf rusak permanen.

Saat seseorang menderita multiple sclerosis maka ia akan cenderung mengalami jenis penyakit auto imun. Artinya sistem kekebalan tubuhnya justru menyerang bagian sarafnya. Dalam hal ini yang diserang adalah mielin. Mielin sendiri merupakan pelindung saraf pada sumsum tulang belakang yang berfungsi untuk menyelimuti serabut saraf.

Mielin ini diserang oleh sistem kekebalan tubuh sebab dianggap sebagai benda asing yang berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Mielin yang diserang secara terus-menerus oleh sistem kekebalan tubuh akan mengalami kondisi yang semakin lama semakin memburuk.

Sponsors Link

Pada akhirnya saraf yang diselimuti oleh mielin akan ikut terluka hingga mengalami kerusakan secara permanen. Jika saraf rusak secara permanen maka penderitanya akan mengalami gangguan koordinasi tubuh dan gangguan dalam hal lainnya.

4. Penyebabnya belum pasti.

Penyebab dari penyakit multiple sclerosis sebenarnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Memang banyak hal dan kondisi yang memicu peningkatan penyakit multiple sclerosis. Artinya beberapa faktor bisa semakin memperparah gejala yang timbul akibat multiple sclerosis.

Beberapa faktor resiko gejala multiple sclerosis antara lain faktor genetik yang cenderung menyebabkan seseorang memiliki gen yang sama dengan anggota keluarga lainnya sehingga bisa saja mengalami multiple sclerosis. Faktor lainnya yang diduga bisa memicu terjadinya multiple sclerosis antara lain kurangnya paparan sinar matahari dan vitamin D.

Selain itu seseorang yang aktif merokok juga beresiko lebih besar mengalami multiple sclerosis. Adapun infeksi virus juga bisa menimbulkan penyakit multiple sclerosis pada seseorang misalnya saja virus Epstein Barr yang cukup berbahaya.

5. Gejala bisa hilang dan muncul kembali.

Saat penyakit multiple sclerosis menyerang seseorang maka orang tersebut akan mengalami beberapa gejala. Gejala yang dirasakan tiap orang sebenarnya berbeda-beda. Namun umumnya penderita multiple sclerosis mengalami kebas atau mati rasa pada beberapa bagian tubuhnya serta mengalami rasa nyeri baik pada sendi maupun pada ototnya.

ads

Saat penyakit multiple sclerosis semakin parah maka penderitanya akan mengalami gangguan koordinasi hingga gangguan pada organ tubuh lainnya. Namun gejala yang muncul sebenarnya bisa ditangani secepatnya sebelum menjadi semakin parah. Gejala yang timbul lalu diobati dan untuk sementara waktu akan menjadi sembuh. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa gejala tersebut akan menjadi kambuh lagi beberapa saat kemudian.

6. Pengobatan hanya untuk mengatasi gejala.

Sampai dengan saat ini masih belum ditemukan pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit multiple sclerosis. Jika pasien penderita multiple sclerosis memeriksakan diri ke dokter maka ia akan diberikan pengobatan untuk mengatasi gejala yang dialami. Misalnya saja gejala nyeri otot yang dialami oleh penderita multiple sclerosis akan diatasi dan diobati dengan menggunakan obat-obatan jenis relaksan otot agar otot tidak lagi kaku.

Dokter umumnya juga akan menganjurkan pasien untuk menjalani beberapa jenis terapi fisik serta terapi psikologis agar gejala yang dialaminya tidak sampai kambuh dan bahkan bertambah parah. Namun baik obat-obatan maupun terapi hanya bersifat meringankan gejala dan cara mengatasi penyakit sklerosis.

7. Terapi hanya untuk memperlambat progesifitas penyakit.

Terapi fisik dan terapi jenis lainnya yang dianjurkan oleh dokter kepada pasien penderita multiple sclerosis diketahui tidak dapat menyembuhkan kondisi dari multiple sclerosis itu sendiri. Terapi hanya merupakan suatu upaya untuk membantu pasien agar pasien tetap terbiasa melakukan berbagai aktivitasnya seperti biasa.

Selain itu terapi juga diberikan pada pasien agar pasien tidak mengalami stres atau depresi dan tetap mampu menjalani kehidupan sehari-harinya. Terapi juga berfungsi untuk menghambat penyakit agar penyakit tidaklah bertambah parah. Justru terapi diusahakan agar dapat mengurangi gejala dari penyakit multiple sclerosis sehingga penderitanya tidak lagi menderita karena adanya berbagai macam gejala yang dialaminya.

8. Penyakit dapat bertahan seumur hidup.

Karena tidak dapat diobati maka penyakit multiple sclerosis tidak akan dapat hilang. Hal ini berarti pula bahwa penyakit multiple sclerosis akan terus bertahan dan dialami oleh penderitanya. Oleh karena itu gejala dari multiple sclerosis bisa hilang saat diobati dan bisa kambuh lagi pada saat pasien berhenti melakukan pengobatan.

Pada dasarnya memang yang termasuk ciri penyakit sklerosis merupakan jenis penyakit yang akan dialami oleh seseorang di sepanjang hidupnya. Namun bila pasien mampu mengatasi gejala yang dialaminya maka ia akan tetap bisa bertahan hidup dan menjalani aktivitasnya layaknya orang normal dan sehat. Pasien juga bisa saja berupaya untuk menekan beberapa hal yang bisa menjadi faktor resiko multiple sclerosis.

Apakah multiple sclerosis bisa disembuhkan? Setelah membaca penjelasan di atas tentunya Anda akan mengerti benar tentang penyakit multiple sclerosis dan apa resiko dari penyakit tersebut kepada penderitanya. Sebaiknya tetaplah memiliki gaya hidup sehat sekalipun sedang menderita multiple sclerosis.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sklerosis Multipel